All New Honda BR-V & HR-V Raih Rating 5 Bintang Pada Uji Tabrak ASEAN NCAP!

Dua SUV Honda yang populer di Indonesia ini dinyatakan aman dengan mendapatkan rating 5 bintang pada crash test standar Asia Tenggara ini.

KENDARA.ID – Honda BR-V dan Honda HR-V merupakan dua model SUV Honda yang cukup laris di pasar Indonesia, dengan keunggulan berupa kenyamanan, keamanan serta fitur safety yang lengkap. Bicara soal safety, kedua model Honda tersebut telah melakukan serangkaian uji tabrak atau yang lebih dikenal sebagai crash test pada kedua mobil ini.

Nah, untuk uji tabrak ini dijalankan oleh lembaga program penilaian mobil baru di Asia Tenggara yang bernama ASEAN NCAP (New Car Assessment Program for Southeast Asia). Program ini sendiri merupakan kolaborasi antara ASEAN NCAP dan Japan Automobile Research Institute, yang bertujuan untuk mengevaluasi standar keselamatan kendaraan, meningkatkan kesadaran konsumen, dan mendorong pasar agar memilih mobil yang lebih aman di kawasan ASEAN.

Pada uji tabrak yang dijalankan pada kedua model tersebut, dilakukan pengetesan tabrak yang meliputi bagian depan, samping, Adult Occupant Protection, Child Occupant Protection, Safety Assist Technologies dan Motorcyclist Safety.

Setelah melewati serangkaian tes uji tabrak dari bagian depan dan juga samping serta pengujian fitur-fitur keselamatan, All New HR-V meraih skor 81,38 dari 100, sehingga menerima rating bintang lima. SUV tersebut mendapatkan skor 28,00/32 untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP), skor 45,31/51 untuk Child Occupant Protection (COP), skor 19,50/21 untuk Safety Assist Technologies (SATs) serta 8,00/16 pada aspek Motorcyclist Safety (MS).

Sementara, All New BR-V meraih skor 77.02 dari 100 dengan rincian skor 26,98/32 untuk kategori Adult Occupant Protection (AOP), 44,53/51 untuk Child Occupant Protection (COP), skor 16,50/21 untuk Safety Assist Technologies (SATs) dan 8,10/16 untuk Motorcyclist Safety (MS).

Kedua mobil ini dapat menerima rating 5 bintang, karena sudah memenuhi syarat 5 bintang yang disyaratkan ASEAN NCAP yaitu 6 airbag dan fitur keselamatan aktif berupa Honda Sensing. Selain itu, BR-V dan HR-V juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan lainnya seperti Honda LaneWatch, Front Passenger & Rear Seat Belt Reminder, serta Rear Seat Reminder.