July 30, 2019

Sales Report Mobil Indonesia Jan-Jun 2019 (Semester I) - MPV & Van

Sales Report Mobil Indonesia Jan-Jun 2019 (Semester I) - MPV & Van

KENDARA.ID - Berikut adalah laporan data wholesales untuk jenis mobil MPV (multi purpose vehicle) dan van.

Artikel Utama (Intro): Sales Report Mobil Indonesia Jan-Jun 2019 (Semester I)

Disclaimer: Angka yang tertera merupakan wholesales, yaitu pengiriman mobil dari storage ke dealer sehingga bukan merupakan representasi penjualan retail (dealer ke konsumen) yang sebenarnya.

Jumlah total wholesales MPV: 160.083 unit

Low MPV

Di segmen roda empat terbesar di Indonesia, Low MPV, Xpander tetap bertekuk lutut pada Avanza. Avanza unggul dengan market share 34,5%, diatas Xpander yang hanya mengantungi share 28,3% di segmen MPV dengan kapasitas dibawah atau sama dengan 1.500 cc ini.

Pendatang baru di kelas ini pada semester 1 2019 adalah Nissan Livina, sebagai suksesor dari Nissan Grand Livina. MPV yang diproduksi di pabrik Mitsubishi Motors tersebut sukses meraup 4,4% pasar LMPV dalam eksistensinya selama 4 bulan.

Kemudian, di semester 1 ini juga Avanza dan Xenia mengalami facelift. Kemudian Ertiga dan Mobilio mendapatkan minor change. Xpander mendapatkan versi Special Edition, kemudian Confero mendapatkan versi transmisi ACT. Artinya, seluruh LMPV di semester 1 2019 telah berbenah dengan caranya masing-masing.

Compact MPV

Sienta menghuni kelas Compact MPV sendirian, karena pesaing pantasnya, Honda Freed tak kunjung mendarat di Indonesia, tetap jago kandang tidak mau keluar Jepang.

Melihat angka-angka tersebut, tak mengherankan apabila kami katakan penjualan Sienta tak memuaskan. Semoga facelift yang akan diluncurkan tahun ini akan membawa perubahan yang positif buat angka penjualannya.

Medium MPV

Di segmen medium van & MPV, sudah pasti Kijang Innova adalah rajanya. Dengan total wholesales sebesar 26.845 unit, ia mendominasi segmen ini dengan market share 93,1%. Kemudian, Wuling Cortez mampu menyerap 5% dari pasar Medium MPV ini.

Yang berbenah di semester 1 2019 adalah Cortez, yang baru saja menelurkan varian CT dengan mesin 1.500 cc turbo dengan output 140 hp. Walaupun Wuling menyangkalnya, data produksi Gaikindo menyatakan Cortez versi lama dengan mesin 1.8 telah dihentikan produksinya. Kemudian, Chevrolet Orlando sudah dihentikan produksinya di Korsel sana sehingga 4 unit tersebut hanyalah sisa-sisa di storage. Begitu juga Mazda 5, walaupun bedanya mobil tersebut belum habis juga stoknya saat tulisan ini dibuat.

Medium Van

Disini kami menggunakan kata 'van' sebagai kata ganti 'box MPV', untuk membedakannya dengan Medium MPV non-kotak. Kenapa H-1 masuk medium van? Bukankah ia berukuran besar? Faktor harga menjadi pertimbangan. Soalnya, diatas itu hanya ada Luxury Van yang mana ditempati oleh Alphard dkk.

Walaupun hadir dengan generasi baru, Serena masih belum bisa menggebuk Voxy untuk memperebutkan kursi teratas yang dahulu kala di suatu masa masih sering didapat oleh Serena.

Apa yang terjadi dengan Delica? Ia sudah dihentikan penjualannya tahun lalu, 1 unit ini adalah unit sisa. Tapi tenang saja, kabar burung berhembus bahwa sekitar tahun depan Mitsubishi akan memboyong Delica facelift bermesin 2.200 cc diesel. Masuk akal, mengingat Indonesia adalah negeri sejuta MPV dan pasar terbesar Mitsubishi saat ini adalah Indonesia. Kita tunggu saja apakah kabar tersebut benar atau tidak.

Luxury MPV

Ikon mobil eksekutif paling melegenda di Indonesia tentunya merajai pasar. Ya, apa lagi kalau bukan Alphard. Penjualan mobil ini bahkan melampaui Voxy yang harganya jauh dibawahnya. Kemudiam, disusul oleh saudara kembarnya, Vellfire. Keduanya secara bersama meraup market share 97,1%. 2,9% sisanya dipegang oleh Odyssey dan Elgrand. Sementara itu, penjualan VW Caravelle alias Multivan sudah tidak dilanjutkan lagi.

Small Van

Seperti yang anda bayangkan, Gran Max menguasai pasar dengan market share 58,25%, disusul saudara mewahnya, Luxio dengan share 19,4%. Untuk Suzuki Carry, produksinya sudah dihentikan pada April 2019 dengan munculnya pikap All New Carry.

Kategori Lainnya:

-Sales Report SUV

-Sales Report Sedan, Hatchback & LCGC

-Sales Report Pick-up & Double Cabin (coming soon)