July 18, 2019

Toyota Supra 2019: Kembalinya Sang Legenda

Toyota Supra 2019: Kembalinya Sang Legenda

KENDARA.ID - Nama Toyota Supra boleh jadi sudah menyandang status legenda, mengingat betapa harumnya nama mobil sport flagship keluaran Toyota ini, terutama di benak generasi muda yang tumbuh besar dengan memainkan gim balap di konsol Playstation dan/atau menonton film laga The Fast and the Furious. Kini, pabrikan asal Jepang itu membangkitkan kembali nama legendaris tersebut setelah belasan tahun lamanya dengan peluncuran generasi terbaru Supra, yang sekarang menginjak generasi kelima.

Toyota Supra generasi terbaru ini resmi diluncurkan di Tanah Air dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2019 yang diselenggarakan di International Convention and Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten.

Proses kebangkitan kembali Toyota Supra ini boleh dikatakan merupakan proses yang cukup panjang. Beberapa tahun lalu, Toyota pernah memajang kendaraan konsep mereka yang bernama Toyota FT-1, yang menimbulkan spekulasi di kalangan masyarakat dunia bahwa FT-1 ini akan menjadi penerus Supra. Rumor mengenai generasi kelima Supra ini kemudian kembali menghangat setelah terdengar kabar bahwa kendaraan ini akan dikembangkan bersama dengan BMW, yang ternyata benar.

Toyota Supra ini dikembangkan bersama dengan BMW, yang baru saja meluncurkan generasi terbaru dari Z4, kendaraan roadster BMW yang sudah mengaspal sejak tahun 2000an (Anda bisa mengklik tautan ini untuk melihat artikel peluncuran BMW Z4 generasi terbaru). Generasi terbaru Toyota Supra ini dirakit di Austria dan memiliki mesin 3.0 liter 6 silinder turbo yang tidak lain merupakan mesin BMW berkode B58B30 yang sanggup mengeluarkan tenaga hingga 335 daya kuda yang disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis ZF 8 percepatan. Kombinasi mesin dan transmisi ini mampu membuat Supra terbaru ini berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam kurang dari 5 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 250 km/jam (perlu dicatat bahwa angka kecepatan tertinggi ini terbatas secara elektronik).