Honda City Hatchback RS Masuk Indonesia, Segera Gantikan Jazz

Pengganti Honda Jazz untuk wilayah Asia Tenggara ini mendarat di Indonesia, kedua setelah Thailand pada November 2020 lalu.

KENDARA.ID – Resmi! Honda Jazz yang menjadi produk jagoan Honda selama bertahun-tahun harus digantikan mobil lain. Perkenalkan penggantinya, Honda City hatchback. Biasa kita kenal sebagai sedan yang sedarah dengan Jazz, ini adalah pertama kalinya City punya varian hatchback sejak 1994.

Sejarahnya, City generasi ketujuh berkode GN ini pertama kali muncul dalam bentuk sedan pada November 2019 di Thailand. Ubahan yang paling menonjol saat itu adalah penggunaan mesin 1.0 turbo yang bertujuan agar City bisa ikutan program Eco Car-nya Thailand (mirip LCGC di sini). Satu bulan sebelumnya, Fit (Jazz) generasi keempat resmi debut di Tokyo dengan desain yang bisa dibilang kurang sesuai selera Asia Tenggara. Fast forward, City versi hatchback kemudian dirilis di Thailand pada November 2020 dan tentunya bikin heboh karena menandakan kepunahan Honda Jazz di Asia Tenggara.

Desain eksterior tak ada bedanya dengan City sedan terbaru, hanya saja tanpa buntut. Nah, soal pemotongan buntut City ini kami perhatikan cenderung menuai kontroversi dan pro-kontra. Dimana ada yang melihat bodi City hatchback jauh dari kata proporsional dengan penggunaan pintu belakang yang sama dengan City sedan yang dipaksakan, sehingga kurang match dengan model bodi hatchback. Namun, ada juga yang suka dengan proporsi hatchback landai seperti ini, terutama dengan bagian belakang yang disebut-sebut mirip Mercedes-Benz A-Class.

Dari depan, City hatchback menggunakan lampu full LED, termasuk lampu sein yang juga berfungsi sebagai DRL. Sementara lampu belakang masih merupakan kombinasi LED dan bohlam. Mobil ini menggunakan pelek 16 inci lima palang dengan kelir black clear.

Satu hal yang mesti di-highlight adalah dimensinya. Panjang City Hatchback RS mencapai 4.349 mm, lebih panjang dari Jazz RS (4.035 mm), Yaris (4.145 mm), atau bahkan HR-V (4.294 mm). Dengan panjang segitu, diatas kertas ia sudah masuk teritori medium hatchback seperti Toyota Corolla hatchback, VW Golf, Ford Focus dkk. Dipadukan dengan wheelbase 2.600 mm, Honda mengklaim legroom belakang City hatchback cukup lapang.

Interior City Hatchback RS versi Indonesia tidak banyak beda dengan versi Thailand, didominasi nuansa hitam dengan aksen piano black dan matte black menggantikan aksen silver di beberapa bagian. Joknya berlapiskan kombinasi suede-fabric-leather dengan warna dual tone hitam-merah.

Beberapa fitur City Hatchback RS diantaranya adalah seperti head unit 8 inci terintegrasi dengan smartphone connection, remote engine start yang dapat menghidupkan mesin kendaraan dan AC secara otomatis dari luar, 8 speaker, multi-angle rear view camera, cruise control, smart key dengan keyless entry, push start button, audio steering switch dan hands-free telephone (HFT) Switch dengan voice recognition. Seperti spek Thailand, mobil ini masih mengusung layar speedometer analog dengan MID layar standar.

Kabar baiknya, sistem pelipatan Ultra Seat khas Jazz tetap dipertahankan pada mobil ini dengan konfigurasi Utility Mode, Tall Mode, Refresh Mode, dan Long Mode. Dengan melipat bangku baris kedua, Honda mengklaim mobil ini dapat digunakan untuk mengangkut 2 sepeda sekaligus dengan mencopot ban depan sepeda terlebih dahulu.

Fitur keselamatan City Hatchback juga lebih lengkap dibanding pendahulunya karena kini dilengkapi 6 airbag, ABS, EBD, BA, brake override system VSC, HSA, parking sensor, seatbelt reminder, emergency stop signal, dan APAR. Walaupun begitu, belum tersedia sistem keselamatan aktif seperti Honda SENSING. Honda City juga telah meraih bintang lima untuk hasil tes tabrak ASEAN NCAP beberapa waktu lalu.

Apabila City Hatchback versi Thailand bermesin 1.000 cc VTEC Turbo DOHC dengan tenaga 122 PS dan torsi 173 Nm, City hatchback versi Indonesia harus puas dengan mesin sejuta umat, yaitu 1.500 cc i-VTEC. Kabar baiknya, mesin ini sudah mengusung DOHC dengan tenaga 121 PS di putaran 6.600 rpm dengan torsi 145 Nm di putaran 4.300 rpm dengan dua pilihan transmisi, yaitu 6-speed manual dan CVT.

Beberapa warna yang ditawarkan adalah Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, dan Meteoroid Gray Metallic. Harga City Hatchback RS sendiri baru akan diumumkan April mendatang. Tertarik?