LOADING

Type to search

Share

Nissan Terra sudah dipastikan akan masuk ke Indonesia sebentar lagi. Terra akan masuk ke kelas yang sangat sengit mengingat dikelas ini sudah dinaungi oleh petarung senior yaitu Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Selain dua seteru abadi itu, terselip pula petarung lain yaitu Chevrolet Trailblazer dan Isuzu Mux. Maka dari itu, perjuangan Terra untuk merebut hati konsumen di Indonesia akan cukup sulit. Pada kali ini kami akan mengkomparasikan spesifikasi mesin dari Nissan Terra vs rival – rivalnya. Memang masih berupa data “brosur”. Namun cukup untuk memberikan gambaran performanya.

Disini kami akan membandingkan unit mesin diesel terkuat yang dijual atau akan dijual di Indonesia. Untuk bersaing dengan rivalnya, Terra harus menggunakan unit diesel berkode YD25 yang berkapasitas 2.500 cc yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 190 hp dan torsi sebesar 450 nm yang digabungkan dengan transmisi otomatis 7 speed.. Diatas kertas, mesin ini mengeluarkan output terbesar dibanding rival – rival lainnya.

                                                   Trailblazer mampu menyaingi akselerasi Pajero Sport Dakar

Namun angka itu hanyalah data brosur yang tidak dapat membuktikan bahwa apakah Terra mampu menjadi yang terkencang dikelasnya. Output terbesar kedua diraih oleh Chevrolet Trailblazer dengan mesin DURAMAX Diesel berkapastias 2.500 cc bertenaga 180 hp dan torsi 440 nm. Angka ini mampu melesatkan Trailblazer dari 0-100 km/jam dalam waktu sekitar 10 atau 11 detikan. Mesin ini dihubungkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

                                       Pajero Sport Dakar memiliki jumlah gigi transmisi terbanyak dikelasnya

Selanjutnya ada Mitsubishi Pajero Sport Dakar yang menggunakan unit 4N15 berkapasitas 2.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga 181 hp dan torsi 430 nm. Diawal kemunculannya, mesin ini mampu melesatkan Pajero Sport Dakar dari 0-100 km/jam dalam waktu sekitar 10 atau 11 detik. Namun kini sudah ada Trailblazer yang mampu menyaingi perolehan Pajero Sport Dakar. Menariknya, Pajero Sport Dakar memiliki transmisi dengan jumlah gigi terbanyak yaitu 8 speed yang membuat mobil ini memiliki rpm yang rendah di kecepatan 100 km/jam.

                            Dengan mesin 2GD, Fortuner menjadi salah satu yang teririt dengan tenaga cukupan

Sedangkan Fortuner memiliki mesin yang berkapasitas paling mungil disini, yaitu 2,400 cc berkode 2GD. Mesin ini memiliki output sekitar 150 hp dan torsi 400 nm yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 6 speed. Mesin ini memang memiliki akselerasi yang jauh dibawah rivalnya. Namun untuk urusan konsumsi bbm, Fortuner merupakan salah satu yang teririt dikelasnya.

                                Isuzu MUX mampu menghasilkan konsumsi yang irit

Terakhir adalah Isuzu MUX. Ia mengandalkan mesin 4JK1-TC Hi-Power berkapasitas 2.500 cc bertenaga 136 hp dan torsi sebesar 320 nm. Mesin ini merupakan yang terlemah disini. Namun untuk penggunaan sehari hari atau keluar kota, mesin ini sudah bisa dibilang cukupan. MUX juga memiliki mesin yang mampu mengolah bahan bakar dengan irit. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis 5 speed alias yang paling sedikit dalam jumlah gigi dikelas SUV Ladder Frame ini.

Data – data diatas memang hanya sebuah data brosur, namun sudah bisa memberikan sedikit gambaran bahwa Nissan Terra juga memiliki mesin yang paling perkasa dikelasnya. Namun power weight ratio, karakter mesin, ecu dan transmisi mampu memberikan kenyataan yang berbeda pula ketika dibawa langsung. Namun setidaknya diatas kertas Terra sudah mampu mengungguli rival – rival dikelasnya.

Tags:
Hanif Mulia Ramadhan

Seorang anak muda pecinta otomotif yang ingin menyalurkan hobinya dalam menulis artikel dan urusan desain mendesain yang berhubungan dengan otomotif

  • 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *