LOADING

Type to search

Test Drive : DFSK Glory 580, A Talkactive City SUV

Team Kendara 10 August 2018
Share

Kendara – Kehadiran Glory 580 di Indonesia merupakan salah satu bagian dari invasi industri tiongkok dengan pertumbuhan yang cukup masif di Indonesia. Sebagai BUMN asal tiongkok DFSK tidak hanya ikut andil untuk siap jualan saja, tetapi mereka memberikan investasi yang cukup besar dan siap memberi keyakinan terhadap konsumen di Indonesia dengan garansi terlama yaitu 7 tahun atau 150 ribu KM. Jika merek pendatang baru pada umumnya mengunggulkan MPV sebagai senjata utama mereka, DFSK justru hadir diawal kehadirannya dengan sebuah pikap dan SUV untuk pasar Indonesia. DFSK Glory sesungguhnya di plot untuk bersaing dikelas medium SUV, namun mobil ini mempunyai banderol yang cukup spesial dikelasnya. Ingin tahu apa rasanya SUV Tiongkok ini dan apakah mampu bersaing dengan SUV yang berasal dari Negeri Matahari Terbit? Let’s check this out!

Desain DFSK Glory ini jauh dari kesan kaku dengan karakter sangat kuat dari grill nya yang mirip dengan produk VW

DFSK Glory mempunyai desain depan dengan cita rasa eropa yang kental, memang desain ini sedikt mundur mengingat desain dari mobil ini seperti sebuah mobil di tahun 2010an awal dengan lekukan membulat dan garis-garis krom yang agak tebal sehingga memberikan kesan simpel dan berkarakter. Bentuk fascia depan sekilas juga terlihat seperti sebuah VW Tiguan sehingga, jika logo dari DFSK dilepas dan diganti dengan logo VW pun kami masih berani menyatakan mobil ini masih layak menyandang logo merek eropa tersebut.

Desain belakang mengingatkan kami akan Nissan Xtrail

Pada sisi bagian samping terlihat bahwa mobil ini mempunyai dimensi yang cukup besar dengan gaya yang cukup luwes dengan garis yang mengkurva dengan cita rasa eropa yang sangat kental. Dari sisi siluet, DFSK Glory seakan-akan terlihat mirip dengan Nissan Xtrail mengingat Dongfeng sebagai parent company nya juga menjadi agen pemegang merek Nissan di wilayah Tiongkok, namun kami rasa ini hanya mirip saja mengingat pastinya basisnya pun juga berbeda. Secara keseluruhan desain kami merasa desain dari mobil ini cukup luwes dengan tarikan garis yang cukup berani tanpa mengurangi kesan kaku khas mobil tiongkok.

 

Layout dashboard yang mirip Nissan Xtrail yang sudah dilengkapi oleh stir dengan bentuk flat bottom memberikan kesan elegan. Sayangnya kualitas material di mobil ini biasa saja

Berlanjut ke interior, Desain dari mobil ini kami rasa benar-benar hampir seperti Nissan Xtrail. Hal tersebut terbukti dari bentuk layout dashboard di mobil ini dan detil seperti bentuk kisi ac maupun panel-panel dengan corak karbon yang menyiratkan kemewahan. Pembeda nya yang terasa ada pada material plastik saja.

layar monitor 10 inci dengan layar antarmuka seperti tablet dari tiongkok

Pada sisi instrumen, khusus varian Luxury, mobil ini dilengkapi oleh LCD 10 inci yang berbasis tablet dengan kelengapan multimeda yang cukup lengkap, pada mobil ini juga dilengkapi oleh navigasi satelit dari Galactio yang mirip seperti Honda Civic Turbo. Walaupun mobil ini masih terasa biasa saja pada sisi interior, mobil ini ternyata sudah dilengkapi oleh sunroof dan jok kulit dua warna yang memberikan kesan mewah pada mobil ini.

