November 12, 2019

Mitsubishi Xpander Cross Resmi Diluncurkan, Tembus Rp 286,7 Juta

Mitsubishi Xpander Cross Resmi Diluncurkan, Tembus Rp 286,7 Juta

KENDARA.ID - Mitsubishi Xpander Cross resmi diluncurkan untuk pertama kalinya di dunia dan di Indonesia, tepatnya di Hotel Intercontinental, Jakarta Selatan. Varian baru dari Xpander ini mencoba untuk tampil sangar ala SUV untuk menyaingi sejumlah MPV 'berpopok' seperti Honda BR-V dan Suzuki XL6 yang juga segera hadir di Indonesia.

Ditawarkan dalam tiga varian dengan harga Rp 267,7-286,7 juta, Xpander Cross diposisikan sebagai varian flagship dari Xpander. Apa saja ubahannya dibandingkan Xpander biasa? Mulai dari bagian eksterior, kini bagian depan dibuat lebih tegas. Bumpernya didesain berbeda dibanding Xpander biasa dengan gril baru, bilah krom yang tegak, lampu utama LED, serta aksen overfender yang lebih tegas yang juga dihiasi oleh foglamp LED. Hanya saja, Xpander Cross belum dilengkapi lampu DRL, karena lampu sipit di bagian atas tetap berfungsi sebagai lampu senja. Agar semakin terlihat tegas, logo Mitsubishi di bagian depan dibuat lebih besar.

Di bagian samping, Xpander Cross dilengkapi pelek 17 inci dual tone palang lima serta ground clearance yang naik dari 205 mm menjadi 225 mm. Layaknya crossover di kelasnya, overfender tebal terpasang di sekujur bodi beserta dengan aksen silver di bagian pintu bawah. Tak lupa, dipasang roof rail yang merupakan kelengkapan wajib buat sebuah mobil dengan tampang ala petualang. Yang agak janggal, mobil ini tetap mendapatkan handle pintu dan spion berlabur krom. Kami rasa, apabila spionnya dicat piano black akan semakin menguatkan nuansa crossover pada mobil ini.

Di bagian belakang, Xpander Cross mendapatkan treatment berupa bumper belakang yang lebih kekar serta kelir piano black di antara kedua lampu belakang. Bumper belakang didesain lebih 'tangguh' dengan separuh bumper tidak dicat, serta ada overfender yang berbentuk lebih mengotak. Kemudian, reflektor dibuat tegak sehingga memberikan kesan yang berbeda. Sayangnya, Mitsubishi tidak memberikan spoiler atas untuk menambah kesangaran Xpander Cross. Kaca belakangnya kini sudah dilengkapi defogger, serta sensor parkir juga sudah menjadi kelengkapan standar.

Bagian interiornya tidak berubah banyak, tapi kini dasbornya berwarna dual tone coklat-hitam seperti saudara kembarnya, Livina. Kemudian, untuk kemewahan ekstra, khusus Leather Seat Premium Package diberikan jok kulit berwarna dual tone, coklat dan hitam senada dengan warna dasbor. Head unit juga menjadi perhatian, kini berukuran 7 inci dengan fitur koneksi ke smartphone. Belum tersedia Apple CarPlay atau Android Auto seperti saudaranya, namun head unit ini tetap dapat menampilkan citra kamera parkir.

Selain itu, masih sama seperti Xpander biasa. Xpander Cross tetap menggunakan unit mesin 4A91 1.499 cc MIVEC dengan tenaga 104 PS, berpenggerak roda depan.

Xpander Cross ditawarkan dengan tiga pilihan tipe, yaitu transmisi manual, transmisi otomatis dan transmisi otomatis dengan Leather Seat Premium Package, masing-masing dihargai Rp 267,7 juta, Rp 277,7 juta dan Rp 286,7 juta. Harga tersebut sudah termasuk biaya jasa servis 4 tahun, biaya sparepart 4 tahun, asuransi ban 1 tahun dan asuransi kecelakaan 1 tahun gratis. Harga ini juga sudah termasuk kenaikan BBN menjadi 12,5%. Sebagai perbandingan, tipe Xpander Ultimate A/T dihargai Rp 265,1 juta.

Tersedia lima warna, yaitu putih (tambah Rp 1,5 juta), hitam, silver, abu-abu, dan orange. Warna terakhir baru pertama kali muncul di Xpander. Sebelumnya, warna tersebut sudah digunakan pada All New Livina. Dengan harga mencapai Rp 280 jutaan, apakah Xpander Cross sanggup melawan Toyota Rush sekaligus menaikkan penjualan Xpander?