July 30, 2019

Sales Report Mobil Indonesia Jan-Jun 2019 (Semester I) - LCGC, Hatchback & Sedan

Sales Report Mobil Indonesia Jan-Jun 2019 (Semester I) - LCGC, Hatchback & Sedan

KENDARA.ID - Berikut adalah laporan data wholesales untuk jenis mobil LCGC, city car, hatchback dan sedan.

Artikel Utama (Intro): Sales Report Mobil Indonesia Jan-Jun 2019 (Semester I)

Disclaimer: Angka yang tertera merupakan wholesales, yaitu pengiriman mobil dari storage ke dealer sehingga bukan merupakan representasi penjualan retail (dealer ke konsumen) yang sebenarnya.

Low Cost Green Car

Berbeda dengan tahun lalu, kini Daihatsu Sigra dengan market share 26% menjadi raja LCGC disusul oleh Honda Brio Satya (23,1%) dan Toyota Calya (21,7%).

Di semester 1 2019, tercatat Datsun Go bertransmisi CVT dan Datsun Go Live bergabung dalam regulasi LCGC setelah komponen transmisi CVT-nya dilokalkan, sehingga mendapatkan nama Panca. Datsun Go+ Panca sendiri juga turut mendapatkan transmisi CVT.

City Car

Di segmen city car alias mobil kecil dengan kapasitas mesin dibawah atau sama dengan 1.300 cc non-LCGC, Honda Brio RS mendominasi dengan market share 56,9%. Kemudian ada Suzuki Ignis yang kehilangan posisinya salah satunya akibat pembatasan impor, dan alasan lainnya adalah tergeser oleh Brio RS yang kini berdimensi lebih besar.

Sementara itu, Mitsubishi Mirage telah dihentikan penjualannya oleh Mitsubishi sehingga menyisakan wholesales sebesar lima unit di semester 1 2019.

Hatchback

Di kelas Hatchback, atau dikenal juga dengan nama small Hatchback, peringkatnya tidak berubah dibandingkan tahun lalu. Honda Jazz menjadi rajanya dengan angka 6.008 unit, dengan market share sebesar 45,3% disusul dengan Yaris di angka 28,6% serta Baleno 20,6%.

Medium Hatchback

Untuk kelas medium hatchback, kelas ini sangat didominasi Honda Civic Hatchback dengan market share sebesar 89,8%, lalu dibawahnya ada Mazda 3 yang terpaut jauh dengan market share hanya 10%. Sementara penjualan VW Golf telah dihentikan.

Small Sedan

Segmen ini bisa dikatakan sekarat mengingat walaupun harganya paling murah, tapi penjualannya secara total masih kalah dengan segmen-segmen diatasnya. Kami rasa memang ini segmen yang terlalu nanggung untuk pasar Indonesia.

Vios berhasil memutarbalikkan keadaan dengan keunggulan sebesar 26 unit. Padahal, di sepanjang tahun 2018 Vios kalah tipis dengan City dengan selisih 17 unit.

Medium Sedan

Corolla Altis memang sudah cenderung kehilangan taring sejak kemunculan Civic Turbo di 2016 lalu. Namun jangan khawatir, antara akhir tahun ini atau awal tahun depan, Altis akan segera diremajakan dengan platform TNGA dan pilihan mesin hybrid. Namun tidak usah jauh-jauh, mulai Juli 2019 pun segmen ini akan diramaikan dengan keberadaan Mazda 3 sedan.

Sementara itu, Civic di bulan Februari lalu mengalami minor change dengan perubahan kecil seperti bumper, jok elektrik dan foglamp LED.

Large Sedan & Estate

Toyota sedang asyik mengeruk pundi-pundi dari Camry generasi baru. Bagaimana tidak, penjualannya selama 6 bulan di 2019 mengalahkan penjualannya di sepanjang 2018. Camry pertama dengan platform TNGA ini terbukti diminati kaum eksekutif di Tanah Air.

Kemana Accord? Honda tidak mendistribusikan Accord sama sekali, artinya mereka hanya mengandalkan stok di inventory dealer. Mengapa? Untuk siap-siap dengan kehadiran Honda Accord generasi baru yang diluncurkan di GIIAS 2019 lalu.

Kategori Lainnya:

-Sales Report MPV & Van

-Sales Report SUV

-Sales Report Pick-up & Double Cabin (coming soon)