Posisi duduk terasa pas dan ergonomis untuk orang yang bertubuh besar

Posisi duduk dari mobil ini kami akui sangat pas untuk orang dengan postur tubuh 180 cm, baik posisi duduk, stir dan pedal kami merasa tidak ada masalah dalam hal ini. Akomodasi dari mobil ini juga terasa sangat baik di baris kedua karena mobil ini mempunyai headroom dan legroom yang cukup berlimpah sehingga memberikan kesan luas pada mobil ini. DFSK Glory pada dasarnya sudah dilengkapi oleh bangku tiga baris yang siap menampung tujuh tempat duduk, namun pada praktiknya mobil ini adalah sebuah SUV dengan konfigurasi 5+2 mengingat akses ke baris belakang dari mobil ini agak sulit dan lebih layak jika kursi tersebut digunakan untuk orang yang berpostur kurang dari 170 cm.

Mesin berkode SFG15T memberikan performa yang cukup untuk penggunaan harian

DFSK Glory 580 dilengkapi oleh mesin empat silinder turbo dengan tenaga 150 Hp dan torsi 220 Nm yang disalurkan langsung ke roda depan dengan transmisi CVT yang dapat diatur secara manual sehingga memberikan kesan yang lebih baik lagi. DFSK tidak hanya menyematkan transmisi CVT saja, tetapi mereka juga menyediakan varian bertransmisi manual 6 percepatan dan mesin 1.800 cc sebagai opsi lain. Bagaimana rasa berkendaranya? Walaupun menggunakan mesin dengan turbo yang diklaim kencang dan hemat, nyatanya tenaga mesin yang dihasilkan justru dapat dikatakan memadai, mengingat turbo dengan CVT merupakan sebuah racikan yang baik jika sebuah mobil ingin kencang dan hemat.

Transmisi CVT dari mobil ini perlu penyesuaian untuk mendapatkan performa yang optimal, andaikan ia menerima mapping yang lebih baik, maka kami rasa akan jauh lebih baik pada sisi performa nya.

Akan tetapi, yang kami rasakan transmisi CVT dari mobil ini memberikan intervensi negatif mengingat perpindahan gigi dari mobil ini terasa kurang natural sehingga mobil ini sangat mudah kehilangan momentum untuk mendapatkan tenaga dan putaran yang terbaik terutama pada putaran bawah mengingat lag yang ada pada turbo di mobil ini sangat terasa ketika ingin melakukan start. Walaupun begitu, jika mobil ini digunakan untuk penggunaan sehari-hari mobil ini masih dapat dikatakan memadai. Karakter suspensi dari mobil ini terasa kaku dan sedikit keras pada sisi belakang dari mobil ini, namun hal tersebut terbayar dengan pengendalian mobil ini yang pas tanpa ada gejala limbung. Keheningan kabin juga menjadi poin plus mengingat hanya sedikit suara diluar yang terdengar masuk ke dalam mobil. Selebihnya, kami merasa mobil ini sangat layak untuk digunakan harian.

DFSK Glory 580 mempunyai dua varian yaitu Comfort dan Luxury. Untuk varian Comfort 1.800, dibanderol dengan harga mulai dari 245.900.000 dan untuk varian 1.500 CVT dibanderol dengan harga 282.000.000. Sementara untuk varian Luxury dengan mesin turbo dimulai dari 295.000.000 hingga 308.000.000. Harga tersebut sudah termasuk dengan garansi terpanjang di Indonesia yaitu 7 tahun atau 150.000 Km (mana yang tercapai terlebih dahulu). Harga tersebut dirasa cukup terjangkau jika dibandingkan medium SUV yang berasal dari Jepang. Akan tetapi, pada 2019 DFSK Glory 580 tidak akan bertarung sendirian sebagai SUV yang berasal dari tiongkok mengingat pesaingnya yang juga berasal dari tiongkok siap bertarung di tahun depan.

DFSK Glory bisa menjadi alternatif dikelas SUV untuk saat ini.

Kami dapat menyimpulkan jika DFSK Glory 580 ini merupakan salah satu SUV dengan value for money yang cukup baik untuk saat ini. Rasa berkendara nya yang baik di perkotaan dengan karakter pengendalian yang baik. Kelemahan yang ada pada mobll ini kami rasa juga masih daapt ditingkatkan lagi di masa mendatang mengingat mobil ini merupakan sebuah pilihan baru yang sangat baik dikelas ini. Setidaknya kami mengharapkan adanya penyesuaian mapping CVT pada mobil ini yang lebih baik agar mendapatkan perpindahan yang halus tanpa harus kehilangan momentum pada performa mobil ini.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *