January 3, 2019

Tampang New Avanza-Xenia Facelift 2019 Bocor, Mari Kita Kupas Bedanya!

Tampang New Avanza-Xenia Facelift 2019 Bocor, Mari Kita Kupas Bedanya!

KENDARA.ID – Di awal tahun ini, kami disambut dengan beredarnya gambar Avanza facelift dan Xenia facelift. Gambar tersebut seolah mengonfirmasi bocoran-bocoran yang sudah beredar sebelumnya. Mulai dari lampu LED hingga spion kepunyaan Rush-Terios. Hari ini, kami menerima total 5 foto, yakni foto depan Avanza E, foto depan-belakang Xenia R dan terakhir foto depan-belakang Avanza Veloz.

Mulai dari Avanza, apabila dibandingkan dengan Avanza yang lama dari depan, terlihat jelas perbedaannya yang sangat kentara. Memang, bodi termasuk fender dan kap mesin tidak berubah sama sekali, namun Toyota-Daihatsu dengan cerdik membuat lampu yang sangat cantik. Lampu depannya ini terbelah dua, antara lain bagian atas merupakan lampu besar dengan LED multireflektor dan bagian bawah adalah lampu senja halogen dan sein halogen. Sementara, Avanza lama lebih sederhana dengan halogen biasa, baik lampu besar dan lampu senja di tempat yang sama.

Lalu, bagian grilnya secara konsep masih mirip, bedanya di Avanza yang baru gril tersebut seolah ditarik ke bawah untuk bergabung bersama gril tipis di bagian bawah. Namun, bilah diatas gril di bagian atas disesuaikan supaya segaris dengan lampu. Lalu, lekukan di kiri dan kanan bumper dibuat lebih kuat dan sporty. Yang kami perhatikan, model wiper Avanza terbaru ini masih belum frameless seperti Rush/Terios atau Wuling.

[![](https://i2.wp.com/backup.kendara.id/wp-content/uploads/2019/01/Perbandingan-Belakang-New-Xenia-2019.png?resize=640%2C275&ssl=1)](https://i2.wp.com/backup.kendara.id/wp-content/uploads/2019/01/Perbandingan-Belakang-New-Xenia-2019.png?ssl=1)
foto kiri oleh paultan.org
Perubahan di bagian depan Xenia setali tiga uang dengan Avanza. Gambar ini adalah Xenia tipe R, sementara gambar Avanza tadi adalah tipe G. Perbedaan dari Avanza tipe E dan Xenia tipe R terbaru ini adalah bilah krom di atas gril yang seolah merupakan kelanjutan dari lampu LED-nya serta foglamp.

Di bagian belakang, yang berubah adalah lampu belakang, reflektor, garnish krom dan bumper belakang. Disini, terlihat desain rear combi lamp alias lampu belakang direvisi walau bentuk outline-nya masih sama. Bagian putih atau clear di bagian separuh atas menjadi full clear. Lalu, diatas lampu ini ada krom yang menyambung sampai tengah, lalu ke lampu sisi sebelahnya. Kami rasa elemen ini mirip Wuling Confero. Reflektornya dengan cantik mengiringi krom panjang tersebut. Di bumper juga tampak ada lubang hiasan yang agak nanggung menurut kami. Sayangnya, reflektor di bumper bentuknya masih sama dengan yang lama.

Kalau Avanza Veloz, yang baru wajahnya agak mirip Toyota Voxy. Pengakuan seorang saksi mata yang menyaksikan Veloz beberapa bulan yang lalu juga menyatakan hak yang sama. Headlamp masih sama dengan Avanza standar, yang menonjol bedanya adalah housing foglamp yang menjulang tinggi dan gril lebih lebar berkat siluet X ala Toyota.

Di bagian belakang, bedanya dengan Avanza atau Xenia standar adalah garnish chrome yang menjadi dark chrome, aksen smoke di dalam lampu serta bumper yang lebih sporty dengan reflektor lingkaran seperti yang lama. Bedanya dengan yang lama, garnish hitam dibawah plat nomor hilang. Reflektor dan garnish piano black baru. Spoiler juga bentuknya diubah. Bumper juga diubah bentuknya, kini dengan hiasan hitam senada seperti housing foglamp di depan. Sementara, reflektornya tetap sama.

Dari gambar bocoran ini, desain dashboard Avanza dan Xenia tidak akan banyak berubah. Tidak diketahui tipe apa yang terjepret kamera ini, tapi yang paling kentara adalah desain dashboard bagian tengah yang baru untuk mengakomodasi AC digital. AC digital ini merupakan unit yang sama dengan Terios tipe X dan Sirion baru. Bentuk setirnya masih sama, dengan tambahan audio steering switch yang tadinya hanya di varian Veloz kini turun ke varian lebih bawah. Untuk varian yang tertangkap kamera ini sudah dilengkapi dengan setir berlapis kulit. Turut diubah juga skema warna interiornya, walaupun kurang jelas kami rasa untuk Avanza akan menjadi full black dari yang tadinya hitam dan coklat. Xenia rumornya akan menggunakan skema warna hitam-beige.

Soal fitur, menurut bocoran Avanza dan Xenia akan dihujani fitur yang kekinian yang belum pernah ada sebelumnya di mobil sejuta umat ini. Mulai dari AC climate digital, pengaturan AC double blower yang juga digital, spion lipat otomatis, lampu LED, antena shark fin serta start-stop engine button (untuk tipe teratas) sepaket dengan keyless entry. Beberapa fitur yang akan turun ke tipe menengah adalah steering switch control dan head unit touchscreen berfitur lengkap (seperti kepunyaan Rush). Seluruh tipe Xenia juga akan mendapatkan pelek alloy.

Seluruh varian akan mendapatkan ABS dan EBD sebagai standar. Vehicle stability control (VSC) dan hill start assist (HSA) juga akan hadir di tipe Veloz. Walaupun begitu, Avanza dan Xenia harus puas dengan dua airbag. Daihatsu juga akan memperkenalkan Xenia bermesin 1.500 cc milik Veloz, Rush dan Terios khusus tipe R sebagai tipe flagship.

Apabila tak ada aral melintang, wujud Avanza-Xenia 2019 sudah dapat kita saksikan pertengahan bulan ini, Januari 2019 mendatang. Akankah penjualannya meledak melampaui Xpander?