Seriusi Pasar MPV, Hyundai Perkenalkan Hyundai Custo Rival Honda Odyssey

Setelah Staria, pabrikan Korea Selatan ini meluncurkan MPV baru bernama Custo. MPV besar dengan pintu geser ini ditenagai mesin 1.5 turbo dan 2.0 turbo.

KENDARA.ID – Hyundai Custo menjadi MPV kedua yang dipasarkan Hyundai saat ini setelah Staria. Diperkenalkan di China, mobil ini akan diproduksi oleh perusahaan patungan Beijing Hyundai di Beijing, China. Nama mobil ini terinspirasi dari Jacques Yves Cousteau, seorang penjelajah dan peneliti laut asal Prancis.

Custo dikembangkan khusus untuk pasar China sebagai rival Honda Odyssey dan Elysion. Dalam pengembangannya, Custo menggunakan platform yang serupa dengan Kia Carnival generasi keempat. Hanya saja, dimensinya lebih kecil dari Carnival dengan panjang 4.950 mm dan lebar 1.850 mm. Dimensi tersebut hampir persis dengan dimensi Toyota Alphard, hanya saja Custo lebih rendah dengan tinggi 1.734 mm. Sementara, wheelbase-nya 3.055 mm untuk mengakomodir pintu geser dan menjamin kelegaan kabin.

Untuk desain eksterior, khas Hyundai kekinian. Pada bagian depan, Custo terlihat familiar dengan fascia serupa dengan Tucson terbaru. Lampu depan dengan gril berada dalam satu frame, dikombinasikan dengan DRL berjumlah enam bagian yang menyatu dengan gril. Sementara, bagian belakangnya terlihat ciamik dengan lampu LED menyambung dari kiri ke kanan, beserta tulisan ‘Hyundai’ yang menggantikan logo H miring. Untuk memberi kesan clean pada lampu belakang, lampu mundur diletakkan di bagian bawah.

Interior mobil ini tak kalah menawan, bahkan merupakan daya tarik utama bagi mobil ini. Desain dashboard Custo didesain dengan konsep futuristis dan minimalis, dengan head unit vertikal berukuran 10,4 inci yang menjadi bagian paling mendominasi. Seperti Hyundai lainnya di era 2019 keatas, Custo dilengkapi juga dengan tuas transmisi model tombol, dan juga panel instrumen digital. Jok baris keduanya bermodelkan captain seat dengan sandaran kaki beserta headrest besar yang dapat menopang kepala lebih erat karena dilengkapi bantalan di bagian kanan dan kiri. Custo juga dilengkapi panoramic roof untuk bagian belakang serta sunroof biasa untuk bagian depan.

Ada dua pilihan mesin untuk Custo di pasar China, yaitu mesin 1.500 cc turbo berkode G4FS. Mesin yang ditujukan untuk mobil Hyundai segmen medium ke large ini memiliki tenaga maksimum 170 hp dan torsi 253 Nm. Kurang kencang? Tersedia juga mesin 2.000 cc turbo berkode G4NN dengan tenaga 236 hp dan 353 Nm. Keduanya dipasangkan dengan transmisi 8-speed otomatis dan penggerak roda depan (FWD).

Sayangnya, dikabarkan Custo hanya akan diproduksi di China dengan setir kiri, mengingat statusnya sebagai mobil khusus Negeri Tirai Bambu tersebut. Untuk pasar Indonesia, kita akan mendapat Staria yang dipastikan akan dipasarkan bulan ini yang ukurannya lebih besar. Tak lupa, kita juga akan kedatangan MPV yang dirancang khusus pasar Indonesia, yaitu Hyundai Stargazer.