Spy Shot: LMPV Hyundai Stargazer Sedang Dites di Korsel

Sebuah mobil misterius berwujud MPV tertangkap kamera dengan kamuflase di Korea Selatan. Inikah LMPV yang akan diluncurkan di Indonesia, yaitu Stargazer?

KENDARA.ID – Hyundai punya tiga model kunci yang akan diproduksi di pabriknya di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik yang berkapasitas 150.000 unit per tahun tersebut dikabarkan akan memproduksi SUV Creta, LMPV yang diduga bernama Stargazer, serta hatchback dan sedan yaitu Accent.

Dikabarkan, LMPV tersebut diberikan kode internal ‘KS’. Awalan ‘K’ pada kode internalnya merujuk pada model MPV. Nama Hyundai Stargazer diduga menjadi nama MPV rival Xpander, Ertiga dkk ini karena pabrikan asal Korea Selatan tersebut terpantau sudah mematenkan nama ‘Stargazer’ di berbagai negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Thailand, Filipina, Laos, Kamboja, dan Vietnam. Kabarnya, Stargazer akan dijual di Indonesia pada semester 1 2022 mendatang.

Menjelang peluncurannya tahun depan, mobil ini sudah turun ke jalanan Korea Selatan untuk dilakukan serangkaian pengetesan. Pertama kali mobil ini tertangkap kamera pada Juli 2021 lalu oleh seorang pengguna forum Korsel yaitu Ruliweb. Tampak belakang dan samping mobil misterius tersebut terlihat seperti sebuah MPV. Bentuk mobil tersebut semakin jelas dengan set foto kedua yang di-posting bulan ini di forum Korsel yaitu Bobaedream.

Dari depan, bentuk Stargazer sangat unik karena menggunakan konsep desain cab forward dengan bonnet yang pendek, kaca depan yang membentang luas, bentuk atap yang melengkung halus, serta hadirnya kaca segitiga yang besar di antara spion dan pilar A. Tak seperti rivalnya yang memilih proporsi ala SUV, Stargazer ini menggunakan proporsi murni MPV yang memaksimalkan ruang kabin.

Fascia depannya terlihat mirip Hyundai Staria dengan lampu utama yang diletakkan di bawah, dan gril dengan corak unik. Dari tarikan garis kap mesin, Stargazer diprediksi akan menggunakan lampu DRL yang serupa dengan Staria, dengan bentuk garis tipis yang melebar dari kiri ke kanan. Proporsinya yang unik makin terlihat jelas dari samping, dengan wheelbase panjang untuk memaksimalkan ruang kabin. Sementara bagian belakang lebih misterius karena tertutup kain. Tak diragukan lagi, secara desain Hyundai memilih untuk membuat Stargazer terlihat berbeda dibanding rival-rivalnya.

Mobil ini akan mengandalkan mesin 1.500 cc bensin Smartstream Gamma dengan tenaga 115 PS dan torsi 144 Nm. Mesin ini sudah digunakan pada Hyundai Creta, Kia Seltos hingga Kia Sonet. Stargazer akan mengandalkan penggerak roda depan, serta berbagi platform dengan Hyundai Creta dan sebuah Kia MPV baru untuk pasar India.


Diprediksi, Stargazer akan mengandalkan fitur melimpah sebagai senjatanya. Namun, tak serta-merta Stargazer akan memasuki pasar dengan mudah karena persaingan akan semakin ketat di kelas LMPV+LSUV. Selain Stargazer, Toyota akan merilis MPV baru di akhir 2021, begitu juga Honda dengan BR-V generasi kedua. Di 2023, Mitsubishi akan merilis Xpander generasi kedua dengan opsi mesin hybrid. Makin seru nih.