June 24, 2019

Ini Mobil-Mobil yang Siap Meluncur di GIIAS 2019

Ini Mobil-Mobil yang Siap Meluncur di GIIAS 2019

KENDARA.ID - GIIAS 2019 sudah dekat. Ajang pameran otomotif tahunan terbesar di Indonesia ini akan digelar pada 18-28 Juli 2019. Sebelum pameran dimulai, kami ingin mengumpulkan rumor-rumor tentang mobil apa saja yang dipamerkan disana. Kami merangkum 17 mobil yang siap muncul di GIIAS 2019, baik yang sudah terkonfirmasi maupun yang belum. Apa saja 17 mobil tersebut?

Audi Q8

PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku agen pemegang merek Audi dan Volkswagen telah mengkonfirmasi akan meluncurkan Audi Q8 dan VW Tiguan Allspace di GIIAS. Tentang Tiguan Allspace, ada di bagian bawah karena disusun sesuai abjad, jadi kita bahas Audi Q8 dulu.

SUV yang berbagi platform dengan Lamborghini Urus ini merupakan SUV terbesar dan termahal Audi. Panjangnya 5 meter dan lebarnya mencapai 2 meter. Q8 dapat melaju dari 0-100 km/jam hanya dalam 5,9 detik berkat mesin 3.0L V6 yang bertenaga 340 hp. Mobil berkapasitas 5 penumpang ini menganut sistem penggerak empat roda, atau istilahnya Audi adalah quattro.

BMW 3-series G20

BMW akan memanfaatkan ajang GIIAS 2019 untuk memperkenalkan generasi baru 3-series, dengan kode bodi G20, setelah 7 tahun lamanya berkutat dengan F30.

Dimensinya lebih besar dengan panjang yang bertambah 76 mm, lebih lebar 16 mm serta wheelbasenya lebih panjang 41 mm. Sementara bobotnya berkurang 55 kg berkat penggunaan aluminium yang makin banyak. Secara desain, dari depan lampunya berbentuk unik mirip Peugeot zaman sekarang. Kidney grille khas BMW juga semakin menyatu seperti BMW anyar lainnya.

Saat ini, BMW meluncurkan varian 330i M Sport dengan mesin 2.0 liter turbo yang sanggup mengeluarkan tenaga maksimum hingga 258 hp dengan torsi maksimum 400 Nm, meningkat 6 hp dan 50 Nm dibandingkan generasi terdahulu. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke transmisi otomatis 8 percepatan yang dinamai Steptronic oleh BMW.

BMW X7

Selain seri 3 G20, BMW juga akan memperkenalkan X7 ke pasar Indonesia. Berdimensi panjang 5.151 mm, lebar 2.000 mm dan tinggi 1.805 mm, mobil ini tentunya sangat bongsor khas full-size SUV dan siap menantang Mercedes-Benz GLS. Desainnya berhasil memadukan gaya ala BMW dengan gaya aristokrat yang biasa diusung SUV besar.

Mesinnya ada 3.0 turbo 6-silinder bensin bertenaga 335 hp dan 420 Nm, 4.4 turbo V8 dengan 456 hp dan 650 Nm serta 3.0 turbodiesel dengan tenaga 261 hp dan torsi 620 Nm. Ketiga mesin buas tersebut bisa dipilih untuk mendorong bodi besar X7. Dirakit di Amerika Serikat, ia telah dijual pada Maret 2019 lalu secara global.

Daihatsu MPV hybrid (konsep)

Daihatsu mengumumkan akan memamerkan wujud MPV hybrid dalam bentuk mobil konsep di GIIAS 2019. Diduga kuat, mobil konsep ini adalah perwujudan dari Xenia generasi selanjutnya. Walaupun dikabarkan mobil konsep ini hanya memiliki kapasitas empat orang, namun dimensinya dirancang kurang lebih sebesar Xenia. Diam-diam, Avanza-Xenia hybrid sebenarnya sudah ada dalam rencana jangka panjangnya Daihatsu untuk menyambut peraturan mobil ramah lingkungan.

