LOADING

Type to search

First Drive : Nissan Terra VL 4×2 AT

Team Kendara 09 August 2018
Share

Kendara РNissan akhirnya mampu menjawab tantangan yang diberikan oleh Mitsubishi All New Pajero Sport dan Toyota Fortuner dengan kehadiran dari Nissan Terra di Indonesia. Mobil yang berbasis dari Nissan Navara ini merupakan SUV ladder frame yang dikhususkan untuk negara-negara dengan iklim geografis yang memerlukan kemampuan jelajah tinggi dengan durability terbaik. Setelah hadir perdana di filipina untuk wilayah asia, PT Nissan Motor Indonesia akhirnya langsung merilis mobil ini di GIIAS 2018 sebagai amunisi terbaru mereka untuk menyasari pasar SUV ladder frame di Indonesia. Bagi penggemar SUV Nissan, Terra merupakan sebuah obat rindu mengingat sudah hampir sebelas tahun Nissan Terrano berhenti produksi dan mereka tidak memiliki lagi SUV yang tangguh dengan sasis ladder frame setelah berhentinya produksi dari Nissan Terrano. Bagaimana impresi awal kami terhadap Nissan Terra? Mari kita simak!

Desain belakang yang menjadi titik lemah pada sebuah SUV Ladder Frame ternyata tidak terjadi pada Nissan Terra, sisi belakang mobil ini merupakan yang paling maskulin dikelasnya

Secara desain eksterior, Nissan Terra mempunyai desain yang tidak semua selera orang bahkan ada beberapa orang yang sangat tidak suka dengan desainnya. Namun, bagi kami desain dari Nissan Terra terasa maskulin dan berkarakter dari setiap sisi, desainnya benar-benar memberikan jati diri Nissan yang tangguh. Desain belakang dari mobil ini kami sangat suka, pada sisi belakang mobil ini tercermin mobil ini bagaikan sosok SUV dengan cita rasa Amerika. Walaupun memang, secara keseluruhan dari desain Nissan Terra terasa “Main Aman” jika dibandingkan dengan desain kompetitornya.

Interior dengan cita rasa Nissan Navara

Pada sisi interior, sayangnya mobil ini boleh dikatakan jauh dari modern. Interior dari mobil ini masih terasa sangat mirip dengan Nissan Navara yang menjadi basisnya. Bahkan desain interior dari mobil ini bisa dibilang cukup mengecewakan jika dibandingkan pesaingnya yang mempunyai material empuk dengan kualitas yang baik, adapun kualitas plastik dari mobil ini pun bagi kami terasa cukup kasar jika dibandingkan pesaingnya. Memang, mobil ini berorientasi pada durabilitas sehingga hal tersebut bukan menjadi sebuah prioritas. Walaupun masih di dominasi oleh material plastik yang kasar, namun seluruh jok dari mobil ini sudah dilapis kulit berwarna cokelat yang memberikan rasa mewah dan elegan. Pada jok pengemudi, Nissan Terra tidak hanya dilengkapi oleh jok elektrik delapan arah, tetapi juga ia dilengkapi oleh lumbar support sehingga memberikan posisi mengemudi yang sangat ergonomis untuk sebuah SUV. Akan tetapi, jika selling point pesaingnya dari jepang ialah kemewahan dengan desain yang menarik dan kekinian, Nissan Terra memberikan satu pembeda dimana Nissan memberikan fitur keselamatan dan teknologi selengkap-lengkapnya dengan tema Nissan Intelligent Mobility dimana mereka memberikan fitur keselamatan yang paling lengkap dari mulai enam airbags dan ESP di semua varian dan pada varian VL mobil ini sudah dilengkapi oleh kamera 360, spion tengah berbasis kamera, blind spot monitoring hingga lane departure warning system.

Arround View Monitor pada mobil ini diletakkan di sisi spion tengah.

Nissan Terra untuk pasar Indonesia dilengkapi oleh mesin YD25DDTi 2.500 cc diesel dengan tenaga 190 hp dan torsi 450 Nm yang merupakan mesin lama yang sudah digunakan oleh Navara di generasi yang sebelumnya juga, akan tetapi untuk pasar di Thailand ia akan mendapatkan mesin baru dengan kode YS23DTTi dengan kapasitas 2.300 cc Twin Turbo. Adapun mesin baru tersebut menghasilkan parameter tenaga yang sama dengan efisiensi dan performa yang sedikit lebih baik. Mesin tersebut disalurkan ke transmisi otomatis tujuh percepatan yang siap memberikan perpindahan gigi yang halus dan sigap. Bagaimana rasa berkendaranya dengan data yang cukup fantastis diatas kertas? Boleh kami bilang performa dari Nissan Terra saat ini merupakan yang terbaik, mengapa? Karena mobil ini tidak hanya mempunyai performa yang sangat kuat tetapi juga mempunyai perpindahan gigi yang halus berkat bantuan mode manual yang juga menambah keasyikan berkendara. Tenaga yang besar tersebut juga tidak pernah kehilangan tenaga sama sekali dan tenaga yang dihasilkan juga bergerak lurus sehingga putaran mesin tidak pernah kehilangan momentum untuk mendapatkan performa terbaiknya, bahkan gejala lag yang sering muncul pun dapat diminimalisir dengan baik. Keheningan dari Nissan Terra juga patut diacung jempol karen mobil ini terasa sangat hening untuk ukuran sebuah SUV Diesel, sayangnya suara mesin dari mobil ini memang masih terasa cukup kasar namun masih dalam batas toleransi. Selain itu, radius putar dari mobil ini juga tergolong kecil untuk sebuah SUV ladder frame. Selebihnya kami tidak ada kompromi akan kesan awal berkendara kami dari Nissan Terra.

Nissan Terra baru akan diterima oleh konsumen pada awal November 2018 dan harga dari mobil ini dimulai dari 460 jutaan hingga 670 jutaan rupiah on the road DKI Jakarta. Impresi awal kami terhadap Nissan Terra sesungguhnya kami sangat menyukai mobil ini dari sisi performa mobil ini dengan fitur yang kami rasa sangat lengkap dengan harga yang cukup kompetitif. Sayangnya mobil ini mempunyai desain interior yang cukup membosankan sehingga hal tersebut menjadi sebuah batu sandungan bagi calon konsumen yang akan meminangnya. Namun, jika anda mengutamakan performa dan teknologi pada sebuah SUV berbasis ladder frame, Nissan Terra rasanya menjadi pilihan yang paling menarik. Kami pun tidak sabar untuk mencobanya secara jarak jauh dan kami ingin sekali jika mobil ini dibawa ke pedesaan maupun wilayah dataran tinggi mengingat Nissan mempunyai handicap dalam melibas medan off road dengan kenyamanan yang luar biasa.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *