June 4, 2019

PUBG Picks: Duit Almaz Dapat Apa?

PUBG Picks: Duit Almaz Dapat Apa?

KENDARA.ID - Peluncuran Wuling Almaz beberapa bulan lalu dapat dikatakan sebagai sebuah batu loncatan bagi Wuling, sebab SUV ini melambangkan keseriusan Wuling untuk bergerak ke segmen yang lebih tinggi, yaitu SUV berukuran sedang yang selama ini diisi oleh tawaran dari merek-merek berbendera Jepang.

Dengan harga 318,8 juta rupiah untuk kondisi on the road Jakarta, harga Wuling Almaz dapat dikatakan sangat strategis, sebab banyak sekali alternatif yang tidak kalah menggiurkan dari berbagai segmen. Kami dari Kendara.id berupaya untuk menelusuri kendaraan-kendaraan apa saja yang dapat dibeli dengan uang setara atau di bawah harga Wuling Almaz yang memenuhi kriteria segmen Panduan Untuk Berkendara Gaya ini, dan inilah hasil penelusuran kami:

  1. VOLKSWAGEN SCIROCCO 1.4 TSI
Ilustrasi Volkswagen Scirocco

Penelusuran ini kami mulai dengan Volkswagen Scirocco 1.4 TSI. Kendaraan hatchback sporty tawaran Volkswagen ini memiliki harga sekitar 300 juta rupiah di pasar kendaraan bekas (dan ada kemungkinan Anda bisa membelinya dengan harga di bawah ini apabila Anda beruntung). Dengan mesin 1.4 liter turbo bertenaga 140 daya kuda dan transmisi kopling ganda 6 percepatan, Volkswagen Scirocco menjanjikan performa yang baik untuk harian dan penampilan yang menarik.

KELEBIHAN: Tampang yang atraktif, mesin turbo yang memiliki keseimbangan antara performa dan konsumsi bahan bakar, kualitas perakitan bagus

KEKURANGAN: Transmisi kopling ganda DSG mungkin memiliki performa yang kurang baik di kemacetan, ruang kabin agak terbatas

2. LEXUS GS300

Ilustrasi Lexus GS300

Jadi, apakah Anda mempunyai keraguan terhadap merek dari Tiongkok dan masih menginginkan kendaraan berbendera Jepang namun tetap ingin tampil gaya? Kami mendengar keinginan Anda. Lexus GS300 merupakan tawaran dari Lexus, divisi kendaraan mewah Toyota, untuk segmen sedan eksekutif berukuran sedang. Lexus GS300 generasi ketiga ini hadir dengan mesin 3.0 liter V6 bertenaga 252 daya kuda yang disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 6 percepatan. Lexus GS300 menawarkan prestise dari sedan eksekutif dengan kehandalan khas Toyota dan harga yang terjangkau. Dapat dibeli dengan harga 200 hingga 270 juta rupiah.

KELEBIHAN: Kualitas perakitan yang bagus, kehandalan khas Toyota, pelayanan khas Lexus yang mumpuni, dan kabin yang fleksibel untuk berbagai jenis postur tubuh.

KEKURANGAN: Waspada adanya sludge/lumpur mesin dari sisa oli (Lexus sempat menyarankan interval penggantian oli per 15.000 km yang menjadi awal dari masalah sludge ini, sebelum kemudian direvisi menjadi per 10.000 km), pajak mungkin agak mahal.

3. MERCEDES-BENZ C200 W204

Ilustrasi Mercedes-Benz C-Class

Kembali ke Jerman, kali ini dari salah satu pabrikan asal Jerman yang paling lama mengisi jalanan Tanah Air, yaitu Mercedes-Benz. Seri C-Class yang duduk di segmen compact executive car ini sudah dapat dikatakan sebagai satu mobil yang ikonik di mata masyarakat Indonesia. Generasi ketiga dari Mercedes-Benz C-Class, yaitu W204, hadir dengan mesin 1.8 liter 4 silinder turbo yang sanggup mengeluarkan daya maksimum sebesar 184 daya kuda, yang disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 7 percepatan. Mercedes-Benz C200 akan membuat Anda terlihat gaya dengan harga yang berada di bawah Wuling Almaz, yaitu 200-300 jutaan rupiah.

KELEBIHAN: Citra merek Mercedes-Benz, kenyamanan kabin, peredaman baik, banyak pilihan tipe, pengendalian baik.

KEKURANGAN: Ruang kepala di belakang sempit, harga jual kembali.

4. BMW 330i E46

Ilustrasi BMW Seri 3 E46

Kalau selera Anda adalah pabrikan Jerman dan Anda menginginkan mobil yang benar-benar berkelas dan asik untuk dikendarai, BMW adalah pilihan tepat untuk Anda. Seri 3 berkode E46 saat ini sedang naik daun, dan varian 330i yang merupakan varian teratasnya pun tidak luput dari kenaikan popularitas ini. Hadir dengan mesin 3.0 liter 6 silinder segaris dengan daya maksimum hingga 231 daya kuda dan transmisi otomatis 5 percepatan, BMW 330i ini dapat dipastikan akan memuaskan hasrat Anda akan kesenangan berkendara yang selalu menjadi titik jual BMW. Dapat dibeli dengan harga 200 hingga 230 jutaan rupiah.

KELEBIHAN: Tampang klasik-modern, mesin M54B30 dikenal dapat diandalkan, kemampuan mumpuni, ruang kabin cukup baik, banyak dukungan aftermarket.

KEKURANGAN: Pertimbangkan biaya perawatan, unit agak langka.

5. CHEVROLET TRAX

Chevrolet Trax yang merupakan tawaran dari pabrikan Amerika berlogo dasi kupu-kupu untuk kelas SUV kecil ini sepertinya sulit untuk kami abaikan. Mesin turbo 1.4 liter bertenaga 140 daya kuda yang dipadukan dengan transmisi 6 percepatan otomatis ini membuat Trax memiliki rasa berkendara yang menyenangkan dan desain yang atraktif tentu akan membuat penggunanya senang mengendarainya. Dapat dibeli dengan harga mulai dari 292 juta rupiah hingga 318 juta rupiah, keduanya dalam kondisi baru.

KELEBIHAN: Desain atraktif, ukuran ringkas, performa mumpuni, ruang kabin cukup luas, banyak fitur

KEKURANGAN: Jaringan purnajual Chevrolet tidak seluas pabrikan yang lebih pasaran, kurang populer dibandingkan rivalnya, harga jual kembali anjlok

6. TOYOTA MARK X

Ilustrasi Toyota Mark X

Ingin sedan mid-size Toyota, namun Anda tak ingin memiliki Camry? Mark X adalah jawabannya. Mark X berada di segmen yang sama dengan Camry, namun memiliki penggerak roda belakang dan mesin yang berbeda, yaitu 2.5 liter V6 yang sanggup mengeluarkan daya maksimal 200 daya kuda dan torsi 243 Nm yang disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 6 percepatan. Toyota Mark X dapat dibeli dengan harga 240 hingga 270 juta rupiah.

KELEBIHAN: Desain lebih atraktif dari Camry, sensasi berkendara, kemampuan mumpuni

KEKURANGAN: Unitnya langka

7. AUDI Q5

Ilustrasi Audi Q5

Satu lagi tawaran dari grup Volkswagen, Audi Q5 merupakan tawaran Audi di segmen compact crossover SUV, hampir sama dengan Almaz baik di segi segmen maupun dimensi. Bedanya, Audi Q5 dipersenjatai dengan mesin yang lebih besar dan canggih daripada Almaz, yaitu mesin 2.0 TFSI dengan daya maksimum 211 daya kuda dan torsi maksimum 350 Nm. Audi Q5 dapat dibeli dengan harga sedikit di atas 320 juta rupiah.

KELEBIHAN: Kombinasi ukuran dengan mesin pas sehingga performa cukup baik, konsumsi bahan bakar masuk akal untuk ukuran mesinnya, pengendalian mumpuni karena sistem penggerak empat roda quattro.

KEKURANGAN: Mungkin membutuhkan perawatan ekstra dibanding merek Jerman yang lain

8. NISSAN TEANA

Ilustrasi Nissan Teana

Nissan Teana adalah tawaran dari Nissan di segmen mid-size sedan yang didesain untuk menyaingi Toyota Camry dan Mazda6. Generasi ketiga dari Teana hadir dengan mesin 2.5 liter 4 silinder (dari sebelumnya V6) yang sama dengan X-Trail dengan daya maksimum 172 daya kuda dan torsi 233 Nm yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT. Saat ini Nissan Teana dapat Anda beli dengan harga 200 hingga 250 juta rupiah.

KELEBIHAN: Gaya elegan, kenyamanan khas Nissan, transmisi CVT halus, performa mesin cukup andal

KEKURANGAN: CVT nya tidak memiliki pengoperasian semi-otomatis, perawatan agak lebih mahal dibanding rival senegaranya.

9. TOYOTA CELICA

Ilustrasi Toyota Celica

Ingin berkendara gaya dengan mobil sport namun memiliki anggaran agak terbatas? Toyota dapat menjawab keinginan Anda, dengan model sport Celica-nya. Celica generasi terakhir berkode T230/T231 hadir di awal abad ke-21 dan populer di layar kaca maupun di dunia nyata. Mengendarai mobil ini membuat Anda mudah dikenali karena cukup banyak orang, terutama mereka yang memiliki hobi bermain gim balap, mengenalinya. Celica dapat Anda beli dengan harga di bawah 300 juta rupiah.

KELEBIHAN: Ikonik; sangat mudah dikenal orang, posisi berkendara nyaman, pengendalian cukup baik.

KEKURANGAN: Agak sulit mencari unit yang masih standar atau tidak banyak dimodifikasi karena kemunculannya bersamaan dengan tren modifikasi ekstrem, transmisi otomatisnya kurang begitu mendukung performa mesin.

10. SMART FORTWO

Ilustrasi smart fortwo

Jika Anda ingin mobil, tapi juga ingin membuat fashion statement, maka Smart fortwo dapat menjadi pilihan yang tepat. Styling yang unik dan dimensinya yang sangat mungil (hampir seukuran Bajaj Qute yang menjadi transportasi umum di beberapa bagian Jakarta) boleh jadi membuat orang melirik di jalanan. Hadir dengan mesin 1.0 liter bertenaga 71 daya kuda dan transmisi semi-otomatis 5 percepatan, Smart fortwo dapat membuat Anda lebih dikenal di masyarakat. Dapat dibeli dengan harga di bawah 225 juta rupiah.

KELEBIHAN: Dimensi sangat ringkas, cocok untuk dalam kota, desain yang berkesan “mencuri perhatian”, konsumsi bahan bakar irit

KEKURANGAN:Tidak banyak ruang penyimpanan, hanya muat dua orang.