All New Avanza-Xenia FWD Terdaftar di Permendagri, Ada Tipe Veloz Q & Toyota Safety Sense!

Hanya dalam hitungan bulan, kita sudah dapat menyaksikan generasi ketiga Avanza-Xenia. Tak hanya penggeraknya yang berubah jadi FWD, berbagai fitur canggih juga akan dihadirkan.

KENDARA.ID – Salah satu peluncuran mobil paling hot di 2021 akan jatuh pada All New Toyota Avanza dan All New Daihatsu Xenia, yang kabarnya bakalan dirilis di akhir tahun ini. Namun, informasi yang beredar mengenai MPV kembar tersebut saat ini belum banyak dan bikin penasaran. Nah, kali ini ada bocoran tipe Avanza-Xenia 2021 yang asalnya dari dokumen pemerintah.

Dokumen yang dimaksud adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 40 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 1 Tahun 2021 Tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Dokumen tersebut menampilkan daftar kendaraan bermotor yang dipasarkan di Indonesia beserta Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) dan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) dalam rupiah yang keduanya akan digunakan untuk kalkulasi pajak, baik PPnBM maupun PKB.

Daftar tersebut memunculkan beberapa mobil yang saat ini belum dipasarkan, diantaranya adalah All New Toyota Avanza dan All New Daihatsu Xenia. Menurut rumor yang berhembus sebelumnya, kedua mobil ini bakal meninggalkan format penggerak RWD menjadi FWD dengan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dan dengan opsi transmisi CVT.

Dari dokumen Permendagri tersebut, All New Avanza-Xenia ini tidak disebut dengan gamblang, namun disamarkan dengan kode-kode internal. Penyamaran dengan kode model ini juga dilakukan pada Raize dan Rocky sebelum peluncurannya. Kode-kode ini nantinya akan tertulis di STNK masing-masing mobil. Namun, melihat model-model misterius di dokumen Permendagri ini tertulis menggunakan mesin 1.3 dan 1.5, hampir dipastikan berikut ini adalah tipe-tipe All New Avanza dan All New Xenia. Dokumen ini juga secara langsung mengkonfirmasi bahwa mobil ini bakal pakai transmisi CVT, serta dilengkapi fitur Toyota Safety Sense (TSS) untuk Avanza dan Advanced Safety Assist (A.S.A.) untuk Xenia.

Tipe All New Daihatsu Xenia

  • W100RG-LMDFJ 1.3 M M/T
  • W100RG-LMDFJ 1.3 X M/T
  • W100RG-LBDFJ 1.3 X CVT
  • W100RG-LMMFJ 1.3 R M/T
  • W100RG-LBMFJ 1.3 R CVT
  • W101RG-LMRFJ 1.5 R M/T
  • W101RG-LBRFJ 1.5 R CVT
  • W101RG-LBRFJ 1.5 R CVT ASA

Menurut dokumen Permendagri tersebut, All New Xenia 2021 bakal ditawarkan dengan delapan varian. Khusus tipe R, tersedia varian bermesin 1.300 cc dan 1.500 cc seperti halnya Xenia yang sekarang. Untuk tipe 1.5 R CVT, terpantau akan ada opsi fitur keselamatan radar A.S.A. (Advanced Safety Assist) yang saat ini sudah disediakan untuk Daihatsu Rocky tipe tertinggi yang mencakup Pre-collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dab Lane Departure Prevention.

Dibandingkan Xenia yang sekarang, selain adanya tipe tertinggi dengan fitur A.S.A., tipe M yang sempat menghilang dimunculkan kembali sebagai tipe terendah yang hanya tersedia dengan transmisi manual.

Tipe All New Toyota Avanza

  • W100RE-LMDFJ 1.3 E M/T
  • W100RE-LBDFJ 1.3 E CVT
  • W101RE-LMMFJ 1.5 G M/T
  • W101RE-LBMFJ 1.5 G CVT
  • W101RE-LBMFJ 1.5 G CVT TSS
  • W101RE-LMSFJ 1.5 M/T (Veloz)
  • W101RE-LBSFJ 1.5 CVT (Veloz)
  • W101RE-LBVFJ 1.5 Q CVT (Veloz)
  • W101RE-LBVFJ 1.5 Q CVT TSS (Veloz)

Sementara, All New Toyota Avanza 2021 akan ditawarkan dengan sembilan varian. Dibandingkan dengan Avanza yang sekarang, All New Avanza kehilangan tipe 1.3 G yang biasanya menjadi tipe terlaris dan dialihkan ke tipe 1.5 G yang sekarang mendapat opsi transmisi otomatis serta fitur safety radar Toyota Safety Sense (TSS). Sistem ini diyakini akan serupa dengan yang digunakan pada Toyota Raize tipe tertinggi, yang terdiri dari Lane Departure Assist, Pedal Misoperation Control, Blind Spot Warning, Hill Start Assist, Pre-Collision System, Adaptive Cruise Control, Rear Cross Traffic Alert, dan Front Departure Alert, lebih lengkap dari A.S.A.-nya Daihatsu.

Meski tidak disebutkan pada dokumen Permendagri sebagai upaya penyamaran, ada empat tipe yang merupakan bagian dari varian Veloz. Diantaranya dua tipe Veloz standar dengan transmisi manual dan CVT, serta tipe baru yaitu Veloz Q. Tipe tertinggi ini juga bakal ditawarkan dengan opsi TSS.

Smart Assist pada Daihatsu Rocky spek Jepang

Dari tipe-tipe tadi juga terkuak bahwa Avanza-Xenia bakal dijual dengan pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc. Rinciannya, buat Avanza seluruh tipe bermesin 1.5 kecuali untuk tipe E, sementara untuk Xenia semua tipe menggunakan mesin 1.3 kecuali tipe R yang juga tersedia dengan mesin 1.5. Walaupun kabarnya mesin yang digunakan tidak berubah, tetap berkode 1NR-VE dan 2NR-VE, namun kali ini untuk versi transmisi otomatis sudah menggunakan jenis CVT menggantikan unit torque converter 4-speed.

Menurut informasi yang kami terima, duo LMPV berkode W100 dan W101 ini akan berpindah ke generasi ketiga pada November mendatang, apabila tidak ada aral melintang akan ditampilkan juga di event GIIAS 2021. Sementara, masih belum jelas kabarnya apakah Avanza-Xenia yang sekarang dengan penggerak RWD akan terus dilanjutkan atau dihentikan produksinya.

Sudah siap menyambut Avanza-Xenia berpenggerak FWD?

Ilustrasi