Hyundai Custin Rival Honda Odyssey Diluncurkan, Segera Masuk ASEAN Tahun Ini!

MPV dengan pintu geser ini baru diluncurkan di Taiwan dengan ditenagai mesin 1.5 turbo. Dimensinya sebesar Toyota Alphard, namun dengan harga lebih ekonomis.

KENDARA.ID – Hyundai resmi meluncurkan sebuah MPV baru di Taiwan dengan nama Hyundai Custin. Sebelumnya, MPV berpintu geser ini telah dipasarkan di China sejak 2021 silam. Dalam rilisnya, Hyundai Taiwan menyebutkan bahwa Custin adalah model strategis untuk wilayah Asia-Pasifik dan bakal dipasarkan juga di negara ASEAN seperti Thailand dan Vietnam tahun ini. Apakah Indonesia termasuk?

Di Taiwan, mobil ini akan bersaing head-to-head dengan Honda Odyssey dan diposisikan dibawah Hyundai Staria yang cenderung lebih premium. Apabila melihat dimensinya, panjang Custin mencapai 4.950 mm dengan lebar 1.850 mm. Angka ini hampir sama persis dengan dimensi Toyota Alphard. Namun, bedanya Custin lebih rendah dengan tinggi 1.734 mm. Kemudian, wheelbase mobil ini mencapai 3.055 mm.

Beda dengan Stargazer yang desainnya terinspirasi Staria, Custin lebih condong ke desain Tucson terbaru dengan bahasa desain Sensous Sportiness. Sekilas, desainnya mirip MPV atau minivan ala Amerika (salah satunya Kia Carnival), cenderung lebih membulat dengan atap yang rendah, tidak tinggi dan mengotak layaknya MPV khas Jepang atau MPV berbasis van komersial seperti Hyundai Staria.

Bagian depannya mirip Tucson terbaru dengan DRL yang menyatu dengan gril. Bagian belakangnya terlihat ciamik dengan lampu LED menyambung dari kiri ke kanan, beserta tulisan ‘Hyundai’ yang menggantikan logo H miring.

Interior mobil ini tak kalah menawan. Desain dashboard didominasi head unit vertikal berukuran 10,4 inci, serta dilengkapi juga dengan tuas transmisi model tombol. Jok baris keduanya adalah captain seat elektrik model VIP dengan sandaran kaki beserta headrest besar untuk tipe teratas. Custo juga dilengkapi biasa untuk bagian depan.

Urusan fitur, MPV ini telah dilengkapi fitur keselamatan aktif Hyundai Smartsense LV2 yang mencakup adaptive cruise control. Kemudian, Custin telah dilengkapi  electric park brake, electric tailgate, 2 buah wireless charging di depan dan di baris kedua, tirai jendela baris kedua, panoramic roof untuk bagian belakang serta sunroof di depan.

Di Taiwan, Custin ditenagai mesin 1.500 cc turbo bertenaga 170 hp dan torsi 253 Nm, dengan transmisi 8-speed otomatis dan penggerak FWD. Hanya satu pilihan mesin disana, tidak seperti Custo yang dipasarkan di China dengan opsi mesin lebih bertenaga yaitu 2.000 cc turbo bertenaga 236 hp dan 353 Nm.

Harga Custin di Taiwan adalah 1,33-1,47 juta dolar Taiwan atau setara dengan Rp 635-702 juta, masing-masing untuk tipe GLT-A dan GLT-B. Harga tersebut masih dibawah banderol Santa Fe Hybrid, Ioniq 5 dan Staria di negara tersebut. Baru dibuka pemesanannya, ternyata mobil ini sudah dipesan 800 unit dan mayoritas mengambil tipe teratas yaitu GLT-B.