Nissan Pathfinder 2022: Rival Palisade Ini Kini Lebih Kekar!

Pathfinder generasi kelima dirilis beriringan dengan strategi Nissan Next, yaitu strategi transformasi Nissan untuk kembali meraih profit.

KENDARA.ID – Pathfinder adalah salah satu SUV legendaris Nissan yang diproduksi sejak 1985. Menginjak generasi kelima, mobil ini hadir dengan serangkaian perubahan, termasuk mengganti CVT menjadi 9-speed automatic konvensional. Selain itu, desain eksterior yang lebih mengotak menjadi salah satu ubahan utamanya.

Dengan panjang 5.004 mm, lebar 1.979 mm, serta tinggi 1.768 mm mobil ini berada di kelas disebut ‘mid-size SUV’ di Amerika. Artinya, Pathfinder merupakan rival langsung dari Hyundai Palisade dan Mazda CX-9, maupun Toyota Highlander, Honda Pilot, Kia Telluride dkk. Sebagai SUV keluarga, disediakan opsi 7-seater captain seat atau 8-seater untuk mobil ini.

Dibangun di platform yang sama dengan pendahulunya, Nissan mengklaim mereka telah melakukan perubahan besar yang berdampak pada improvement pada sisi NVH, atau noise, vibration and harshness. Desain eksteriornya yang lebih mengotak serta tiga lubang di bagian atas gril diklaim terinspirasi dari Pathfinder generasi pertama, yang juga sempat masuk Indonesia dengan nama Terrano di akhir 1990-an hingga 2006.

Bagian jendela samping mengikuti tren di kelasnya, yaitu pilar C yang memisahkan kaca samping belakang dengan kaca depan dan tengah. Fitur desain ini diadopsi juga oleh Hyundai Palisade, Ford Explorer, maupun SUV yang lebih besar seperti Chevrolet Tahoe dan Suburban. Tak hanya itu, Nissan juga menawarkan skema warna two-tone untuk bagian atap. Bagian belakangnya didominasi dengan tulisan ‘PATHFINDER’ yang ukurannya cukup besar dibanding rata-rata. Tempat plat nomor diletakkan di bagian bumper, memberi kesan ‘kosong’ pada panel pintu bagasi.

Fitur yang disematkan diantaranya tuas transmisi shift-by-wire, speedometer TFT LCD berukuran 12,3 inci, head up display 10,8 inci, head unit berukuran 9 inci dengan Android Auto dan Apple CarPlay, 13 premium speaker Bose, panoramic sunroof, Nissan ProPILOT assist, Nissan Safety Shield, Intellegent 4WD drive mode, Terrain Mode Selector, serta 10 airbag. Selain itu, jok kulit berbahan semi-aniline juga disematkan pada tipe tertentu. Untuk memanjakan seluruh penumpang, disediakan lubang charger USB di seluruh baris.

Pathfinder generasi kelima ini tetap ditenagai mesin lamanya, yaitu 3.500 cc V6 berkode VQ35DE dengan tenaga maksimum 284 hp dan torsi maksimum 351 Nm. Namun, apabila pendahulunya menggunakan CVT yang diproduksi oleh Jatco yang terbukti banyak dikeluhkan konsumen, kini Nissan menggantinya dengan transmisi otomatis konvensional (torque converter) 9-speed.

Pathfinder akan mulai dijual di Amerika Utara pada pertengahan 2021.