August 24, 2019

Menyambut Kendaraan Dinas Baru Pejabat

Menyambut Kendaraan Dinas Baru Pejabat

KENDARA.ID - Akhir-akhir ini, jagad otomotif Indonesia tengah diramaikan dengan kabar pembaruan armada kendaraan untuk presiden dan pejabat negara. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia melalui siaran persnya yang menyatakan bahwa baru-baru ini lembaga tersebut melakukan pengadaan kendaraan baru untuk pos-pos jabatan seperti Menteri yang menjadi Anggota Kabinet, Pejabat Setingkat Menteri, Pimpinan Lembaga Negara, Mantan Presiden, dan Mantan Wakil Presiden.

Berdasarkan siaran pers yang dipublikasikan oleh Kementerian Sekretariat Negara (dapat dilihat di sini), terdapat dua jenis kendaraan yang resmi menjadi kendaraan dinas bagi pejabat dan mobil kepresidenan, yaitu sebagai berikut:

Mercedes-Benz S600 Guard

Mercedes-Benz S600 Guard generasi terbaru ini akan menggantikan Mercedes-Benz S600 Guard yang saat ini telah digunakan selama 12 tahun; ia pertama kali digunakan pada periode pertama pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, tepatnya pada tahun 2007 lalu. Mercedes-Benz S600 Guard ini memiliki spesifikasi mesin 6.0 liter V12 twin turbo dengan keluaran tenaga maksimum 530 daya kuda dan torsi maksimum 830 Nm yang disalurkan ke transmisi otomatis 7 percepatan 7G-TRONIC Plus. Namun, yang menjadikan Mercedes-Benz ini istimewa tidak hanya mesinnya, namun juga dari embel-embel "Guard" yang merupakan tipe khusus yang dilengkapi dengan perlindungan balistik hingga level VR9, yang berarti mobil kepresidenan yang baru ini tahan terhadap tembakan senapan tempur dan senapan runduk berdaya besar. Tidak hanya itu, mobil ini juga dirancang agar tahan ledakan bom jenis tertentu, ledakan granat, mampu menyediakan suplai udara segar melalui tangki yang terintegrasi apabila sensor di mobil mendeteksi keberadaan gas beracun, sistem alarm panik untuk keadaan darurat, ban run-flat tire yang membuat mobil ini mampu untuk tetap berjalan walau kehilangan tekanan, dan sistem pemadaman api terintegrasi.

Toyota Crown 2.5 HV G-Executive

Sedan keluaran Toyota ini resmi menjadi kendaraan dinas untuk Menteri/pejabat setingkat, Pimpinan Lembaga Negara, Mantan Presiden, dan Mantan Wakil Presiden mulai tahun ini melalui mekanisme lelang/tender yang dimenangkan oleh PT. Astra International (Tbk)-TSO. Dibandingkan mobil dinas terdahulu, Toyota Crown 2.5 HV G-Executive generasi ini memiliki teknologi yang lebih canggih, seperti teknologi hybrid yang sama seperti Camry Hybrid, serta teknologi T-Connect yang merupakan teknologi telemetri terbaru dari Toyota yang diperkenalkan di Toyota Crown generasi ini. Fitur ini mampu menyambungkan mobil dengan dealer melalui sambungan internet (saat ini hanya dapat digunakan di Jepang). Selain itu, Toyota Crown juga dilengkapi dengan Toyota Safety Sense, yakni sekumpulan fitur bantuan berkendara yang didesain untuk meningkatkan keselamatan berkendara seperti pendeteksi pejalan kaki, sistem peringatan ketika mobil keluar lajur, lampu jauh otomatis, cruise control adaptif dengan radar, pendeteksi rambu lalu lintas, dan pelacak garis marka lajur.

Dari situs Kementerian Sekretariat Negara, diketahui pula bahwa Kementerian Sekretariat Negara memesan 101 unit Crown Hybrid ini untuk digunakan oleh pejabat.