June 13, 2019

PUBG (Panduan Untuk Berkendara Gaya): Jaguar XJR V8

PUBG (Panduan Untuk Berkendara Gaya): Jaguar XJR V8

KENDARA.ID - Jaguar. Pabrikan mobil mewah berlogo kucing besar ini cukup dikenal di Indonesia karena memiliki desain yang selalu khas dan sempat mengalami kenaikan popularitas pada awal 2000-an, yang mana saat itu Jaguar mengalami kenaikan popularitas melalui sedan eksekutifnya, yakni S-Type dan X-Type.

Selain S-Type dan X-Type, Jaguar juga memiliki satu lagi tawaran sedan, yaitu XJ, yang merupakan varian teratas dari lini sedan mewah Jaguar. Kami akan mengulas Jaguar XJR tahun 2008 yang merupakan generasi ketiga dari lini XJ yang memiliki empat generasi dan dijual sejak tahun 1968 hingga tahun 2019 ini.

Jaguar XJR tahun 2008 ini dibekali dengan mesin 4.2 liter V8 dengan supercharger berkode AJ34S yang sanggup mengeluarkan daya maksimum sebesar 400 daya kuda dan torsi sebesar 541 Nm yang disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 6 percepatan dari ZF.

Jaguar XJ ini memiliki fitur yang tergolong berlimpah dan dikenal karena memiliki teknologi yang tergolong canggih, seperti suspensi udara self-levelling (fitur ini tidak ada di XJR karena XJR menggunakan suspensi yang lebih sporty), serta sasis dan bodi aluminium yang membuat kendaraan ini lebih ringan yang dibuat dengan proses khusus (paten atas proses ini masih dipegang oleh Ford hingga saat ini).

Di dalam, Anda akan dimanjakan dengan kemewahan klasik khas kendaraan Inggris: panel kayu burl walnut yang berpadu dengan anggun dengan kulit asli di jok dan trim interior dan wol untuk karpet dan panel krom di beberapa tempat. Tidak hanya itu, fitur penunjang kenyamanan di Jaguar ini juga terkesan modern, seperti pengaturan kursi elektrik di keempat titik, pendingin udara dengan pengatur suhu empat zona, serta pengoperasian pengaturan setir secara elektrik. Audio mobil ini dilengkapi dengan radio, pemutar CD dan DVD, serta delapan pengeras suara dengan total daya 400 watt. Unit mobil ini juga dipasang dengan sejumlah opsi yaitu kulkas di antara kedua kursi belakang, velg 19 inci, navigasi satelit berbasis GPS, pemutar DVD, dan telepon mobil yang terintegrasi dengan panel head unit.

Mengenai fitur keamanan, Jaguar XJR ini dilengkapi dengan kantung udara di berbagai titik: depan, samping depan, kantung udara tirai samping, pengendali stabilitas (ESC), kontrol traksi (TCS), ABS, BA, dan pemantau tekanan ban (tire pressure monitoring system) yang mampu memantau tekanan absolut di tiap-tiap ban.

Jaguar XJR ini dapat dibeli dengan harga 380 juta rupiah, dan Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut:

ANGKA DAN FAKTA:

  • Mesin: Jaguar AJ34S, 4.2 liter V8 DOHC dengan supercharger, 400 daya kuda/541 Nm
  • Transmisi: Otomatis 6 percepatan
  • Bahan bakar: Shell V-Power/sejenis

KELEBIHAN:

  • Desain abadi, klasik, dan berkarakter
  • Interior sangat mewah
  • Performa mesin mumpuni
  • Kenyamanan mumpuni
  • Ruang kabin lapang

KEKURANGAN:

  • Perawatan tidak murah
  • Kampas rem depan boros, perlu diganti setiap 20 ribu km
  • Head unit dan audio agak ketinggalan zaman karena tidak memiliki aux input dan Bluetooth serta agak sulit dioperasikan karena layarnya kecil.