LOADING

Type to search

DFSK Glory 580 vs Wuling SUV

Team Kendara 10 August 2018
Share

Kendara – Wuling dengan mudahnya menjawab tantangan dari DFSK saat mereka memperkenalkan Glory 580 ke pasar Indonesia di bulan april 2018. Memang DFSK sudah melakukan tes pasar sejak GIIAS 2017 dan mereka siap menjualnya setahun kemudian. DFSK Glory 580 saat ini dibanderol dengan harga mulai dari 245 juta rupiah hingga 310 jutaan. Untuk sebuah SUV mobil ini terbilang cukup sukses, dimana mobil ini juga diterima oleh pasar dan siap diekspor dalam beberapa bulan mendatang. DFSK Glory 580 pada akhirnya ia harus mengetahui realita jika Wuling pun akan menjual Wuling SUV atau Baojun 530, seperti apa perbandingan antara DFSK Glory 580 dengan Wuling SUV? Ini pembahasan kami tentang dua SUV tiongkok ini.

Desain Eksterior

Desain DFSK Glory ini jauh dari kesan kaku dengan karakter sangat kuat dari grill nya yang mirip dengan produk VW

Terus terang saja desain dari DFSK Glory 580 ini mengingatkan saya dengan desain dari VW Tiguan generasi pertama dengan lis krom pada sisi grill dan lampu yang sedikit membulat kami menilai jika mobil ini masih layak jika harus menggunakan logo Volkswagen sekalipun. Dimensi dari mobil ini tercatat hampir 4,7 meter dengan lekukan desain yang terasa eropa dengan tubuh dan kaca yang cukup besar. Kami melihat bahwa mobil ini mempunyai desain yang cukup proporsional di sisi belakang dengan cita rasa desain yang cukup menarik. Secara desain, Glory 580 di desain secara elegan dan mudah diterima oleh banyak konsumen di Indonesia.

Wuling SUV mempunyai desain yang sporty dan kekinian ala-ala “Zaman Now”dengan lampu bertingkat yang akan menjadi tren dalam waktu mendatang

Wuling SUV atau dalam pasar tiongkok yaitu Baojun 530 ini mempunyai desain yang sangat modern dan lebih kekinian. Aura moden dan sporty sangat terpancar dengan attlention to detail yang luar biasa. Desain dari mobil ini juga bisa saja menjadi sebuah benchmark bagi mobil mobil tiongkok di masa mendatang. Desain eksterior dari Wuling SUV tidak hanya modern dan sporty tetapi juga memberikan kesan yang jauh dari mobil tiongkok pada umumnya. Bahkan, jika kaum awam melihatnya pun rasanya mobil ini ialah mobil eropa bukan berasal dari tiongkok. Secara keseluruhan, desain Wuling SUV walaupun modern tetapi bukan selera banyak orang, namun desain tersebut rasanya akan dicintai dalam beberapa waktu kedepan.

Desain Interior

Layout dashboard yang mirip Nissan Xtrail yang sudah dilengkapi oleh stir dengan bentuk flat bottom memberikan kesan elegan. Sayangnya kualitas material di mobil ini biasa saja

Pada dasarnya DFSK merupakan sebuah BUMN asal tiongkok yang juga membawahi pabrikan seperti Nissan dan Renault. Saat kami melihat untuk pertama kali, Desain interior dari Glory 580 ini mengingatkan kami dengan layout desain dari Nissan X-Trail berkode T32 dengan desain yang cukup bagus, kehadiran monitor 10 inci di sisi tengah membuat mobil ini terasa canggih, fitur pada audio tersebut juga lengkap terlepas dari absennya Apple Car Play dan Android Auto. Sayangnya, kualitas material interior dari DFSK Glory 580 ini sayangnya masih menggunakan material plastik keras walaupun jok dari mobil ini dilapis dengan kulit yang mewah, terutama pada varian Luxury mengingat ia sudah dilengkapi oleh jok kulit dengan kelir dua warna yang sangat mewah ditambah lagi adanya sunroof dari mobil ini yang mencerminkan sebuah kemewahan di mobil ini. DFSK Glory 580 juga mampu mengakomodir tujuh penumpang sebagai salah satu handicap dalam persaingan SUV tiongkok.

