July 30, 2019

Sales Report Mobil Indonesia Jan-Jun 2019 (Semester I) - SUV

Sales Report Mobil Indonesia Jan-Jun 2019 (Semester I) - SUV

KENDARA.ID - Berikut adalah laporan data wholesales untuk jenis mobil SUV.

Artikel Utama (Intro): Sales Report Mobil Indonesia Jan-Jun 2019 (Semester I)

Disclaimer: Angka yang tertera merupakan wholesales, yaitu pengiriman mobil dari storage ke dealer sehingga bukan merupakan representasi penjualan retail (dealer ke konsumen) yang sebenarnya.

Jumlah total wholesales SUV: 79.408 unit

Mini SUV

Karena tidak ada pesaingnya, maka kami menempatkan Jimny ke kategori tunggal. Di Juni 2019, 180 unit Jimny berhasil mendarat ke dealer. Sementara itu, 279 unit sendiri sudah mendarat di storage Suzuki setelah dikapalkan dari Jepang di bulan Mei dan Juni 2019.

Compact SUV

Honda HR-V, seperti biasanya, mendominasi segmen low SUV 5-seater. 81,2% dari total wholesales kelas ini di semester 1 2019 disumbang oleh HR-V sendirian. Barulah dibuntuti oleh SX4 S-Cross dengan share 6,2%.

Di kelas ini, pendatang baru di semester 1 2019 ada Hyundai Kona di bulan April, lalu CH-R di bulan yang sama mendapatkan varian hybrid.

Low SUV (7-seater)

Kalau kelas low SUV 7-seater, umumnya kini didominasi Rush dan Terios. Toyota Rush sendiri di segmen ini menggaet market share 73,3%, Daihatsu Terios meraih angka 21,7%.

Kemudian, BR-V yang mengalami facelift di bulan April lalu menggaet penjualan sebesar 1.622 unit dan terakhir ada pendatang baru, DFSK Glory 560 yang dalam dua bulan dapat didistribusikan sebanyak 345 unit ke dealer.

Medium SUV

Kelas Medium SUV ini dipimpin oleh Honda CR-V yang mencatatkan market share sebesar 43,2%. Diikuti dengan Wuling Almaz, mobil yang Rp 200 juta lebih murah dari CR-V menempel ketat. Diluncurkan bulan Februari, produk terlaris Wuling di 2019 ini dapat meraup penjualan sebesar 3.319 unit.

Dibawahnya ada Mazda CX-5 yang mendapatkan market share 9,3%, DFSK Glory 580, Nissan X-Trail yang versi faceliftnya baru muncul di GIIAS 2019, Hyundai Tucson, VW Tiguan yang sudah digantikan dengan Tiguan Allspace, lalu Peugeot 3008 yang dengan harganya yang sudah kepala delapan menyasar segmen premium, terakhir ada Suzuki Grand Vitara yang tinggal menghabiskan stok.

Large SUV (ladder frame/pick-up based)

Kategori ini tentu saja didominasi Pajero Sport dan Fortuner yang masing-masing mencapai angka market share 51,7% dan 44,5%. Lalu dibawahnya ada Nissan Terra yang meraup angka 390 unit. Sebagai informasi, mulai bulan Juni 2019 Pajero Sport CBU dari Thailand sudah mendarat di storage Mitsubishi.

Large SUV (monocoque)

Terakhir, ada kelas Large SUV berbodi monokok, untuk membedakannya dengan Large SUV dengan sasis ladder frame. Kategori ini berada di atas Medium SUV, namun tidak bergabung dengan Pajero Sport, Fortuner dan kawan-kawan yang berbasis pick-up, dan tidak juga bergabung dengan merek premium di rentang harga yang serupa (BMW X1, Mercedes-Benz GLA, Lexus UX) karena sudah jauh berbeda ukurannya.

Mobil termurah di kelas ini, Santa Fe berhasil menjadi yang terlaris hanya dengan selisih 6 unit dari Mazda CX-9. Dua mobil ini harganya terpaut 202 juta rupiah.

Kategori Lainnya:

-Sales Report MPV & Van

-Sales Report Sedan, Hatchback & LCGC

-Sales Report Pick-up & Double Cabin (coming soon)