All New Isuzu MU-X dan D-Max Masuk Indonesia Tahun Ini, Panther Discontinue

Ditampilkan teasernya oleh Isuzu Indonesia, dua bersaudara ini akan meramaikan pasar Indonesia di 2021.

KENDARA.ID – Pihak Isuzu Indonesia telah mengumumkan bakal merilis dua produk all-new di tahun 2021, yaitu MU-X dan D-Max generasi terbaru. Hal ini diungkapkan oleh Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) melalui gambar siluet teaser yang ditunjukkan di tengah konferensi pers belum lama ini. Seperti kita ketahui, Isuzu D-Max generasi baru dirilis pertama kali di dunia di Thailand pada Oktober 2019, sedangkan MU-X satu tahun kemudian di Oktober 2020.

Kedua mobil ini dibekali platform ladder frame terbaru Isuzu bernama Isuzu Symmetric Mobility Platform, yang diklaim lebih nyaman dan aman dibanding platform sebelumnya. Di pasar luar, kedua mobil tersebut dibekali dua pilihan mesin diesel, yakni 1.900 cc VGS Ddi BluePower dengan tenaga 150 PS dan torsi 350 Nm, serta 3.000 cc VGS Ddi bertenaga 190 PS dan torsi 450 Nm, dengan pilihan transmisi 6-speed otomatis dan 6-speed manual.

Karena peraturan pajak mesin diesel di Indonesia yang membebani PPnBM 125 persen untuk mesin diesel lebih besar dari 2.500 cc yang masih terus berlaku hingga 15 Oktober 2021, diperkirakan mesin 1.900 cc yang akan masuk kesini.

Di kesempatan tersebut, Isuzu Indonesia juga mengumumkan berakhirnya penjualan Isuzu Panther, setelah 433.117 unit terjual di seluruh Indonesia sejak 1991. Mobil tersebut, baik versi pickup dan MPV, telah dihentikan produksinya sejak Maret 2020. Pihak Isuzu menyatakan tidak akan ada pengganti Panther, dan mereka akan fokus ke kendaraan komersial plus Isuzu MU-X. Penghentian produksi MPV legendaris tersebut juga terkait peraturan pemerintah yang mewajibkan mobil bermesin diesel yang dipasarkan di dalam negeri, harus memenuhi standar emisi Euro 4 per 7 April 2021.

Nah, apa saja yang menarik dari all new MU-X dan D-Max? Mari kita bahas.

Isuzu MU-X

Isuzu MU-X baru hadir dengan berbagai ubahan dari segi desain dan fitur. Tampilan eksteriornya walaupun lebih terkesan konvensional dan mengotak dibanding ‘sleek’ seperti Fortuner-Pajero Sport, kesan modern masih terasa dengan lampu depan full LED yang sipit dan jendela samping yang ramping.

Kesan mewah ditonjolkan di interior dengan penggunaan jok kulit oranye, gold finish di dashboard dan doortrim, serta soft touch di beragam tempat. Satu hal yang menarik, MU-X ini sudah dilengkapi electric parking brake dengan auto hold.


Beberapa fitur lain yang menarik adalah remote engine start yang memungkinkan pengguna buat menyalakan mesin mobil dari luar, ambient light di panel doortrim, colokan listrik rumahan 230V, 8 speaker termasuk 2 di plafon yang disebut dengan Live Surround Sound “Sky Sound”, power tailgate, climate control dual zone, head unit 9 inci dengan Apple CarPlay dan Android Auto, voice recognition. Sayangnya, MU-X tidak dilengkapi sunroof layaknya Mitsubishi Pajero Sport.

Fitur safety MU-X tergolong lengkap, misalnya 6 airbag, VSC, HSA, hill descent control, blind spot monitoring, rear cross traffic alert, automatic high beam, adaptive cruise control dengan fungsi stop & go, forward collision waring, lane keep assist, autonomous emergency braking, dan masih banyak lagi.

Siap tantang Fortuner dan Pajero Sport?

Isuzu D-Max

Isuzu D-Max generasi ketiga resmi diluncurkan untuk pertama kalinya di dunia di Thailand pada Oktober 2019. Menggunakan platform yang benar-benar baru, D-Max berubah total dari luar sampai dalam. Kelengkapan fitur maupun aspek safety turut diupgrade pada mobil terlaris kedua di Thailand ini.

Sementara, pickup yang menjadi mobil terlaris ini baru saja dipermak total pada 2019 lalu. Mobil ini membawa perubahan mulai dari desain, safety sampai ke sasisnya. Platform pickup rival Toyota Hilux dan Mitsubishi Triton ini juga telah dipakai Mazda untuk membuat Mazda BT-50 generasi ketiga.

Selain tampilan, sejumlah fitur juga turut melengkapi D-Max seperti foglamp LED, remote engine start, walk away auto lock, jok elektrik, AC untuk baris kedua, head unit 9 inci dengan Apple CarPlay/Android Auto, blind spot monitoring, rear cross traffic alert, 6 airbag, dan electronic rear differential lock. Dengan fitur safety bejibun, terbukti D-Max menjadi pickup pertama yang meraih rating bintang lima di pengetesan Euro NCAP. Tak hanya itu, pickup ini juga menggondol bintang lima di pengetesan Australasia NCAP (ANCAP) dan ASEAN NCAP, rating yang sama juga diberikan pada MU-X yang punya struktur yang sama.

Di pasar mancanegara, D-Max ditawarkan dalam tiga tipe bodi yaitu single cab, space cab dan double cab. Di Thailand, ada beberapa tipe seperti Spark yang paling basic, hingga V-Cross yang paling mahal dengan body kit lengkap.

Mampukah kedua mobil ini membawa Isuzu di Indonesia kembali ke masa jaya?