All New Honda BR-V Diluncurkan, Ini Tipe & Fiturnya!

SUV 7-seater Honda ini mendobrak pasar dengan tampilan fresh dan fitur lengkap.

KENDARA.ID – 21 September 2021 ini, Honda resmi meluncurkan All New Honda BR-V di Indonesia, pertama kalinya di dunia. Seperti sebelumnya, Honda memusatkan pengembangan mobil ini untuk pasar Indonesia yang merupakan pasar terbesar di Asia Tenggara untuk mobil 7-seater dengan harga terjangkau. Mobil ini siap menghadang rivalnya di kelas LSUV seperti Toyota Rush-Daihatsu Terios, Mitsubishi Xpander Cross, dan Suzuki XL7, dan akan mempengaruhi juga kelas LMPV biasa yang diisi Avanza, Xenia, Ertiga, Xpander, Livina, hingga Confero.

Bila kita telusuri sejarahnya, Honda BR-V pertama kali ditampilkan di Indonesia di ajang GIIAS 2015 dalam wujud prototype, kemudian baru mulai dipasarkan mulai Januari 2016. Mobil tersebut kala itu menggunakan basis Honda Mobilio, dengan desain eksterior yang diubah pada bagian depan dan belakang, ground clearance lebih tinggi dan dilengkapi body kit plastik khas SUV di sekujur tubuhnya, namun dengan proporsi rendah ala Mobilio.


BR-V menuai sukses di tahun pertamanya dengan penjualan tembus 38 ribu unit. Namun kesuksesan tersebut tak bertahan lama sejak kemunculan Mitsubishi Xpander pada Agustus 2017. BR-V dengan cepat ditinggalkan pembeli. Buktinya, pada 2019, mobil tersebut hanya terjual 4 ribu unit saja. Honda pun kehilangan mesin pencetak uang di kelas LSUV.

Angin segar muncul ketika Honda memperkenalkan Honda N7X Concept pada Mei 2021 lalu. Berwujud SUV 7-seater untuk pasar Indonesia, mobil konsep tersebut menampilkan cikal bakal desain BR-V generasi kedua.

Bentuknya tak berbeda dengan N7X Concept yang ditampilkan kemarin, hanya saja ada ubahan minor yaitu pada pelek serta DRL bagian bawah yang absen di versi produksi. Ubahan lain ada pada garis chrome jendela samping dan garnish silver di bawah samping yang menghilang, ketiadaan lip spoiler belakang, bumper belakang yang lebih simpel, dan bagasi belakang yang mendapat ‘garis’ tambahan di bagian atas plat nomor. Sisanya sama dengan versi mobil konsepnya.

Selain dimensinya lebih besar dan tinggi dibanding pendahulunya, desainnya juga lebih rapi. Tak ada lagi lekukan-lekukan bodi yang ‘kontroversial’ dari BR-V lama, desain keseluruhan lebih proporsional. Bagian depan masih mempertahankan desain Solid Wing Face dengan gril yang cukup besar beserta sejumlah bilah chrome. Sementara, bagian belakang ada elemen dari BR-V lama yaitu tempat plat nomor yang berada di bagian bawah. Ground clearance-nya juga cukup tinggi, yakni 220 mm.

Desain interiornya sekilas mirip CR-V, namun sebenarnya dashboard mobil ini diambil dari sedan Honda Amaze dan dijadikan warna hitam. Sentuhan premium cukup terasa dengan adanya lapisan kulit yang dikombinasikan dengan panel glossy black, antara lain di dashboard dan door trim. Armrest tengah juga tersedia dan dilapis dengan kulit plus jahitan. Untuk fitur kenyamanan, tersedia power outlet untuk baris kedua dan ketiga, armrest baris depan dan baris kedua, reminder seatbelt baris depan, dan 8 cup holder.

Ada beberapa tipe yang tersedia, antara lain S M/T, E M/T, E CVT, Prestige CVT serta Prestige Honda Sensing CVT. Berikut adalah fitur yang tersedia di masing-masing tipe BR-V.

BR-V S M/T

LED Headlamp with LED Daytime Running Light, sistem audio video dengan touchscreen 7” yang telah dilengkapi Smartphone Connection, 1st Row Accessories Power Outlet, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), Side Airbags dan Parking Sensor.

Varian ini juga menawarkan berbagai fitur yang sudah ada sebelumnya seperti Power Retractable Mirror, ECO Indicator, Digital A/C, G-CON + ACETM with Side Impact Beam, Dual Front SRS Airbags, Driver Seatbelt Reminder, ABS + EBD, ISOFIX + Tether, Keyless Entry, Immobilizer, Alarm System, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt.

BR-V E CVT & M/T

Tipe ini mendapat seluruh fitur dari BR-V S M/T dengan tambahan LED foglight dan juga beberapa fitur baru termasuk Smart Entry System, Walk-Away Auto Lock, TFT Meter, 1st Row Armrest Console, 2nd Row Accessories Power Outlet, Seatbelt Adjuster, 16” Alloy Wheels Design, Rear A/C Double Blower dan Remote Engine Start yang tersedia khusus transmisi CVT.

BR-V Prestige CVT

Tipe ini mendapat seluruh fitur dari Honda BR-V E (CVT & M/T), ditambah dengan fitur-fitur baru termasuk Auto Foldable Side Door Mirror with LED Turning Signal, 17” Alloy Wheel, 2nd Row Armrest Console, dan 3rd Row Accessories Power Outlet serta  Front Passenger Seatbelt Reminder. Penggunaan lapisan berbahan kulit pada All New Honda BR-V juga telah ditambahkan di dalam kabin, termasuk pada sandaran tangan dan sisi pintu serta panel dashboard.

BR-V Prestige CVT with Honda SENSING

Tipe ini mendapat seluruh fitur dari BR-V Prestige CVT, ditambah dengan fitur Honda SENSING. Fitur keselamatan tersebut mencakup Adaptive Cruise Control, Lead Car Departure Notification System, Collision Mitigation Brake System, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation, dan Auto-High Beam. Tipe ini dilengkapi juga dengan Honda LaneWatch, TFT Meter yang menampilkan informasi terkait Honda SENSING serta sistem audio video dengan touchscreen 7” yang dilengkapi berbagai fungsi, antara lain Smartphone Connection dan juga dilengkapi Hands-Free Telephone.

Honda BR-V generasi kedua ini hadir dengan 5 pilihan warna yang seluruhnya merupakan warna monokrom, antara lain Premium Opal White Pearl, Taffeta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, dan Crystal Black Pearl.

HPM menargetkan All New BR-V akan terjual 40 ribu unit di 2022. All New BR-V juga direncanakan untuk pasar ekspor dengan negara tujuan 30 negara, seperti negara-negara di kawasan Asia dan Latin Amerika. Targetnya, Honda akan mengekspor 11 ribu unit BR-V ke kawasan tersebut.

Mampukah BR-V kembali jadi bintang di kelasnya?