Toyota Fortuner 2.800 cc Diesel Siap Mengaspal di Tanah Air, Pajero Sport Dakar Harus Waspada

Ada sejumlah bukti bahwa Toyota akan menjual versi lebih bertenaga buat Fortuner diesel dengan mesin lebih besar di Indonesia.

KENDARA.ID – Selama ini, kekurangan Toyota Fortuner di Indonesia dibanding Mitsubishi Pajero Sport tipe Dakar yang cukup mencolok adalah pada tenaga mesinnya. Apabila mesin 2.442 cc 4N15 turbodiesel milik Pajero Sport Dakar dapat menghasilkan output tenaga 181 PS, Fortuner dengan mesin 2.393 cc 2GD-FTV turbodiesel hanya mampu menghasilkan 150 PS.

Sementara, di banyak negara, mesin andalan Fortuner adalah mesin turbodiesel 1GD-FTV berkapasitas 2.755 cc dengan tenaga 204 PS, dan torsi 500 Nm. Mesin ini baru diperbaharui pada 2020 lalu karena sebelumnya hanya memiliki output 177 PS/450 Nm.

Tampaknya, revisi struktur Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) yang akan berlaku 16 Oktober mendatang akan langsung dimanfaatkan Toyota. Apabila saat ini mesin diesel dengan kubikasi diatas 2.500 cc dikenakan pajak 125 persen, mulai bulan depan akan disesuaikan berdasarkan emisi dan konsumsi BBM mobil yang bersangkutan. Apabila Toyota Fortuner 2.8 punya emisi antara 200-250 g/km, mobil tersebut hanya dikenakan PPnBM 25 persen, sedangkan 150-200 g/km akan dikenakan 20 persen saja.

Hasilnya, pilihan mesin 2.800 cc diesel buat Fortuner jadi sangat masuk akal di Indonesia. Terbukti dari dokumen Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 40 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 1 Tahun 2021 Tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, nama Fortuner 2.8 VRZ 4×2 dan Fortuner 2.8 VRZ 4×4 sudah terdaftar disana dengan nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) selisih Rp 12-21 jutaan dibanding tipe VRZ bermesin 2.400 cc.

Selain itu, bukti lain bisa ditemukan di Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual, dimana Toyota Astra Motor mematenkan desain industri berupa emblem 2.8. Emblem eksklusif ini akan terpasang untuk menandakan varian 2.800 cc dengan varian 2.400 cc.

Menurut informasi yang kami terima, Fortuner 2.8 yang nantinya masuk Indonesia akan memenuhi standar emisi Euro 4 yang diwajibkan untuk mobil diesel mulai 2022. Untuk pasar Indonesia, dikabarkan Fortuner 2.8 akan dilengkapi fitur idling start stop system untuk menurunkan tingkat emisi. Prediksinya, Fortuner diesel paling bertenaga ini bakal dirilis akhir tahun atau awal 2022 dengan model eksterior serupa dengan Fortuner VRZ.

Tertarik?