Sumber: Dok Honda Prospect Motor

Baru Saja Meluncur, Honda HR-V RS e:HEV Sudah diajak Menjelajah


New Honda HR-V RS e:HEV, SUV Berteknologi Intelligent Hybrid yang Efisien dan Bertenaga

KENDARA.ID – PT. Honda Prospect Motor mengajak rekan-rekan media untuk menjelajahi  bagian Barat Pulau jawa menggunakan New Honda HR-V RS e:HEV, perjalanan sejauh 325 km dengan melintasi rute Jakarta –  Anyer – Pandeglang – Jakarta ini berlangsung selama dua hari. Model ikonik dari merek otomotif berlogo H ini hadir sebagai trendsetter di segmen Compact SUV-Hybrid, dengan menyatukan desain stylish, kenyamanan dalam berkendara, dan teknologi elektrifikasi yang efisien dan intuitif.

Kendara.id

e:HEV

Honda HR-V RS e:HEV dibekali tekonologi strong hybrid e:HEV, dengan mengandalkan motor listrik sebagai penggerak utama dan di dukung oleh mesin bensin. Sistem ini terdiri dari mesin Atkinson 1.5L DOHC i-VTEC yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 106 PS dan 127 Nm, dua motor listrik dengan output 131 PS dan torsi 253 Nm yang disalurkan melalui transmisi e-CVT ke roda depan.

Kalian para pengendara juga dapat merasakan transisi antara EV Drive, Hybrid Drive, dan Engine Drive yang berlangsung secara otomatis tanpa perlu memilih secara manual. Menciptakan pengalaman berkendara yang halus, responsif, efisien, dan fun to drive.

Hari Pertama, Rute Perkotaan – Tol – Jalan Pantai

Sumber: Dok Honda Prospect Motor

Etape 1: Jakarta – Rest Area KM 43 (±50 km)

Kami memulai perjalanan dari Hallf Patiunus, Jakarta, menuju Rest Area KM 43 Tol Tangerang – Merak. Lalu lintas yang padat di dalam kota dan jalan tol turut melengkapi Etape ini, namun kami masih bisa jalan dengan kecepatan menengah.

Di kondisi Stop & Go, sistem hybrid secara dominan mengaktifkan EV Drive dan Hybrid Drive untuk menggerakkan mobil sepenuhnya dengan motor listrik, tanpa suara mesin, menciptakan sensasi berkendara yang senyap dan bebas emisi.

Mode berkendara secara otomatis berpindah ke Engine Drive pada saat kecepatan mulai stabil di jalan tol, dimana mesin bensin turut mengambil peran untuk menggerakkan roda, hal ini memberikan efisiensi maksimal di kecepatan tinggi.

Selama etape ini, kami mengamati pengendalian yang ringan namun stabil, serta respons akselerasi yang cepat berkat torsi instan dari motor listrik.

Etape 2: Rest Area KM 43 (±76 km)

Kami melanjutkan perjalanan ke Kawasan Anyer dengan kondisi jalan tol terbuka dan dilanjutkan dengan jalan pantai yang lebih dinamis. Di jalur ini, kami merasakan bagaimana sistem e:HEV beradaptasi dengan perubahan kontur jalan diikuti gaya berkendara. Tim kami yang diwakilkan oleh Rayshanto Rafi, mendapat kesempatan mengendarai New Honda HR-V RS e:HEV dan mendapat konsumsi BBM sebanyak 29,4 km/Liter.

Hari Kedua: Rute Perbukitan – Jalan Sempit – Tol Panjang

Sumber: Dok Honda Prospect Motor

Etape 3: Anyer – Tahura Pandeglang (±40 km)

Kami melewati medan yang menanjak dan berkelok pada saat menuju Taman Hutan Raya Pandeglang, torsi instan pada motor listrik yang tersemat di New Honda HR-V e:HEV ini memberikan akselerasi spontan. Ketika bertemu dengan medan turunan, mobil ini sangat terbantu dengan fitur Deceleration Paddle Selector untuk mengatur Regenerative Braking sebagai pengganti engine brake sekaligus mengisi ulang baterai.

Etape 4: Tahura Pandeglang – Kapulso Café (±40 km)

Rute ini menantang kami dan rekan media lainnya untuk melintasi jalan sempit yang arahnya berubah-ubah, sehingga banyak sekali penyesuaian yang kami lakukan untuk mengatur kecepatan. Namun, situasi seperti ini merupakan sebuah momentum ideal untuk mengeksplorasi fitur Honda SENSING yang terdiri dari:

– Lane Keeping Assist System (LKAS) : Menjaga mobil tetap berada di jalur.
– Lead Car Departure Notification System : Pengingat  saat kendaraan di depan bergerak.
– Road Departure Mitigation : Berfungsi mencegah mobil dari potensi tabrakan.

Etape 5: Kapulso Café – Kantor Pusat HPM, Jakarta (±141 km)

Menjadi destinasi terakhir kami untuk kembali ke Ibukota, melalui jalan tol. Rute kali ini menjadi momentum untuk mengevaluasi performa dan efisiensi bahan bakar di kecepeatan konstan. Dengan kapasitas tangki 40 liter, kami mendapat rata-rata konsumsi bbm sebesar 25-26 km/l. Menghasilkan estimasi jarak tempuh hingga 1.000 km setelah mengisi penuh.

Kesimpulan

Uji coba ini sekaligus menjadi ajang pembuktian Honda atas SUV Hybrid yang efisien, cerdas, intuitif, dan fun to drive yang dinamai Honda HR-V e:HEV. Perjalanan yang menerjang lalu lintas kota, jalan menanjak, hingga melewati jalan tol ini bisa dilalui dengan tenang dan stabil dengan mobil ini. 

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.