July 20, 2019

BMW Seri 3 G20: Evolusi Yang Dinanti

BMW Seri 3 G20: Evolusi Yang Dinanti

KENDARA.ID - BMW, pabrikan asal region Bavaria ini hadir pada pagelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang diselenggarakan di ICE BSD, Tangerang, Banten dengan sejumlah mobil baru, salah satunya yaitu generasi terbaru dari Seri 3 dengan kode sasis G20.

BMW Seri 3 terbaru ini merupakan generasi ketujuh dari lini BMW Seri 3 yang merupakan sedan eksekutif kompak keluaran pabrikan asal Munich ini yang dikenal memiliki reputasi sebagai sedan eksekutif yang memiliki aura sportif yang kental dan merupakan model terlaris keluaran BMW. Pada generasi ini, BMW mengerjakan ulang seluruh aspek dari Seri 3, termasuk dari platform yang menjadi dasar konstruksi dari mobil ini. Kini, BMW Seri 3 dibangun dengan menggunakan platform Cluster Architecture (CLAR) yang dirancang untuk hampir semua kendaraan BMW, mulai dari Seri 7 generasi terbaru hingga model SUV keluaran BMW. Penggunaan platform CLAR di BMW Seri 3 ini mampu membuat mobil ini memiliki bobot yang lebih ringan 55 kg dibanding generasi sebelumnya meskipun dimensinya membesar.

Untuk urusan dapur pacu, BMW Seri 3 G20 ini hadir dengan mesin B48B20 berkapasitas 2.0 liter 4 silinder dengan turbo. Mesin ini merupakan bagian dari mesin modular BMW yang juga hadir dalam konfigurasi 3 silinder berkapasitas 1.500 cc (B38A15, dapat ditemukan di Mini Cooper) dan 6 silinder berkapasitas 3.000 cc (B58B30, dapat ditemukan di BMW Seri 7, X5, X7, dan Toyota Supra generasi terbaru). Mesin tersebut mampu mengeluarkan daya maksimum sebesar 258 daya kuda dan torsi sebesar 400 Nm yang disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 8 percepatan bernama Steptronic.

Dari luar, BMW Seri 3 generasi terbaru mengalami perubahan yang cukup drastis. Desain kidney grille yang menjadi ciri khas BMW sejak lama dibuat menyatu dan desain fascia depan banyak menggunakan garis-garis yang tegas dan sudut-sudut yang lancip untuk memberikan kesan dinamis dan sportif.

Bagian belakang mobil ini juga mengalami perubahan total, dengan perubahan bentuk lampu belakang menjadi berbentuk trapesium dengan tetap mempertahankan bentuk lampu belakang huruf L yang sudah menjadi ciri khas BMW sejak seri 3 E46.

Di dalam, BMW Seri 3 generasi terbaru ini memiliki desain interior yang memiliki banyak kemiripan dengan lini BMW terkini lainnya, dengan adanya sistem informasi dan hiburan iDrive generasi terbaru dan layar digital di cluster speedometer.

Tidak hanya varian standar, pada pagelaran GIIAS 2019 ini BMW juga memamerkan BMW Seri 3 edisi M Performance Parts yang memamerkan aneka rupa asesoris dari BMW M.

Saat ini, tipe yang dijual oleh BMW Indonesia untuk varian Seri 3 ini adalah 330i M Sport, yang dibuka dengan harga 979 juta rupiah dalam kondisi off-the-road. Harga  tersebut sudah termasuk dengan BMW Service Inclusive, yaitu paket servis terintegrasi dari BMW yang meliputi penggantian oli, penggantian/penyervisan saringan-saringan, busi, dan aneka rupa cairan, penggantian kampas dan cakram rem, penggantian wiper, dan pengecekan kendaraan. BMW Service Inclusive ini berlaku selama 5 tahun atau 60.000 kilometer.