July 21, 2019

Jetbus 3 Voyager: Standar Baru Bus Super Executive

Jetbus 3 Voyager: Standar Baru Bus Super Executive

KENDARA.ID - Industri bus di Indonesia merupakan salah satu aspek dalam dunia otomotif Indonesia yang selalu menarik untuk disimak. Ia memiliki komunitas yang sangat aktif dan hidup, dan para pelaku industri bus di Indonesia selalu datang dengan produk teranyar yang menaikkan standar bus pariwisata setiap tahunnya.

PT. Adiputro Wirasejati, perusahaan karoseri bus asal Malang, Jawa Timur, meramaikan pagelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten dengan meluncurkan sejumlah produk baru, salah satu diantaranya adalah Jetbus3 Super Double Decker (SDD) Voyager, produk bus double decker terbaru dari Adi Putro.

Jetbus 3 SDD Voyager ini dibuat di atas sasis Mercedes-Benz OC 500 RF 2542, sasis bus dengan 10 roda dan dua gandar (axle). Varian ini memiliki mesin turbodiesel berkode OM 457 LA berkonfigurasi 6 silinder dengan kapasitas mendekati 12.000 cc dengan keluaran daya maksimum 422 daya kuda dan torsi 1.900 Nm. Daya dan torsi tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis 6 percepatan. Konstruksi Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 dikenal sebagai sasis bus yang memperhatikan keamanan dan kenyamanan; dari segi keamanan ia dilengkapi dengan kendali rem elektrik (Electronic Braking System/EBS), ABS, ASR (Acceleration Skid Control, semacam kontrol traksi), dan ESP (Electronic Stability Programme). Dari segi kenyamanan, sasis bus ini dilengkapi suspensi udara di depan maupun belakang.

Di dalam, Jetbus 3 SDD ini hadir dalam versi super executive dengan konfigurasi kursi 2-1. Untuk memaksimalkan kenyamanan, seluruh kursi penumpang dalam varian ini memiliki bentuk menyerupai sofa dengan sandaran kaki dan sandaran punggung yang dapat dioperasikan secara elektrik. Di sisi kiri kursi terdapat satu buah lampu baca dan di dalam sandaran lengan sebelah kanan terdapat satu buah meja lipat. Terdapat pula sistem hiburan berupa layar di belakang tiap-tiap kursi serta televisi layar lebar di bagian depan bus.

Di bagian atas, terdapat dua buah port USB, disamping lampu dan ventilasi pendingin udara. Port USB ini memungkinkan Anda untuk mengulur kabel USB dari gawai Anda untuk mengisi daya gawai.

Di bagian paling belakang bus, terdapat satu ruang makan dengan dua buah meja dan satu buah pantry dengan teko listrik untuk memasak air untuk membuat minuman panas seperti teh atau kopi instan. Terdapat pula satu buah kulkas untuk menyimpan minuman dingin dan satu buah meja lengkap dengan laci berbagai ukuran.

Dalam pagelaran GIIAS ini, kabin Jetbus 3 SDD Voyager ini dipamerkan sedemikian luas dan lapang hingga dapat memuat satu unit mobil. Dalam foto ini, Adi Putro dengan bangga memamerkan bahwa kabin Jetbus 3 SDD Voyager ini mampu memuat satu unit Mercedes-AMG GT S tanpa masalah besar.

Hingga berita ini diturunkan, varian Jetbus 3 SDD Voyager ini sudah terjual ke sebuah perusahaan bus pariwisata asal Cianjur, Jawa Barat.