Nissan Leaf Dirilis di Indonesia Seharga Rp 649 juta, Rival Hyundai Ioniq & Kona Electric!

Nissan menunjukkan komitmennya dalam menjual mobil elektrifikasi, setelah meluncurkan Kicks e-Power pada 2020 silam.

KENDARA.ID – Setelah lama disiapkan oleh pihak Nissan Motor Indonesia, Nissan Leaf kini resmi dipasarkan di Indonesia. Hatchback bertenaga 100% listrik ini dijual dengan banderol Rp 649 juta. Harga tersebut merupakan harga khusus pre-booking di periode 2-17 Agustus 2021, dimana pembelian di tanggal tersebut juga mendapatkan home charger (AC charger) gratis.

Leaf adalah salah satu mobil listrik terlaris di dunia, menurut Nissan mobil ini sudah diproduksi dari 500 ribu unit semenjak generasi pertamanya yang mulai dijual pada 2010, sementara generasi yang sekarang dirilis pada 2017 silam. Rinciannya, per Desember 2020 penjualan di benua Eropa tembus 180 ribu unit, Amerika Serikat 148 ribu dan di Jepang sudah terjual 146 ribu unit selama 10 tahun masa produksinya. Namun, statusnya sebagai mobil listrik dengan penjualan nomor satu di dunia disalip oleh Tesla Model 3 pada awal 2020 lalu.

Didatangkan dari Jepang, Nissan Leaf menjadi mobil listrik ketiga yang dipasarkan di Indonesia dengan harga dibawah Rp 1 miliar, setelah duo listrik Korea Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona Electric. Secara dimensi, Leaf adalah hatchback yang sekelas dengan Honda Civic maupun Mazda 3, dengan dimensi panjang 4.480 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.540 mm dan wheelbase 2.700 mm.

Leaf ditenagai motor listrik berkode EM57 bertenaga 150 PS dan torsi 320 Nm, tanpa ada mesin bensin sehingga menghasilkan zero emission. Hatchback ini dapat dioperasikan dengan satu pedal, dengan sistem yang dinamakan e-Pedal yang akan mengurangi kecepatan ketika pedal dilepas.

Motor listrik tersebut mengambil daya dari baterai lithium-ion 40 kWh yang dapat dicharge dengan kapasitas 6,6 kWh (double speed charge). Nissan mengklaim jarak tempuh baterai sebesar 311 km berdasarkan standar NEDC, serta memberikan garansi 8 tahun/160.000 km untuk baterai Leaf.

Untuk fitur safety, Leaf spek Indonesia kedapatan 6 airbag, FCW (Forward Collision Warning), FEB (Forward Emergency Braking), ITC (Intelligent Trace Control), VDC (Vehicle Dynamic Control), dan HSA (Hill Start Assist).

Fitur lainnya mencakup head unit 8 inci dengan Apple CarPlay, Android Auto serta voice command, electronic parking brake, kamera 360 derajat (Intelligent Around View Monitor), cruise control standar, layar MID 7 inci, serta heater jok depan.

Dengan harga Rp 649 juta, apakah Leaf jadi pilihan menarik di segmen mobil listrik?