KENDARA.ID – Produsen kendaraan listrik asal Vietnam, Vinfast mengumumkan penandatanganan dan implementasi perjanjian kerja strategis dengan sejumlah mitra bengkel terkemuka di Indonesia. Langkah ini secara signifikan memperluas jaringan layanan purnajual Vinfast, sebagai penegasan komitmen untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi pelanggan yang ingin beralih ke mobil listrik.
di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025, Vinfast menandatangani MoU dengan tiga mitra strategis yaitu Nawilis, Warna Warni Ban, dan Raperind. Kerjasama ini semakin memperluas jaringan bengkel resmi Vinfast yang terus berkembang di seluruh Indonesia.
Sembilan bengkel Nawilis dengan klasifikasi bengkel level 1, siap menjadi bengkel resmi Vinfast. Sementara itu, Warna Warni Ban bergabung dengan 5 bengkel level 1, dan Raperind akan menambahkan 5 bengkel, terdiri dari 2 bengkel level 1 dan 3 bengkel level 2. Penambahan ini semakin memperluas layanan Vinfast di Indonesia.
Klasifikasi ditentukan berdasarkan keahlian, guna memastikan pengguna Vinfast di Indonesia menyesuaikan kebutuhannya. Bengkel level 1 berwewenang untuk menyediakan layanan utama seperti perawatan, perbaikan dasar, penanganan garansi, pembaruan software, serta pemeriksaan diagnostik. Sementara bengkel level 2 kurang lebih sama, namun ditambah dengan layanan garansi dasar.
Vinfast kini memiliki jaringan nasional yang mencakup total 181 bengkel resmi, terdiri dari 69 bengkel level 1 dan 112 bengkel level 2.
Seluruh bengkel resmi harus memenuhi standar ketat terkait fasilitas, peralatan, dan kualifikasi teknisi. Para mitra juga akan menyediakan layanan suku cadang resmi, guna memberikan kemudahan dan ketenangan pikiran bagi pemilik kendaraan Vinfast. Dalam kerja sama ini, Vinfast akan aktif mendukung pelatihan personel serta menyediakan konsultasi teknis agar para mitra dapat mempercepat perluasan jaringan bengkel resmi, seiring dengan bertambahnya lini produk Vinfast dan peningkatan jumlah kendaraan di tanah air.
Chrisdavin Teng, Direktur Warna Warni Ban, mengatakan, “Kami sangat bangga menjadi penyedia layanan resmi untuk kendaraan listrik VinFast di Indonesia. Kami percaya pada potensi pertumbuhan VinFast di Asia Tenggara. Bersama VinFast, kami berkomitmen memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen serta mendorong pertumbuhan pasar kendaraan listrik yang terus berkembang.”
Kariyanto Hardjosoemarto, CEO Vinfast Indonesia, mengatakan, “Perluasan jaringan bengkel yang terus kami lakukan ini merupakan bentuk penegasan komitmen VinFast yang kuat dan konsisten dalam menyediakan layanan purna jual yang lengkap, nyaman, dan berkualitas tinggi. Strategi ini tidak hanya membantu memperluas jangkauan pelanggan, tetapi juga mengoptimalkan efisiensi operasional dalam upaya ekspansi kami di Indonesia.”
Vinfast terus memperkuat jaringan layanan purna jual seiring berkembangnya portofolio produk di pasar Indonesia. Dalam kurun waktu lebih dari satu tahun sejak memasuki pasar, VinFast telah menghadirkan berbagai model kendaraan listrik di segmen populer, mulai dari VF 3, VF 5, VF 6, VF e34, hingga yang terbaru VF 7.
Seluruh model ini didukung oleh kebijakan penjualan dan purna jual yang sangat menarik, seperti layanan pembiayaan dengan bunga 0% dan pengisian daya gratis di stasiun V-GREEN. Selain itu, VinFast juga terus memperkuat kolaborasi dengan mitra dealer dan perbankan agar semakin banyak masyarakat yang dapat mengakses, memiliki, dan menggunakan transportasi ramah lingkungan.