June 11, 2019

PUBG (Panduan Untuk Berkendara Gaya): Toyota Land Cruiser Cygnus V8 (UZJ100)

PUBG (Panduan Untuk Berkendara Gaya): Toyota Land Cruiser Cygnus V8 (UZJ100)

Toyota Land Cruiser merupakan salah satu tawaran tertua Toyota yang memiliki popularitas yang cukup baik di kalangan masyarakat Indonesia. Kali ini, kami akan mengulas Toyota Land Cruiser Cygnus seri J100 yang pertama kali diperkenalkan tahun 1998 hingga 2007 sebelum berganti model menjadi seri J200.

Toyota Land Cruiser Cygnus ini dibekali mesin V8 (sesuai dengan logo di bagasinya) berkapasitas 4.7 liter dengan kode 2UZ-FE, yang sanggup mengeluarkan daya maksimum 228 daya kuda dan torsi maksimum 410 Nm yang disalurkan ke transmisi otomatis 5 percepatan dengan penggerak empat roda.

Toyota Land Cruiser seri J100 merupakan generasi keempat dari lini Land Cruiser yang berorientasi kenyamanan; secara garis besar, lini Land Cruiser terbagi dua: seri jip yang berorientasi off-road yang terdiri atas seri J40/Hardtop dan seri J70 yang dikenal sebagai Land Cruiser Bundera di telinga masyarakat awam, dan seri SUV berbodi station wagon yang dimulai dari generasi J50 hingga seri terbarunya yaitu J200.

Toyota Land Cruiser J100 ini dilengkapi dengan berbagai fitur penunjang performa dan kenyamanan, seperti fitur Night View yang merupakan fitur night vision berbasis sinar inframerah yang dapat membantu penglihatan pengemudi ketika kondisi sangat gelap atau cuaca buruk, pengaturan ketinggian kendaraan, dan fitur active rollover protection yang dapat mencegah mobil terguling.

Untuk menunjang kemampuan off-road dari Land Cruiser ini, ia dilengkapi dengan persneling kedua yang digunakan untuk mengaktifkan gardan depan dengan pilihan rasio rendah atau tinggi. Suspensi mobil ini juga dilengkapi dengan sistem suspensi aktif bernama Toyota Electronic Modulated Suspension (TEMS) yang memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan karakter suspensi dengan kondisi berkendara.

Untuk menunjang kenyamanan, Toyota Land Cruiser J100 ini dilengkapi dengan suspensi depan independen (pertama di lini Toyota Land Cruiser), setir rack and pinion dengan rasio variabel untuk kenyamanan berkendara, interior berbalut kulit, pengaturan kursi elektrik dengan fungsi memori, pengoperasian pengaturan setir elektrik, pendingin udara dengan pengatur suhu, kotak pendingin minuman di konsol tengah, dan power window otomatis di seluruh jendela.

Toyota Land Cruiser Cygnus seri J100 ini dapat dibeli dengan harga paling murah 250 juta rupiah hingga paling mahal 500 juta rupiah. Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut:

ANGKA DAN FAKTA

  • Mesin: 2UZ-FE, 4.7 liter V8 DOHC
  • Transmisi: Otomatis 5 percepatan dengan penggerak empat roda part-time
  • Bahan bakar: Pertamax/sejenis

KELEBIHAN:

  • Tangguh dan teruji kehandalannya
  • Mesin bertenaga
  • Interior mewah dan lapang
  • Fitur lengkap dan modern
  • Dapat meminum bensin Pertalite/Pertamax

KEKURANGAN:

  • Konsumsi BBM yang boros
  • Perawatan tidak dapat dikatakan murah
  • Wishbone bawah suspensi depan rentan retak dalam kondisi berkendara yang sangat buruk