Desain interior berkelir hitam dengan kualitas yang baik, attention to detail dari mobil ini bagi kami banyak yang berbagi dengan Wuling Cortez

Lain DFSK, lain lagi Wuling SUV. Desain eksterior dari Wuling SUV terasa sangat eropa kekinian dengan detil layaknya sebuah mobil eropa sesungguhnya, layout interior dari mobil ini juga cukup menarik dengan tombol-tombol dengan detil yang nyaris sempurna. Warna hitam dari sisi interior mendominasi di bagian dalam yang memberikan kemewahan dan tahan lama. Kemewahan bertambah dengan kehadiran Panoramic Sunroof yang memberikan kesan luas dan mewah. Sayang, Wuling SUV hanya berkapasitas 5 penumpang sehingga agak sulit dengan kultur orang Indonesia yang menyukai 7 penumpang.

Performa Mesin

Mesin berkode SFG15T memberikan performa yang cukup untuk penggunaan harian

Baik Wuling dan DFSK Glory sama-sama menggunakan mesin 1.500 cc Turbo dengan tenaga yang hampir sama yaitu 150 Ps dengan transmisi CVT. Adapun perbedaan yang paling terasa dari kedua mobil ini adalah torsi nya, dimana DFSK Glory mempunyai torsi 220 Nm sejak putaran 1.800 rpm hingga 4.000 rpm sementara Wuling SUV mempunyai torsi 230 Nm, namun torsi yang dihasilkan oleh Wuling SUV baru terasa sejak 2.200 hingga 4.400 rpm sehingga keduanya mempunyai perbedaan karakter dalam putaran torsi. Selain transmisi CVT, DFSK Glory dan Wuling SUV juga tersedia dalam transmisi manual enam percepatan untuk memberikan rasa keasyikan mengemudi berlebih.

Mesin turbo dari mobil ini menjadi salah satu selling point untuk bersaing dikelas ini.

Kenyamanan

DFSK Glory punya keunggulan pada kemampuan daya angkut hingga 7 penumpang

DFSK mempunyai satu kuncian dalam hal kenyamanan, yaitu kursi tujuh penumpang sehingga mampu memberikan akomodasi dan ruang yang sangat besar. Dalam urusan suspensi sayangnya DFSK Glory 580 masih menggunakan suspensi torsion beam pada sisi belakang sehingga karakter suspensi belakang dari mobil ini bagi kami cenderung biasa saja. Berbeda dengan Wuling SUV yang sudah dilengkapi suspensi idenpenden walaupun hanya dilengkapi dengan kursi lima tempat duduk, bagasi dari mobil tersebut sangat luas dengan visibilitas yang baik dengan kehadiran panoramic sunroof yang memberikan kesan yang besar pada sisi interior di mobil ini.

Panoramic Sunroof memberi kesan luas dan mewah

Harga

DFSK Glory 580 mempunyai banderol 308 jutaan untuk varian termahalnya, dengan opsi terlengkap seperti sunroof, mesin turbo, layar 10 inci, jok kulit, vehicle data recorder. Harga tersebut juga belum termasuk promosi yang disediakan oleh sales untuk mobil ini. Sementara, Wuling SUV masih dalam tahap studi, namun Wuling nantinya akan memasang harga kurang lebih berkisar antaraa 275 juta hingga 320 jutaan. Well, harga tersebut nantinya akan mengalami penyesuaian berdasarkan permintaan pasar dan konsumen

Kesimpulan

DFSK Glory rasanya harus berhati hati dengan segala kemungkinan dan kejutan yang akan muncul saat kehadiran Wuling SUV dalam beberapa waktu kedepan.

DFSK Glory rasanya harus berhati-hati dengan kekuatan Wuling sebagai mobil tiongkok dengan reputasi yang sangat kuat di pasar domestik, mengingat Wuling sudah mempunyai fundamental yang sangat kuat dalam purnajual dan keberhasilan mereka dalam mengubah persepsi konsumen terhadap mobil tiongkok di Indonesia. Tidak hanya itu, DFSK juga harus menyusun strategi mereka untuk menghadapi gempuran pasar yang tidak hanya melibatkan SUV asal tiongkok saja tetapi juga pesaing mereka yang dari jepang yang sudah malang melintang lebih dahulu di Indonesia yang memberikan rasa tenang dan purnajual yang jauh lebih baik.

Desain menarik dan aftersales yang sudah tersebar tidak cukup untuk wuling SUV bertempur dikelas ini dengan persaingan yang cukup gemuk.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *