Renault Kiger: Kembaran Nissan Magnite, Fix Masuk Indonesia

SUV berdarah Prancis ini siap menghantam Kia Sonet dkk.

KENDARA.IDRenault meluncurkan penantang Kia Sonet dkk, yaitu Renault Kiger di New Delhi, India. Masuk kelas ‘sub-4 meter SUV’, Kiger berbagi platform platform dan mesin dengan Nissan Magnite yang sama-sama menggunakan platform CMF A+. Selain di India, mobil ini akan dijual di Indonesia tahun ini.

Desain eksteriornya mirip perpaduan Renault Kwid dan Nissan Magnite, dipermanis dengan headlamp full LED model tingkat dan pelek 16 inci. Bagian belakang tak kalah cantik dengan bentuk lampu ‘C’ dengan LED guide line, mirip sekali dengan Renault Captur generasi terbaru. Untuk dimensi, Kiger panjangnya 3.991 mm dengan lebar 1.750 mm serta dengan ground clearance 205 mm.

Bagian interior terlihat rapi dengan head unit floating berukuran 8 inci dengan Apple CarPlay/Android Auto. Di sisi dashboard penumpang, tersedia dua glovebox layaknya Renault Triber. Konsol tengah mobil ini dibuat tinggi dan lebar seperti mobil-mobil yang berada di kelas atasnya, sekaligus membedakannya dengan Magnite yang lebih sederhana. Cup holder pun rapi tertutup sliding cover. Seperti Triber, ada dua tingkat penyimpanan di bawah kontrol AC, yang bawah juga berfungsi sebagai wireless charger.

Fitur lain tersedia cruise control, speedometer TFT LCD 7 inci, Arkamys sound system, wireless charger, drive mode, auto climate control, keyless entry, dan lainnya. Fitur keselamatan 4 airbag juga tersedia di tipe tertentu.

Kiger akan ditenagai mesin 1.000 cc, baik non turbo berkode B4D bertenaga 72 PS dengan torsi 96 Nm, maupun mesin turbo berkode HRA0 dengan tenaga 100 PS dan torsi 152-160 Nm. Untuk transmisi tersedia 5-speed manual dan Easy-R 5-speed AMT untuk mesin non turbo dan X-Tronic CVT khusus turbo.

Harga Kiger belum diumumkan, namun diprediksi berada sedikit diatas Magnite karena fiturnya yang lebih unggul. Hal ini juga berkaitan dengan positioning Kiger yang diset diatas Magnite yang aslinya dirancang untuk merek Datsun.

Renault Kiger direncanakan akan masuk Indonesia tahun ini, diimpor dari India. Hal tersebut telah diumumkan oleh APM Maxindo Renault Indonesia beberapa waktu lalu pada saat perkenalan Kiger Showcar.