January 15, 2019

Toyota Avanza & Veloz 2019: Banyak Berubah, Harga Tetap!

Toyota Avanza & Veloz 2019: Banyak Berubah, Harga Tetap!
Suasana peluncuran New Avanza & New Veloz

KENDARA.ID – Di pertengahan bulan Januari ini,  Toyota meluncurkan varian terbaru dari Avanza yang sudah 15 tahun  mengaspal di Tanah Air. Bertempat di Hotel Fairmont yang berlokasi di  Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta, varian terbaru dari Avanza (dan  model tertingginya yaitu Veloz) ini datang dengan sejumlah perubahan.

Perubahan yang paling mudah terlihat berawal dari fascia depan. Untuk tahun model 2019, Avanza dan Veloz semua tipe sudah dilengkapi dengan lampu LED multireflektor. Grille radiator pun mengalami perubahan desain, dengan aksen krom yang digantikan dengan aksen krom gelap untuk semua tipe, perubahan garnish belakang  pada semua tipe, perubahan pada lampu kombinasi belakang pada semua  tipe, perubahan desain kaca spion luar pada semua tipe, dan perubahan  desain antena radio menjadi antena sirip hiu pada semua tipe.

Sektor interior pun tidak luput dari perubahan. Semua tipe  mendapatkan desain spidometer baru serta panel AC baru berupa sejumlah  tombol, menggantikan kenop putar yang sebelumnya digunakan. Kursi  pengemudi dan penumpang depan juga sedikit berubah dengan desain lumbar support yang sedikit dipertebal, serta adanya perubahan pada desain boks konsol tengah.

Berlanjut ke perubahan-perubahan yang spesifik di tipe-tipe tertentu, Avanza 1.3 G mendapatkan desain velg alloy yang baru dan head unit dengan layar sentuh, sementara varian Veloz mendapatkan lebih banyak perubahan dan peningkatan, seperti tombol start/stop dengan pengoperasian keyless, head unit jenis baru dengan USB Mirroring bernama T-Link, penambahan catu daya 12 volt dan port USB  di baris ketiga, perubahan pada tata suara dengan penambahan jumlah  pengeras suara menjadi 6 buah pada semua tipe Veloz, perubahan warna  kain pada interior, sistem hiburan berupa monitor untuk Veloz 1.5, lampu  follow me home untuk penerangan malam yang optimal ketika di  rumah untuk Veloz 1.5, kaca spion luar yang dapat dilipat secara  elektrik untuk Veloz 1.5, serta kamera parkir belakang untuk Veloz 1.5.

Menuju ke bagian mekanikal, tidak ada perubahan pada mesin maupun transmisi, namun terdapat perubahan di sektor running gear untuk menunjang kenyamanan. Toyota telah menambahkan bahan peredam di bagian kolong serta memperbarui sistem exhaust untuk menunjang kenyamanan berkendara. Tidak hanya itu, sistem power steering elektrik pada mobil ini pun telah diperbarui dalam bentuk perubahan pemrograman, serta peningkatan suspensi pada semua tipe.

Hal yang amat menarik dari semua perubahan ini adalah Toyota tidak menaikkan harga seluruh lini Avanza maupun Veloz untuk tahun model ini, menjadikan mobil ini semakin siap menghadapi persaingan di kelas low MPV yang semakin ramai setelah kedatangan Mitsubishi Xpander pada tahun 2017 lalu (dan diperbarui pada pertengahan 2018 lalu).