Kia Sonet Masuk Indonesia, Mulai Rp 193 Juta!

KENDARA.ID – Kia Sonet akhirnya resmi dirilis di Indonesia dengan harga Rp 193-289 juta. Dipersenjatai fitur lengkap, Sonet membuka segmen baru yang berada satu tingkat dibawah compact SUV yang diisi Honda HR-V, Kia Seltos dkk.

Saat ini, pilihan compact SUV 5-seater dibawah Rp 300 jutaan baru ada MG ZS, namun akan segera diramaikan Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Nissan Magnite dan lainnya, membentuk segmen baru dibawah compact SUV.

Secara dimensi, dengan panjang 4.120 mm dan lebar 1.790 mm, Sonet versi Indonesia lebih pendek 20 cm dan dibandingkan Seltos. Artinya, SUV ini berada satu tingkat dibawah Seltos, namun masih diatas Ignis yang sering dianggap sebagai city car crossover.

Fiturnya? Untuk tipe Premiere, tersedia 7 speaker Bose termasuk subwoofer, sound mood lighting, ventilated seat, 6 airbag dan lainnya. Fitur jok kulit, sunroof, cruise control, TPMS dan wireless charging dengan cooler pun sudah tersedia di tipe Dynamic dan Premiere.

Sementara, tipe Smart keatas sudah dibekali lampu depan LED, DRL, setir berlapis kulit, ESC, HSA, ESS, remote start engine (kecuali Smart M/T) dan keyless entry.

Semua tipe selain tipe Standard mendapat kamera parkir, alloy wheel 16 inci, foglamp LED projector, dan head unit 8 inci berfitur lengkap termasuk wireless Apple CarPlay dan Android Auto.

Mesinnya 1.500 cc naturally aspirated bertenaga 115 PS dengan torsi 144 Nm yang dipasangkan dengan transmisi 6-speed manual atau CVT (disebut IVT oleh Kia), yang membuatnya kurang lebih setara dengan Honda HR-V 1.5 di aspek ini. Oh ya, Kia juga menjamin garansi 7 tahun atau 200.000 km, terpanjang di Indonesia.

Worth it gak nih?