Jimny Buatan India Mulai Mengaspal, Inden Makin Singkat?

KENDARA.ID – Semenjak Jimny generasi keempat dirilis pada Juli 2018 di Jepang, dan diluncurkan di Indonesia pada Juli 2019 di ajang GIIAS 2019, jumlah peminat SUV off-road diluar dugaan Suzuki. Padahal, pabrik Jimny yang berlokasi di Kosai, Jepang memiliki kapasitas yang terbatas. Hal tersebut menyebabkan antrian inden mengular di seluruh dunia.

Buat meringankan beban pabrik di Jepang, Suzuki resmi mulai merakit Jimny di pabrik Maruti Suzuki yang berlokasi di Gurgaon, India khusus pasar ekspor. Komponennya didatangkan dari Jepang secara knock down (CKD), kemudian pabrik India merakitnya menjadi produk utuh. Makanya, Suzuki pun mengklaim spesifikasinya sama persis dengan buatan Jepang. Pengiriman pertama sebanyak 184 unit disebutkan akan dikirim ke Colombia dan Peru dalam sebuah seremoni di pelabuhan di Gujarat. Kedepannya, dikatakan pabrik India akan mengekspor Jimny ke Amerika Selatan, Timur Tengah dan Afrika.

Padahal, sebelumnya beredar kabar bahwa Suzuki Indomobil Motor sempat mengusulkan untuk memproduksi Jimny di Indonesia. Namun, sepertinya usulan tersebut gagal dan akhirnya Jimny diproduksi di India. Diperkirakan, keputusan Suzuki untuk memproduksi Jimny di India dan bukan di Indonesia, karena mempertimbangkan penjualan Suzuki di India yang lebih besar 14 kali lipat dibanding penjualan Suzuki di Indonesia per data 2019.

Belum ada kepastian apakah Indonesia akan kebagian Jimny buatan India, tapi bagaimanapun keputusannya, produksi Jimny di India ini diharapkan dapat memperpendek antrian inden karena pabrik Jepang berkurang bebannya.

Suzuki Jimny Indonesia

Bagaimana dengan versi 5 pintu yang dirumorkan bakal nongol? Autocar India menyebutkan versi 5 pintu Jimny juga bakal dibuat di India sekitar pertengahan 2021 dengan target produksi 4-5 ribu unit per bulan. Untuk mengakomodir pintu tambahan, diperkirakan dimensi eksterior serta wheelbase-nya akan diperpanjang.

Selain versi lima pintu, demi menekan harga dan menyesuaikan dengan pasar India, bisa jadi Suzuki akan memperkenalkan Jimny 4×2. Menurut kami, Jimny lima pintu dan Jimny 4×2 akan menjadi resep sukses Suzuki apabila dijual di Indonesia.

Menarik buat ditunggu nih.