June 17, 2019

Suzuki Ertiga Cross: Tampilan Baru, Mengaspal Akhir 2019!

Suzuki Ertiga Cross: Tampilan Baru, Mengaspal Akhir 2019!

KENDARA.ID - Rumor tentang calon LSUV dari Suzuki untuk menyaingi Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Honda BR-V sebenarnya sudah lama berhembus. Sebuah dokumen internal Suzuki sempat bocor dan tertulis bahwa: All New Carry akan dirilis April 2019 (sudah terjadi) dan sebuah SUV berbasis All New Ertiga akan diproduksi di Indonesia pada sekitar akhir 2019 dengan target produksi 30.000 unit per tahun.

Bocoran tersebut juga sejalan dengan bocoran dari Negeri Bollywood, bahwa Suzuki dikabarkan akan menjual Ertiga versi SUV yang akan dijual di jaringan dealer Nexa, yaitu dealer yang khusus menjual mobil Suzuki 'kelas atas' seperti S-Cross, Baleno, Ciaz dan Ignis. Ertiga sendiri saat ini di India dijual di jaringan dealer Arena, yang menjual mobil yang kelasnya lebih dibawah termasuk mobil komersial.

Sejumlah media menyebut Ertiga versi SUV tersebut dengan nama Ertiga Cross. Walaupun begitu, Suzuki bisa saja akan menggunakan nama baru. Perubahan yang cukup besar pada tampilan eksterior bisa menjadi alasan untuk membuat Ertiga Cross menjadi model yang terpisah dengan Ertiga biasa seperti halnya Honda yang punya Mobilio dan BR-V.

Tampang sang Ertiga SUV tersebut masih misteri hingga minggu lalu, dimana media otomotif India Motoroctane dan Zigwheels merilis foto spy shot dari sebuah mobil yang diberikan kamuflase dengan perawakan layaknya Ertiga. Namun, bagian fascianya berubah total dengan bonnet yang lebih panjang dan kap mesin yang lebih tinggi. Resep ini diterapkan oleh Honda dalam membuat BR-V untuk membedakannya dari Mobilio.

Walaupun begitu, perbedaan Ertiga dan Ertiga Cross tidak seekstrim kompetitornya dari Honda tersebut. Panel bodi samping dan belakang tidak tersentuh, hanya mendapatkan perubahan minor seperti bumper belakang dan overfender hitam layaknya sebuah SUV.

Berdasarkan foto spy shot tersebut, kami pun melakukan rekayasa digital untuk 'membuka' selubung mobil tersebut, dan inilah hasilnya.

Berdasarkan observasi kami dari spy shot tadi, Ertiga Cross mempunyai hidung yang benar-benar berbeda dari Ertiga biasa. Bagian depannya terutama di bagian gril seakan terinspirasi dari sejumlah produk Toyota, seperti Innova atau sejumlah SUV seperti RAV4 atau Highlander. Gril tersebut dihiasi dengan bilah krom tebal dari kiri ke kanan, menyambung dengan lampu. Secara visual, Ertiga Cross tidak terlihat lebih tinggi dari Ertiga biasa, namun kenaikan grould clearance bisa saja terjadi walaupun sedikit.

Mobil ini juga dilengkapi dengan headlamp LED lengkap dengan DRL, overfender tebal di sekujur bodi, dan roof rail. Overfendernya cukup tebal sehingga sedikit terpotong dengan tutup tangki bensin. Bagian pintunya sangat disamarkan, sehingga kurang jelas apakah Suzuki melakukan perubahan di bagian garis bahu atau tidak.

Sementara, bagian belakangnya di spy shot cukup samar. Walaupun begitu, tampilannya sudah bocor melalui buku manual Ertiga versi India yang sedang menjelaskan tentang tampilan MID. Terlihat ada revisi di bagian bumper yang kebetulan sangat mirip BR-V facelift dengan reflektor vertikal. Terlihat juga ada aksesori underguard yang mempermanis tampilannya. Selain itu, tidak ada perubahan. Kami juga memperkirakan ubahan di interior tidak akan banyak, masih akan menggunakan dasbor yang sama.

Untuk spesifikasi, Motoroctane melaporkan mobil ini di India hanya akan tersedia dalam satu varian, satu pilihan mesin yakni bensin dan hanya transmisi otomatis. Sebagai informasi, Ertiga di India saat ini tersedia dalam dua varian mesin, yaitu mesin bensin K15B 1.462 cc bertenaga 105 PS dan torsi 138 Nm dengan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed, seperti di Indonesia, dan mesin diesel E15A 1.498 cc bertenaga 94 PS dan torsi besar 225 Nm, dipasangkan hanya dengan transmisi manual 6-speed.

Belum diketahui apakah PT. Suzuki Indomobil Sales juga akan memboyong mesin diesel tersebut ke Ertiga biasa ataupun Ertiga Cross, namun PT. SIS dalam beberapa kesempatan menyiratkan tengah mengusahakan untuk menjual Ertiga diesel di Tanah Air. Kendalanya, tidak ada pilihan transmisi otomatis untuk mesin E15A tersebut. Maka, kami berspekulasi Ertiga Cross pada awalnya hanya akan tersedia dalam pilihan mesin bensin saja.

Motoroctane juga menyatakan Ertiga Cross akan mendapatkan fitur tambahan seperti pelek 16 inci (kontradiktif dengan spy shot dimana Ertiga Cross menggunakan pelek 15 inci dari Ertiga biasa dengan kelir hitam), cruise control, rain-sensing wiper, auto headlamp, interior berkelir hitam, captain seat dan sunroof. Tentunya, fitur yang sudah ada seperti ESP dan HSA akan dipertahankan. Kami berharap fitur Ertiga yang ada di India seperti MID full TFT, armrest baris kedua, seatbelt height adjustment dan day/night view mirror juga ikut dibawa.

Apabila rumor dari fitur ini benar adanya dan dibawa juga ke Indonesia, mobil ini dipastikan akan bersinar di antara kompetitornya dan berpotensi memukul mundur Toyota Rush, Daihatsu Terios, Honda BR-V dan bahkan Mitsubishi Xpander.

Motoroctane berspekulasi harga Ertiga Cross adalah 1.150.000 rupee atau Rp 236 juta. Banderol ini lebih mahal Rp 32 juta dibandingkan Ertiga bensin tipe teratas di India yang hanya 996.000 rupee (Rp 204 juta). Apabila rumor tersebut benar, maka secara kasar harga Ertiga Cross di Indonesia dapat bertengger di sekitar Rp 260-280 juta. Sebagai perbandingan, Xpander tipe tertinggi dibanderol Rp 265,1 juta, Rush termahal Rp 261,45 juta, dan BR-V Prestige Rp 274 juta.

Itu dia sejumlah hal yang sudah diketahui tentang Suzuki Ertiga Cross. Stay tuned!