November 16, 2018

Mitsubishi Pajero Segera Stop Diproduksi

Mitsubishi Pajero Segera Stop Diproduksi

KENDARA.ID – Sudah 12 tahun usia Mitsubishi Pajero generasi keempat sejak terakhir debut pada September 2006. Pajero ‘asli’ ini juga dari generasi pertama sudah menang 12 kali dalam kejuaraan reli Paris-Dakar. Nah, dengan berubahnya orientasi Mitsubishi dari yang tadinya lebih ke pabrikan enthusiast ke pabrikan yang lebih profitable, langkah-langkah telah dilakukan seperti menghentikan produksi Lancer Evo, berubahnya Eclipse dan kelak Lancer menjadi crossover dan baru-baru ini Pajero akan disuntik mati.

Segmen Mitsubishi Pajero, SUV aristokrat besar bermesin besar diyakini sudah tak laku lagi, karena konsumen yang mencari crossover yang kompak dan irit bahan bakar. Selain itu, aturan emisi yang semakin ketat semakin membuat Mitsubishi ogah membuat penerusnya.

Dikutip dari caradvice.com, COO Mitsubishi Motors Trevor Mann mengakui segmen tersebut terus mengecil. “Segmen tersebut terus mengecil terutama karena regulasi emisi, jadi kami harus memastikan saat kami melakukan sesuatu harus menguntungkan,” ujarnya.

“Bisakah (mesin) hybrid membantu kami melakukan itu? Secara teori bisa. Tapi apakah kami punya full business case yang membolehkan kami untuk mengucurkan dana R&D kami untuk melangkah kesana? Sepertinya tidak. Kami punya bahan-bahannya tapi belum kami campurkan dan masukkan ke oven,” lanjut Mann.

Mitsubishi belum memastikan akan membuat penerusnya, tentu ini wajar karena saat ini Mitsubishi sibuk berjualan crossover yang lebih menguntungkan dan mengucurkan dana untuk membuat mobil macam ini agak memberatkan secara finansial, secara jualan SUV besar tidak terlalu menguntungkan. Bisa jadi kerjasama dengan Nissan akan membantu membangun mobil ini lebih murah, tapi apakah mereka berdua mau? Beberapa tahun kedepan, pastinya satu-satunya Pajero yang masih dijual oleh Mitsubishi hanyalah Pajero Sport, hehe.