DFSK Glory 580 i-Auto

Tak puas hanya dengan Glory 560, pabrikan dari Negeri Tirai Bambu ini kemungkinan besar akan meluncurkan varian baru dari Glory 580. Varian ini sudah cukup lama beredar di China dengan nama Fengguang 580 i-Auto. Apa itu i-Auto? Anda mungkin akan berpikir semacam teknologi transmisi AMT atau ACT. Bukan, i-Auto adalah nama yang digunakan DFSK untuk sistem konektivitas mereka. Pengguna 580 i-Auto dapat menghubungkan mobil dengan smartphone melalui aplikasi khusus yang dapat menyalakan mesin dari jauh, membuka jendela, mengatur AC sebelum masuk mobil dan sebagainya.

Selain itu, ada ubahan eksterior seperti bumper baru, pelek baru dengan kaliper rem warna merah serta lampu belakang baru. Di interior, dasbornya berubah total dengan head unit model floating. Fitur-fitur baru lainnya juga kemungkinan akan hadir, seperti atap panoramik dan bagasi elektrik.

Honda Accord Turbo

Generasi kesepuluh dari Honda Accord ini sudah mengaspal di Thailand pada Maret lalu. Honda Prospect Motor pun memanfaatkan momentum GIIAS 2019 untuk meluncurkan pesaing Toyota Camry ini. Seperti yang sudah terlacak di laman Samsat DKI di kolom informasi nilai jual kendaraan bermotor, mesin yang terpasang di Accord versi Indonesia merupakan mesin yang sama dengan Honda Civic dan CR-V Turbo, yakni 1.5L Turbo berkode L15BE dengan tenaga maksimum 190 PS dan torsi 243 Nm dan hanya ditawarkan dalam satu varian, yakni EL.

Di Thailand, ada varian hybrid dengan fitur yang tergolong lengkap, seperti Collision Mitigation Braking System, Lane Departure Warning, Road Departure Mitigation, Adaptive Cruise Control dengan Low-Speed Follow, sunroof, exterior door lighting, spoiler belakang, HUD, kamera 360, cross traffic monitor dan Honda Smart Parking Assist System, atau sistem parkir otomatis. Apakah fitur-fitur itu akan ada di Accord versi Indonesia? Kita lihat saja nanti.

Kia Stinger

Kia memang tidak buka booth di GIIAS 2019, namun dikabarkan Kia Stinger akan dipajang di ajang tersebut. Bagaimana caranya? Di tahun-tahun lalu, mereka 'menyelundupkan' mobil anyar mereka untuk dititipkan di booth lain, misalnya booth kaca film dan sebagainya.

Kemungkinan, metode itulah yang digunakan Kia untuk memamerkan Stinger ke publik. Nah, beberapa waktu lalu, Kia telah mendaftarkan Stinger ke Samsat dengan nama Stinger 2.0 AT, dengan nilai jual sebesar Rp 620 juta. Desas-desusnya, Stinger akan dilepas ke publik dengan sistem by order dengan harga Rp 888 juta.

Tapi, ada kabar bahwa Kia akan berganti distributor. Hak mendistribusikan mobil Kia di Indonesia akan berpindah tangan dari PT Kia Mobil Indonesia menjadi PT Kreta Indo Artha, anak perusahaan Indomobil. Apakah akan ada pengaruhnya dengan kemunculan Stinger ini? Kita tunggu saja nanti.

Mazda 3

Segmen compact Mazda, yang diisi oleh Mazda3, baru-baru ini mengalami perubahan dengan penerapan evolusi terbaru dari Kodo Design yang selama ini menjadi bahasa desain khas Mazda. Mesin tetap sama dengan generasi sebelumnya, yaitu Skyactiv-G 2.0 liter bertenaga 155 daya kuda dan torsi 200 Nm yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6 percepatan. Generasi baru Mazda3 ini dikabarkan akan dipajang di GIIAS 2019.

Mitsubishi Eclipse Cross

Pada tanggal 9 Juli 2019, Mitsubishi mengadakan media preview, yang mana pabrikan berlogo tiga berlian itu memperkenalkan dua model baru, yaitu Eclipse Cross dan Outlander PHEV.

Eclipse Cross sendiri merupakan SUV kelas tanggung, secara dimensi dan harga berada di celah sempit antara Outlander Sport dan Outlander (yang varian PHEV-nya akan ada di Indonesia), menempatkannya di tengah-tengah HR-V dan CR-V. Untuk pasar Indonesia, varian yang akan masuk adalah varian 1.5 liter turbo dengan tenaga maksimum 163 hp dan torsi maksimum 250 Nm yang disalurkan ke transmisi CVT. Mitsubishi akan mematok harga di kisaran 470 hingga 500 juta rupiah untuk model Eclipse Cross ini.

