Daihatsu Rocky Diluncurkan di Indonesia, Mobil Daihatsu Paling Canggih!

Rocky tercatat menjadi mobil pertama dengan platform Daihatsu New Global Architecture di Indonesia, serta pertama dengan Advanced Safety Assist.

KENDARA.ID – Setelah lama dinanti, Daihatsu Rocky resmi diluncurkan di Indonesia dengan harga Rp 214,2 juta hingga Rp Rp 236,1 juta.

Daihatsu Rocky pertama kali diluncurkan di Jepang pada November 2019 bersamaan dengan kembarannya Toyota Raize, kemudian dijual di Malaysia pada Maret 2021 dengan nama Perodua Ativa. SUV kecil ini ini merupakan langkah gebrakan dari dan Daihatsu karena mobil ini adalah yang pertama di Indonesia yang menggunakan platform baru bernama Daihatsu New Global Architecture.

Tampilan Rocky versi Indonesia tak jauh beda dibanding saudaranya di Jepang selain dari desain spion dan hilangnya DRL depan. Tak hanya itu, Daihatsu menawarkan tipe dengan paket aksesoris bernama ADS Package. Singkatan dari Astra Daihatsu Styling, tipe ADS Package mendapatkan sentuhan chrome di depan dan belakang, aksen merah di gril, side moulding, skid plate depan, samping, dan belakang, serta muffler cutter. Di interior, Rocky ADS Package kedapatan subwoofer 8 inci.

Tipe tertinggi Rocky seharga 236,1 juta mendapatkan fitur safety bernama A.S.A. (Advanced Safety Assist) yang menggunakan radar di kaca depan yang punya fungsi peringatan seperti pre collision warning, front departure alert dan lane departure warning dan fitur intervensi berupa pre collision braking, pedal misoperation control dan lane departure prevention.


Fitur lainnya termasuk lampu depan LED, 2 airbag, keyless entry + start stop button, spion auto retract, speedometer LCD 7 inci, head unit 9 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto, VSC, serta HSA yang tersedia di semua tipe 1.0T R.

Untuk tahap awal, saat ini Rocky baru ditawarkan dengan satu pilihan mesin yaitu 1.000 cc 3 silinder turbo berkode 1KR-VET dengan tenaga 98 PS dan 140 Nm. Sebagai penanda, tipe bermesin turbo ini dapat dibedakan di bagian eksterior dari emblem “TURBO” di bagian belakang.

Selain mesin turbo, opsi mesin 1.200 cc 3 silinder non turbo baru akan dirilis pada semester 2 2021 sekaligus bersama tipe-tipe dibawah tipe R, yaitu M dan X. Mesin tersebut adalah mesin yang benar-benar baru dengan kode WA-VE, dan memiliki output tenaga 88 PS dan Seluruh pilihan mesin dilengkapi dengan opsi transmisi 5-speed manual dan CVT.

Bagaimana dengan harganya? Berikut adalah harga Daihatsu Rocky di Indonesia per April-Mei 2021.

  • 1.0T R M/T Rp 214,2 juta
  • 1.0T R CVT Rp 227,4 juta
  • 1.0T R ADS M/T Rp 222,2 juta
  • 1.0T ADS CVT Rp 235,4 juta
  • 1.0T A.S.A CVT Rp 236,1 juta

Harga Rocky sudah termasuk insentif PPnBM mengingat konten lokalnya sudah mencapai 70%. Daihatsu sendiri menargetkan penjualan sebesar 500 unit per bulan untuk Rocky turbo ini.