Mazda CX-5 Next Gen Bakalan RWD, Mesin 6 Silinder?

KENDARA.ID – Beredar kabar dari Jepang, Mazda akan beralih ke platform RWD (penggerak belakang) untuk mobil terlarisnya, Mazda CX-5, sama dengan Mazda6 next-gen. Alasannya? Menurut website Jepang BestCarWeb, Mazda ingin menaikkan kelasnya mendekati kelas luxury yang dihuni Lexus, Infiniti, Acura, atau bahkan BMW, Mercedes-Benz dan Audi.

Di kancah global, platform RWD kerap digunakan untuk menegaskan status sebagai mobil kelas premium, misalnya Genesis dan Kia Stinger yang berbasis RWD untuk membedakannya dengan Hyundai-Kia, atau Toyota Crown dan Mark X yang menegaskan posisinya diatas Camry.


Tak hanya itu, demi naik kelas, Mazda juga mengembangkan mesin bensin 3.0 L 6 silinder dengan teknologi SKYACTIV-X dipadukan dengan mild hybrid 48V yang diperkirakan bertenaga hingga 350 hp, serta diesel 3.3 L 6 silinder untuk CX-5 dan Mazda6. Kabarnya, CX-5 generasi baru akan dirilis 2023, setelah Mazda6 generasi baru di 2022 dengan platform dan mesin yang sama.

Satu hal yang jelas, harga Mazda akan semakin mahal dengan platform RWD ini. Bagaimana menurut anda, mampukah Mazda mendekat ke kelas luxury?