Mitsubishi Triton facelift

GIIAS 2019 merupakan waktu yang tepat untuk meluncurkan Triton facelift. Telah diluncurkan di Thailand pada November lalu, Triton sudah mengikuti bahasa desain terkini Mitsubishi, yaitu Dynamic Shield. Itulah mengapa depannya seperti campuran antara Xpander dan Pajero Sport, tapi lampu bawahnya adalah lampu sein dan foglamp sementara lampu utama dan DRL tetap di atas. Dari samping, terlihat fender dan baknya dirombak untuk mengubah arch rodanya menjadi lebih mengotak.

Di belakang, lampunya bentuknya benar-benar baru dengan LED strip yang nyalanya cantik seperti Pajero Sport. Di dalam, Triton punya lubang AC dan switchgear yang baru serta air circulator. Perubahan lain ada pada transmisi otomatis yang sekarang menggunakan unit 6 percepatan, hill descent control, blind spot monitoring, cakram rem yang lebih besar, serta kamera 360 derajat untuk trim teratas.

Nissan X-Trail Facelift

Empat tahun tanpa perubahan berarti, Nissan siap menghadirkan X-Trail facelift di ajang GIIAS 2019 ini. Tidak seperti X-Trail sebelumnya yang dirakit secara lokal di Cikampek, Jawa Barat, X-Trail facelift dikapalkan secara utuh dari Thailand. Hal ini bagian dari kebijakan Nissan yang memutuskan untuk menghentikan operasi Plant 1 mereka yang tadinya memproduksi line-up non-Datsun.

Selain perubahan kosmetik seperti wajah baru maupun lampu belakang dengan LED strip, di Thailand X-Trail mendapatkan fitur keselamatan aktif seperti intelligent cruise control, forward collision warning, intelligent emergency brake rear cross traffic alert, blind spot warning, lane departure warning dan high-beam assist. Fitur-fitur keselamatan ini seolah menjadi 'tema' dari facelift ini, moga-moga ketika mendarat di sini tidak disunat.

Renault Kwid Climber

Sekaligus mengenalkan Kwid bertransmisi AMT, yang uniknya tuas transmisinya berbentuk kenop di sebelah kanan pengemudi, Maxindo menghadirkan Kwid edisi khusus yakni Climber. Di eksterior, perbedaanya adalah permainan warna two-tone biru-orange serta stiker besar bertuliskan 'Climber'.

Di interior, Kwid mendapatkan head unit touchscreen dengan navigasi, AUX IN, USB, Apple Carplay, Android Auto, serta voice recognition. Corak joknya dipermanis dengan aksen orange. Di bangku baris kedua ada tambahan armrest. Kemudian, fitur keselamatannya berupa rem ABS+EBD, airbag di sisi pengemudi, seatbelt reminder, dan speed warning.

Renault Triber

Selain Kwid Climber yang akan langsung dijual ke publik, Renault akan memboyong Triber ke GIIAS 2019. Walaupun begitu, di ajang pameran tersebut Triber belum akan dilepas ke pasar. Namun, ada kemungkinan Renault akan membuka inden. Triber sendiri menggunakan mesin 999 cc 3 silinder dengan tenaga 72 PS dan torsi 96 Nm yang dipasangkan dengan transmisi manual dan AMT 5 percepatan.

Fitur-fiturnya cukup mapan untuk sebuah mobil sekelas Calya-Sigra. Triber sudah mengusung lampu depan proyektor, sementara untuk fitur di dalam kabin dilengkapi dengan AC double blower dan perangkat hiburan dari audio layar sentuh yang sudah bisa dikoneksikan dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Beberapa fitur keselamatan yang akan disematkan antara lain sensor dan kamera parkir, serta sistem peringatan kecepatan.

Suzuki Jimny

Sebelumnya, harga Suzuki Jimny di Indonesia sudah bocor, yakni mulai dari Rp 315,5 juta hingga Rp 330 juta. Ratusan unit juga sudah mendarat di gudang Suzuki, dan dikabarkan kuota tahun telah terjual habis. Pilihan warnanya ada putih, abu-abu, silver, hitam, dan hijau tua, sementara untuk dual tone ada kuning stabilo, ivory dan biru. Walaupun begitu, dikabarkan konsumen tidak dapat memilih warna.

