LOADING

Type to search

Xpander Effect : Setahun Dan Masih Laris Manis

Team Kendara 10 August 2018
Share

Kendara – Pertengahan 2017 silam Mitsubishi menggemparkan industri otomotif tanah air dengan mengeluarkan Mitsubishi Xpander. Dengan embel-embel “Next Generation MPV” Mitsubishi berhasil mencetak sebuah standar kualitas MPV di Indonesia yang tidak hanya memberikan kenyamanan berkendara dan kenyamanan penumpang, tetapi juga berhasil memberikan komposisi terbaik sebagai MPV dengan value for money yang sangat baik. Tidak hanya itu, bahasa desain dynamic shield dari mobil ini membuat semua MPV dikelas ini terlihat kuno dan mengharuskan pesaing untuk merombak penampilannya. Tidak hanya itu, mobil ini juga mendapat respons yang sangat positif di mata konsumen sehingga secara viral mobil ini sangat laku dan antrian inden pun mengular sehingga produksi dari mobil ini dipaksa untuk cepat dengan harapan untuk mengurangi inden. Tak ayal jika mobil ini juga masih menjadi bintang diantara pesaing mereka yang memberikan promosi yang menarik, bahkan inden dari mobil ini juga masih berkisar 2 bulanan mengingat dalam sebulan Mitsubishi hanya mampu memproduksi maksimal 10 ribu unit dalam sebulan.

Jujur saja, sejak 2009 Mitsubishi sangat bergantung dengan Pajero Sport sebagai tulang punggung penjualan Mitsubishi untuk kendaraan penumpang, memang mereka juga mengeluarkan Outlander Sport, Mirage dan Delica namun ketiga mobil tersebut belum mampu memposisikan mitsubishi sebagai salah satu produsen kendaraan penumpang terlaris di Indonesia setelah Kuda dihentikan produksi nya sejak 2005. Namun, pada 2016 Mitsubishi akhirnya merilis XM Concept yang diklaim sebagai MPV Sejuta umat menurut mereka pada waktu tersebut. XM Concept tersebut walaupun hanya sebuah konsep dan bagi kami bak sebuah kucing di dalam karung, nyatanya mobil tersebut sudah dikembangkan sejak 2013 silam dan mereka melakukan riset secara door to door untuk mengetahui permintaan konsumen terhadap MPV dan juga keinginan mereka akan sebuah MPV dengan komposisi terbaik. Riset tersebut akhirnya membentuk sebuah XM Concept lalu dilanjutkan dengan Mitsubishi Xpander sebagai versi massal dari XM Concept. Mobil tersebut benar-benar membuktikan keinginan konsumen terhadap LMPV yang tidak hanya sebagai mobil MPV saja tetapi juga Mitsubishi memberikan manfaat lebih berkat gaya layaknya seperti sebuah crossover. Bagi Mitsubishi Xpander rasanya menjadi sebuah momentum kebangkitan mereka di industri otomotif tanah air.

Tons of Real Happiness merupakan salah satu bagian dari kampanye digital Mitsubishi Xpander untuk menyasari ke keluarga muda

Tidak hanya memberikan komposisi MPV terbaik, Mitsubishi juga memberikan strategi yang sangat tepat dimana setiap konsumen yang membeli Xpander, mereka berhak atas layanan after sales terbaik dengan gratis servis baik jasa maupun suku cadang hingga 50 ribu KM yang dimana program tersebut sangat bermanfaat sekali karena dengan adanya servis gratis, biaya operasional dari mobil ini akan sangat efisien. Pasca kehadiran Xpander, salah satu kompetitor mereka yang berasal dari Jepang pun merilis generasi baru mereka setelah sepuluh tahun kehadirannya di Indonesia. Akan tetapi, dengan adanya mobil tersebut untuk memecah belah persaingan di kelas ini masih sulit, hal tersebut bisa dilihat dengan masih kuatnya animo konsumen terhadap Mitsubishi Xpander di Indonesia bahkan orang yang beralih ke pesaingnya dengan fitur yang lebih lengkap pun juga sedikit. Keberhasilan Xpander merajai LMPV di Indonesia saat ini tidak serta merta membuat Mitsubishi sombong, pasalnya keberhasilan tersebut juga menjadi tantangan mereka untuk bisa mendekati banyak konsumen yang ingin membeli mobil tersebut. Walaupun sukses dengan metode yang “Viral” Mitsubishi juga tetap melakukan kampanye digital di media sosial sebagai bagian dari engagment merek untuk menyasari keluarga kaum millenials yang menjadi salah satu pasar dari mereka. Setahun sudah Xpander beredar disini dan mobil ini juga masih belum kehilangan supremasinya. Rasanya Mitsubishi sedang meracik Xpander dalam paket yang lebih segar, jika Xpander dipasang mesin turbo dengan kode 4B40 rasanya menarik. Well, untuk Mitsubishi rasanya mereka akan menjadi sebuah unicorn di dalam persaingan otomotif di Tanah Air.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *