March 23, 2019

First Impression: Hyundai Grand Santa Fe

First Impression: Hyundai Grand Santa Fe

KENDARA.ID - Sebagai jawaban dari masukan oleh konsumen mengenai fitur Hyundai All New Santa Fe yang dinilai kurang, PT. Hyundai Mobil Indonesia memperkenalkan Grand Santa Fe tepatnya pada bulan Februari lalu. Varian ini melengkapi line-up varian Santa Fe di Indonesia diatas GLS dan XG. Apa saja perbedaannya? Kali ini kedua kru kami yaitu Muhammad Irfan dan Rayshanto Rafi Putra berkesempatan untuk melihat lebih dekat si Hyundai Grand Santa Fe ini.

Pertama dari eksterior, Grand Santa Fe ini nampak tidak berbeda dibanding varian XG dan uniknya varian Grand ini hanya tersedia dalam warna Phantom Black dan dengan warna ini bagian satin chrome berubah menjadi warna agak keemasan.

Lanjut ke bagian pintu bagasi, ada yang berbeda yaitu di varian ini sudah dilengkapi dengan Smart Power Tailgate. Cukup kantungi remote lalu dekatkan ke pintu bagasi maka akan ada bunyi “beep” beberapa kali dan bagasi akan otomatis terbuka. Kita juga bisa mengatur memilih kecepatan buka tutup bagasi dari layar MID. Secara kapasitas bagasi maupun space interior tidak ada yang berbeda.

Begitu juga dengan mesinnya, varian ini hanya tersedia dengan mesin dieselnya yang ganas. Berkapasitas 2.200 cc dengan tenaga 193 PS dan torsi 441 Nm.

Oke lanjut ke bagian interior, disinilah banyak perbedaan dibanding varian dibawahnya. Pertama motif jok sedikit berubah dengan adanya ‘Quilted Leather’ menambah kesan lebih mewah dan sekarang jok penumpang depan sudah dilengkapi dengan 6 way electric seat. Lalu pada bagian headliner warna juga berubah menjadi lebih gelap.

Lanjut ke bagian gauges, nah ini yang keren! Sekarang sudah menggunakan layar TFT LCD 7 inci yang berwarna meskipun RPM, temperature, dan fuel gauge masih analog. Tampilan dan warna speedometer dapat diubah sesuai mode berkendara yaitu ada Eco, Comfort, Sport, dan Smart. Gaya speedometer digital ini juga dapat diubah mau style analog atau full digital. Ketika proses perpindahan, pergerakan nya sangat smooth dan keren sekali.

Head unit juga berbeda, sekarang menggunakan layar touch screen yang lebih besar dan sudah dilengkapi dengan kamera mundur 2 angle dengan adaptive guide line. Dan kerennya lagi, head unit ini memiliki fitur Apple CarPlay dan Android Auto.

Di bagian kaca spion tengah juga ada perubahan, yaitu sudah electrochromatic dan tipe GLS dan XG pun mendapatkan improvement tersebut. Hanya saja di tipe GLS dan XG, kamera mundurnya tampil di spion tengah, bukan di head unit.

Safety pun ikut bertambah, sekarang memiliki 6 buah airbag. So, sekarang di Grand Santa Fe ini sudah nggak ada lagi tombol kosong, terasa full spec banget, well done Hyundai. Selebihnya, masih sama dengan Santa Fe tipe XG.

Hyundai Grand Santa Fe ini dibanderol dengan harga Rp 629 juta. So, apakah worth it dengan harga yang lebih mahal 49 juta rupiah dari varian XG? Jawaban kami, Ya, worth it. Meskipun ada beberapa fitur yang kurang, misalnya 360 camera dan front corner sensor yang dimana akan sangat membantu mengingat mobil ini memiliki body yang cukup bongsor. Dan juga absen nya active safety seperti Blind Spot Warning dan lain-lain. Mengingat Renault Koleos dan Mazda CX-5 Elite sudah memilikinya namun dengan harga yang lebih terjangkau. Tapi it’s okay lah, selama kita berhati-hati dalam berkendara semua pasti akan aman.