Toyota Veloz GR Limited Diluncurkan, Tipe Baru Edisi Perpisahan?

Dipasarkan dengan harga mulai Rp 221,4 juta, varian lebih sporty dari Toyota Avanza Veloz ini mendapat sentuhan eksterior yang terinspirasi dari Toyota GR Yaris.

KENDARA.ID – Selain mengganti seluruh line-up TRD Sportivo menjadi GR Sport pada model Agya, Rush, Yaris dan Fortuner, PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan tipe GR (Gazoo Racing) kepada Toyota Avanza Veloz 1.3 dan 1.5 dengan nama Veloz GR Limited. Sesuai namanya, tipe ini akan menjadi tipe terbatas karena kabarnya mobil ini akan digantikan mobil generasi baru pada akhir tahun ini.

Toyota Veloz GR Limited mendapatkan sentuhan kosmetik yang utamanya berada di eksterior. Di bagian depan, Veloz GR Limited dilengkapi dengan body kit ala Gazoo Racing. Bumper standar Veloz tetap dipertahankan, namun dengan sedikit permainan di desain body kit membuat desain depan Veloz GR Limited ini terlihat mirip oleh Toyota GR Yaris dengan gril bagian bawah berbentuk trapesium bersudut, serta cluster foglamp khas GR Yaris. Trik desain seperti ini juga digunakan pada body kit kepunyaan Toyota Vios GR-S yang dipasarkan di Malaysia dan Filipina. Di bagian gril yang sejajar dengan plat nomor, disematkan aksen silver beserta logo GR.

Pada bagian samping, Veloz GR Limited masih menggunakan side skirt bawaan Veloz standar. Namun, pada tipe limited edition ini diberikan pelek dan spion berkelir hitam glossy. Sementara bagian belakang mendapatkan body kit khas GR Sport pada bumper belakang. Sisanya masih sama dengan Veloz standar. Terlihat tidak banyak, namun body kit depan berperan signifikan dalam memberikan kesan sporty khas GR pada mobil ini.

Interiornya juga tidak mengalami perubahan sama sekali, tetap mempertahankan interior Veloz standar berikut fitur-fiturnya misalnya start/stop button. Begitu juga suspensi, mesin dan transmisinya yang tidak diubah dibanding Veloz standar.

Tersedia dengan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc serta transmisi manual dan otomatis, Veloz GR Limited dibanderol dengan harga lebih mahal Rp 8,5 juta dibanding Veloz standar, lebih tepatnya Rp 221,4 juta untuk versi 1.3 manual, Rp 232,2 juta untuk tipe 1.3 matik, Rp 232,8 juta buat tipe 1.5 manual hingga Rp 243,9 juta untuk versi 1.5 bertransmisi otomatis. Harga ini berlaku setelah dikurangi subsidi PPnBM 0 persen. Tipe Veloz biasa pun sudah tidak dipasarkan lagi, sehingga Veloz GR Sport menjadi varian Avanza Veloz yang tersedia untuk dibeli.