December 13, 2018

Ini 7 Hal yang Sudah Bocor dari Avanza-Xenia 2019!

Ini 7 Hal yang Sudah Bocor dari Avanza-Xenia 2019!

KENDARA.ID – Kemarin, 11 Desember, Toyota Avanza menginjak usia ke-15 sejak kelahirannya pertama kali di dunia pada 11 Desember 2003. Dalam kurun 15 tahun tersebut, Avanza baru pernah ganti model satu kali yaitu pada tahun 2011 dan menerima major change pada 2015. Walaupun pada dasarnya Avanza dan Xenia masih cukup tegar setelah dijegal Suzuki Ertiga, digebuk Honda Mobilio dan dihantam Mitsubishi Xpander, sudah saatnya keduanya berbenah. Awalnya publik mengira Avanza dan Xenia akan berganti model total pada 2019, namun kenyataannya tidak begitu.

Dari kabar yang berhembus sejak beberapa bulan yang lalu, duo Avanza dan Xenia hanya akan menerima major change alias facelift lagi. Namun, jangan kecewa dulu. Facelift ini akan membawa seabrek teknologi dan fitur yang mungkin sulit dipercaya bakal ada di mobil sejuta umat ini. Tak hanya itu, urusan styling juga akan dipermak, walaupun bodinya masih sama tapi dibuat lebih sporty supaya bisa paling tidak mengimbangi rivalnya seperti Xpander. Dari seluruh bocoran yang ada, dalam satu artikel ini kami akan merangkum tujuh hal yang sudah kita ketahui tentang Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia facelift 2019. Apa saja? Simak terus artikel ini.

1. Model eksterior

Sesuai bocoran secara deskripsi dan secara visual, kami menyimpulkan bagian depan Avanza dan Xenia akan dipermak cukup banyak, dari lampu, gril dan bumper. Gambar bocoran ini kemungkinan akan mewakili wujud Avanza non-Veloz dan Xenia. Kerap disebut mirip Terios, lampu depannya sudah menggunakan LED, kemungkinan multi reflektor seperti kepunyaan Rush-Terios. Dideskripsikan bahwa Avanza Veloz akan mirip Voxy dengan pelek yang mirip Fortuner.

Di belakang, bentuk (outline) lampu belakang serta reflektor akan tetap sama. Hanya saja, walaupun bentuk outlinenya sama, kemungkinan ia akan mengalami revisi desain. Belum begitu jelas apakah akan menggunakan LED, tapi dilihat dari trennya sih Agya dan Ayla saja sudah LED, mestinya Avanza dan Xenia ikutan LED juga. Di gambar bocoran belakang ini, hal yang cukup menonjol adalah desain spoilernya yang agak berlebihan, menurut kami.

2. Model interior

Disebutkan, desain dashboard Avanza dan Xenia akan dipermak besar-besaran. Dapat dilihat dari gambar ini, walaupun kurang jelas tapi disini kelihatan setirnya masih sama, dengan tambahan audio steering switch. Dapat ditemukan juga di gambar ini layar AC digitalnya. Tapi dari siluetnya, kami curiga desainnya akan senada (atau bahkan sama persis?) dengan kepunyaan Rush dan Terios. Kami lampirkan foto dasbor Rush sebagai referensi.

3. Fitur

Menurut bocoran, Avanza dan Xenia akan langsung dihujani fitur yang kekinian yang belum pernah ada sebelumnya di mobil sejuta umat ini. Mulai dari AC climate digital, pengaturan AC double blower yang juga digital, spion lipat otomatis, lampu LED, antena shark fin serta start-stop engine button (untuk tipe teratas) sepaket dengan keyless entry. Beberapa fitur yang akan turun ke tipe menengah adalah steering switch control dan head unit touchscreen berfitur lengkap (seperti kepunyaan Rush). Seluruh tipe Xenia juga akan mendapatkan pelek alloy, bukan kaleng-kaleng, hehe.

4. Safety

Fitur safety menjadi fokus utama di versi facelift ini. Bagaimana tidak, seluruh varian akan mendapatkan ABS dan EBD sebagai standar. Vehicle stability control (VSC) dan hill start assist (HSA) juga akan hadir di tipe teratas, kemungkinan Veloz. Walaupun begitu, Avanza dan Xenia harus puas dengan dua airbag, bukan tujuh seperti Rush TRD Sportivo. Makanya, fitur safety Avanza tipe tertinggi dideskripsikan seperti Rush tipe G.

5. Varian Xenia 1.5

Seperti yang sudah kami kabarkan sebelumnya, Daihatsu akan memperkenalkan Xenia bermesin 1.500 cc milik Veloz, Rush dan Terios sebagai varian flagship. Soalnya, sejak Xenia 1.0 disuntik mati pada 2016, praktis Xenia cuma punya satu pilihan mesin, yaitu 1.329 cc 96 hp berkode 1NR.

Rumor ini juga menyebutkan, Xenia 1.5 akan dibatasi produksinya hanya 60 unit per bulan kemungkinan agar tidak memakan pasar Avanza Veloz. Namun bocoran selanjutnya menepis adanya kuota produksi ini, dan dinyatakan akan diproduksi tanpa batas kuota.

6. Mekanikal sama

Yep, Avanza dan Xenia akan tetap menggunakan unit mesin 1NR-VE 1.329 cc 96 hp Dual VVT-i dan mesin 2NR-VE 1.496 cc 104 hp. Suspensi dan mekanikal lainnya juga kabarnya tidak ada perubahan dibanding Avanza-Xenia yang beredar saat ini.

7. Harga sama!

Mengikuti strategi yang sukses di Rush dan Terios, Avanza dan Xenia tidak akan naik harga. Namun menurut kami ini wajar-wajar saja, karena Avanza dan Xenia setahun belakangan konsisten di-diskon. Logikanya, Avanza-Xenia 2019 karena baru tak akan menerima diskon. Jadi, walaupun di atas kertas tidak naik, praktiknya harganya naik juga.

Apabila tak ada aral melintang, wujud Avanza-Xenia 2019 sudah dapat kita saksikan pertengahan Januari 2019 mendatang. Akankah penjualannya meledak melampaui Xpander?