Didatangkan secara utuh dari Jepang, spek Suzuki Jimny yang masuk Indonesia spek yang cukup tinggi, ditandai dengan lampu depan LED dan AC digital, namun tanpa tombol start/stop yang eksklusif untuk pasar Jepang. Emblem AllGrip juga mengindikasikan Jimny yang masuk berpenggerak empat roda. Namun, Suzuki Jepang telah menyetujui proposal Suzuki Indomobil untuk merakit Jimny di Indonesia, bukan India, mengingat nilai historis yang kuat disini.

Toyota Supra

Rumor yang sudah berhembus bahwa Supra akan tampil di GIIAS 2019 telah dikonfirmasi oleh Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, dikutip dari detikOto mengatakan, "Secara produk baru saya belum bisa katakan untuk Sienta karena kita sedang persiapan untuk produk lain salah satu contohnya adalah Supra, itu produk yang kita lagi fokus untuk peluncuran," Seperti yang sudah kami laporkan sebelumnya, unitnya juga sudah hadir di Indonesia.

Dibangun bersama BMW Z4, Supra berbagi mesin yang sama yaitu 3.0 liter enam silinder segaris dengan turbo dengan keluaran tenaga maksimum 335 hp dan torsi 490 Nm. Mesin tersebut mampu melesatkan Supra dari nol ke 100 km/jam hanya dalam waktu 4,1 detik dengan kecepatan maksimum yang dibatasi secara elektronik di 250 km/jam.

VW Tiguan Allspace

Tidak afdol rasanya menjual mobil yang tidak memiliki 7 tempat duduk di tempat seperti Indonesia. Hal itu disadari Volkswagen yang akan melansir Tiguan Allspace, Tiguan dengan wheelbase lebih panjang untuk mengakomodasi kursi baris ketiga. Tiguan Allspace tetap ditenagai mesin 1.400 cc TSI dengan tenaga maksimum 150 hp dan torsi maksimum 250 Nm yang dipasangkan dengan transmisi DSG 6-speed, sanggup membawa Tiguan Allspace dari 0-100 km/jam dalam 9,5 detik. Dengan dijualnya Tiguan Allspace, Tiguan 5-seater tidak akan dilanjutkan di Indonesia.

Wuling Almaz 7-seater

Wuling hampir selalu punya sesuatu yang baru tiap kali ada pameran. Tak terkecuali di GIIAS 2019 ini. Kabar yang berembus menyatakan bahwa Almaz berkapasitas 7 penumpang berikut tipe yang lebih terjangkau akan dirilis di ajang tersebut.

Wuling Almaz berkapasitas 7 penumpang ini akan mendapatkan sejumlah ubahan, seperti penambahan fitur perintah suara yang berfungsi layaknya Siri atau Google Assistant, penataan speedometer dan MID baru yang disamakan dengan MG Hector dan Baojun 530, serta perubahan pada bumper belakang. Tidak hanya itu, Wuling Almaz 7 penumpang ini juga akan mendapatkan pendingin udara double blower dan port USB dengan keluaran arus 2 ampere untuk mengisi daya telepon genggam.

Rumor yang berembus juga mengatakan bahwa Almaz 7-seater tipe tertinggi akan lebih mahal Rp 25-30 juta dibanding Almaz 5-seater, yang dapat dikatakan sebagai salah satu strategi Wuling untuk mengeruk pendapatan tambahan, mengingat Almaz 7-seater diprediksi akan sukses di pasaran.

Mitsubishi Outlander PHEV

Selain Eclipse Cross, Mitsubishi juga hendak menghadirkan Outlander PHEV. Kendaraan SUV berteknologi plug-in hybrid vehicle ini datang dengan dua pilihan warna, yaitu putih dan hitam. Kendaraan ini menggunakan gabungan mesin 2.4 liter bensin dan sistem penggerak listrik yang mampu menggerakkan kendaraan dengan tiga mode, yaitu mode listrik hingga kecepatan 135 km/jam, mode series hybrid yang mana mesin bensin difungsikan sebagai semacam "generator" untuk membantu mengisi daya listrik ketika baterainya lemah, dan parallel hybrid yang mana mesin bensin dan motor listrik bekerja bersamaan. Mitsubishi Motors akan menjual SUV ini seharga 1,2 miliar rupiah.