Nissan March Facelift Rilis Di Meksiko, Belum Ganti Generasi…

Masih laris manis, March K13 yang dijual dari 2010 ini terus lanjut produksi di Meksiko, kini dengan penyegaran.

KENDARA.ID – Nissan March generasi keempat (K13) sempat tenar di Indonesia saat masa jaya Nissan. Menjadi March pertama dan terakhir yang masuk Indonesia, generasi K13 ini menawarkan fitur lengkap di saat pasar city car saat itu cenderung mengabaikan aspek fitur. Popularitasnya kemudian merosot seiring dengan adanya LCGC serta hilangnya masa kejayaan Nissan, dan akhirnya disuntik mati di Indonesia pada 2019.

Generasi kelima March (atau Micra di beberapa negara) sudah dirilis di Eropa pada 2016, menyandang kode K14. Walaupun begitu, produksi March K13 terus berlanjut di berbagai belahan dunia, misalnya Thailand, Brazil dan Meksiko.

Biarpun sudah 10 tahun sejak kemunculannya, March masih sangat populer di Meksiko. Kuatnya brand Nissan disana membuat March masih berdiri sebagai mobil terlaris ketiga di negara tersebut, dengan penjualan 38 ribu unit pada 2020. Makanya, Nissan masih mau lanjut jualan March K13 disana dengan menghadirkan facelift.

Ubahan utama ada pada fascia depan. Bagian kap mesin, bumper dan lampu dirombak total untuk menghadirkan bahasa desain Nissan kekinian yakni V-Motion. Lampu membulat khas March digantikan oleh lampu yang berbentuk lebih sleek, walaupun tanpa teknologi projector atau LED.

Di bagian samping, ubahan ada pada pelek yang desainnya kekinian mirip kepunyaan saudaranya, Nissan Versa, serta atap dual tone yang diduga kuat untuk menyembunyikan bentuk bodinya yang masih membulat. Di belakang ada revisi pada desain lampu dan bumper. Yup, bagian samping dan belakang tidak bisa menyembunyikan statusnya sebagai March lama yang masih membulat.

Ubahan pada interior cukup minimalis dengan penambahan frame di sekeliling head unit serta panel ala carbon fiber di sekitar tombol AC. Fitur yang tersedia masih seperti sebelumnya, seperti 6 airbag, climate control, smart key, kamera mundur, serta Apple CarPlay dan Android Auto.

Mesin yang digunakan juga tidak berubah. Di Meksiko, March menggunakan mesin 1.600 cc bertenaga 106 hp dan torsi 142 Nm. March facelift disana baru mulai pre-order hingga tanggal 17 Februari, dengan harga mulai 219.900 peso hingga 304.900 peso (Rp 150-208 jutaan).