May 17, 2019

BMW M850i: The Gentleman's Racer

BMW M850i: The Gentleman's Racer

KENDARA.ID - Dua puluh tahun sudah berlalu sejak BMW Seri 8 generasi terakhir meluncur meramaikan pasar grand tourer dunia, dan kali ini ia kembali dengan generasi baru yang berkode G15.

Diluncurkan di Gedung Tribrata, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, generasi baru BMW Seri 8 ini membawa tajuk "The Gentleman's Racer". Tajuk ini membawa arti bahwa BMW Seri 8 ini lebih dari sekadar mobil sport mewah, namun juga membawa identitas baru di segmen kendaraan premium, menjanjikan pengalaman berkendara yang intuitif dan emosional, yang merupakan bagian dari definisi kemewahan menurut BMW.

BMW Seri 8 terbaru hadir dengan gaya yang sportif, dengan membawa bahasa desain baru yang memadukan desain sportif dengan elemen-elemen modernitas, suasana eksklusif, garis bodi yang jelas dan tegas, serta keterlibatan emosional. Perpaduan tersebut jelas terlihat dalam gaya body coupe yang memiliki ketinggian yang rendah, siluet memanjang, garis atap yang mengalir ke belakang dengan kontur gelembung ganda (double bubble roof), sumbu roda panjang, dan garis bodi yang kokoh dan terkesan tegas.

Kidney grille yang menjadi ciri khas BMW hadir kembali, kali ini dengan sedikit perubahan dan penambahan single-piece surround yang membuat desain tradisional BMW ini mampu membaur dengan serasi dengan keseluruhan desain bodi.

Beralih ke interior, kesan mewah semakin terasa dengan sentuhan-sentuhan yang diberikan dari BMW Individual, seperti lapisan kulit Merino pada berbagai bagian interior, dengan desain warna ganda, yang digabungkan dengan baik dengan sportivitas berkendara a la BMW yang hadir dalam bentuk posisi duduk yang rendah dan postur berkendara yang mantap. Selain itu, kepraktisan juga dioptimalkan dalam mobil ini, mengingat posisinya sebagai grand tourer, yang diwujudkan dengan kompartemen bagasi yang memiliki kapasitas maksimum hingga 420 liter.

Untuk lebih mencirikan bahwa Seri 8 ini adalah kendaraan premium, BMW Seri 8 hadir dengan berbagai fitur seperti BMW Live Cockpit Professional, sistem operasi BMW Operation System 7.0 yang hadir sebagai fitur standar, layar sentuh dengan ukuran 10.25 inci, kemampuan perintah suara, serta kemampuan pemasangan ke telepon seluler melalui Apple CarPlay dan kemampuan untuk mengisi baterai telepon seluler secara nirkabel. Kesan premium tersebut kemudian ditingkatkan dengan adanya aksen kristal "Crafted Clarity" pada beberapa tombol.

Beranjak ke dapur pacu, BMW rupanya tidak main-main dalam urusan ini. BMW Seri 8 terbaru menggendong mesin 4.4 liter twin turbo berkode N63B44TU3 yang mampu mengeluarkan daya maksimum hingga 530 daya kuda pada putaran 5.500 hingga 6.000 rpm dan torsi maksimum 750 Nm pada putaran 1.800 hingga 4.600 rpm. Daya dan torsi tersebut disalurkan ke keempat roda melalui sistem penggerak empat roda xDrive dengan bias roda belakang melalui transmisi otomatis Steptronic 8 percepatan yang dapat dioperasikan secara semi-otomatis. Kombinasi penggerak ini membuat BMW Seri 8 ini mampu menuntaskan akselerasi 0-100 km/jam dalam 3.7 detik dan membuat mobil ini mampu meraih kecepatan tertinggi 250 km/jam (terbatas secara elektronik).

BMW Seri 8 ini dapat dibeli seharga 3,479 miliar rupiah, atau 3,709 miliar rupiah jika Anda menginginkan versi M Carbon dengan aksen serat karbon di berbagai titik. Adapun harga tersebut adalah harga off the road.