May 2, 2019

PUBG (Panduan Untuk Berkendara Gaya): Ford Fiesta 1.5 Sport

PUBG (Panduan Untuk Berkendara Gaya): Ford Fiesta 1.5 Sport

KENDARA.ID - Segmen hatchback seringkali menjadi pilihan bagi masyarakat dalam memilih kendaraan, karena dipandang cukup ringkas untuk digunakan sendiri dan memiliki desain yang cukup atraktif, sehingga membuat popularitas mobil jenis ini stabil dari waktu ke waktu.

Belakangan ini, pasar hatchback bekas sedang ramai dengan hatchback dari berbagai merek, salah satunya Ford, yang sempat menjual Fiesta dari tahun 2009 hingga penutupan kegiatan penjualannya pada 2015 lalu.

Dengan harga mulai dari 110 juta rupiah, Ford Fiesta facelift ini dapat menjadi pilihan menarik bagi Anda yang menginginkan kendaraan yang menyenangkan untuk dikendarai dengan harga terjangkau.

Pada varian facelift yang pertama kali diluncurkan pada akhir tahun 2013, Ford Fiesta memiliki dua pilihan mesin: 1.5 liter 4 silinder berdaya puncak 112 daya kuda dan torsi 140 Nm untuk tipe Trend dan Sport serta 1.0 liter 3 silinder dengan turbo dengan daya puncak 125 daya kuda dan torsi 170 Nm untuk tipe Sport Ecoboost, yang mana tenaga dan torsi ini disalurkan ke roda depan melalui transmisi 5 percepatan manual atau 6 percepatan otomatis kopling ganda (dual clutch transmission).

Tipe Sport dilengkapi dengan berbagai peningkatan di atas tipe Trend, seperti ban dan velg 16 inci, interior kombinasi semi-kulit dan kain dengan jok semi-bucket di depan, pendingin udara dengan climate control, lampu kabut depan dan belakang, tombol start-stop, keyless entry, serta suspensi yang disetel lebih sporty dibanding tipe Trend.

Apabila Anda hendak membeli Ford Fiesta 1.5 facelift, harap perhatikan hal-hal berikut:

ANGKA DAN FAKTA:

  • Mesin 1.5 liter 4 silinder Sigma, 112 dk/140 Nm
  • Transmisi manual 5 percepatan/dual-clutch 6 percepatan
  • Bahan bakar: Pertamax/sejenis
  • Konsumsi bahan bakar rata-rata: 10-11.6 km/liter dalam kota, 14-16 km/liter luar kota/rute tol (terukur di MID dengan menggunakan bahan bakar RON 92)

KELEBIHAN:

  • Transmisi kopling ganda relatif sigap untuk rute tol, luar kota, atau jalan berliku
  • Pengendalian mantap dan presisi
  • Jok semi-bucket memberikan kenyamanan optimal untuk perjalanan jauh
  • Pendingin udara dengan climate control mampu memberikan temperatur yang pas untuk berbagai kondisi cuaca
  • Audio pabrikan berkualitas baik karena sudah memiliki DSP built-in

KEKURANGAN:

  • Ruang kabin sempit
  • Tenaga di putaran bawah agak terasa kurang
  • Transmisi kopling ganda tidak memiliki kemampuan yang baik di kemacetan
  • Butuh perawatan ekstra setelah 40-50 ribu kilometer. Sokbreker depan dan belakang perlu diganti di sekitar 40 ribu kilometer, sementara water pump pada Ford Fiesta 1.5 diketahui perlu diganti sebelum 50 ribu kilometer bersamaan dengan valve cover seal. Apabila tidak/belum diganti, valve cover seal yang sudah uzur akan menyebabkan oli bocor ke busi dan membuat mesin terasa ngelitik, sementara water pump yang belum diganti pada interval ini akan mengeluarkan suara seperti suara mendengkur.