July 19, 2019

New Mazda3 Skyactiv: Menyongsong Era Baru

New Mazda3 Skyactiv: Menyongsong Era Baru

KENDARA.ID - Pagelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 digunakan oleh Mazda untuk meluncurkan generasi terbaru dari Mazda3, segmen compact car keluaran pabrikan asal Hiroshima ini yang sudah mengaspal sejak tahun 2000an, yang sebelumnya dikenal sebagai Mazda 323/Familia/Protege.

Mazda3 Hatchback
Mazda3 Sedan

Mazda3 generasi terbaru ini hadir dalam dua jenis bodi, yaitu hatchback dan sedan, yang memiliki desain baru yang berbeda dari generasi sebelumnya. Desain baru ini merupakan iterasi terbaru dari bahasa desain KODO Design yang sudah menjadi ciri khas Mazda sejak 2012. Pada Mazda3 terbaru ini, Mazda berusaha melakukan pendekatan minimalis, membuatnya memiliki garis bodi yang sederhana, bersih, namun tetap atraktif.

Secara mekanis, Mazda3 terbaru ini tidak mengalami perubahan. Mesin tetap menggunakan mesin Skyactiv-G 2.0 berkapasitas 2.0 liter 4 silinder dengan keluaran daya maksimum 155 daya kuda dan torsi maksimum 200 Nm, yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis Skyactiv-Drive dengan 6 percepatan.

Bicara fitur, seperti generasi sebelumnya, Mazda3 dilengkapi berbagai fitur yang mampu menunjang pengalaman berkendara, mulai dari Mazda i-ACTIVSENSE yang merupakan paket fitur keselamatan yang terdiri dari Smart City Brake Support (SCBS) yang mampu mengerem mobil apabila sistem mendeteksi bahwa kendaraan akan bertabrakan, Lane Departure Warning System (LDWS) yang mampu memperingatkan pengendara apabila ia keluar lajur, Rear Cross Traffic Alert yang mampu mendeteksi kendaraan lain ketika sedang memundurkan kendaraan, Blind Spot Monitoring System (BSM) yang mampu mendeteksi kendaraan di titik buta (blind spot), dan lampu LED adaptif yang mampu menyesuaikan dengan keadaan jalan dan lika-liku jalan hingga fitur penambah kenyamanan seperti cruise control adaptif dengan bantuan radar (oleh Mazda disebut Mazda Radar Cruise Control) hingga pengaturan jok elektrik dengan fungsi memori.

Tidak hanya di eksterior, interior Mazda3 terbaru ini pun tidak luput dari perubahan. Sama seperti eksterior, interior Mazda3 terbaru ini dibuat sesederhana dan sebersih mungkin, sehingga menjadikan kabin Mazda3 ini nyaman dan enak dilihat. Peletakan tombol-tombol dalam interior kendaraan ini dibuat semudah mungkin dalam jangkauan tangan pengemudi sebagai bagian dari filosofi "human-centered design philosophy" yang dianut Mazda.

Sistem informasi dan hiburan Mazda menggunakan layar berukuran 8.8 inci yang tidak memiliki kemampuan layar sentuh untuk meminimalisasi distraksi berkendara, dan menggunakan sistem operasi MZD Connect terbaru, yang terlihat dari perubahan desain grafis antarmuka (graphical user interface) yang berbeda dari generasi terdahulu.

Mazda3 terbaru ini dapat dibeli dengan harga 489,8 juta rupiah untuk varian hatchback dan 538,8 juta rupiah untuk varian sedan, keduanya dalam kondisi on the road untuk wilayah Jakarta.