Resmi Mengaspal di Indonesia, Mazda CX-60 Sasar Konsumen Premium!

KENDARA.ID – PT Eurokars Mazda Indonesia (EMI) resmi meluncurkan All New CX-60 pada hari Rabu (26/7) ini. SUV ini merupakan keluarga Skyactiv Multi-Solution Scalable Architecture: Large Product Group yang telah lebih dulu meluncur di luar negeri bersama Mazda CX-90.

Platform ini diklaim dapat menunjang keasyikan dan kenikmatan berkendara karena mengusung layout mesin longitudinal dengan penggerak All-Wheel Drive, berbeda dengan mesin transversal yang melintang seperti mayoritas mobil-mobil Mazda.

Pada bagian eksterior, Mazda mendesain tampilan luarnya sehingga tampak sangar nan maskulin dengan kap mesin yang panjang berkat mesin 6-ilinder barunya. Desain Kodo pada bagian depan sangat kental dengan grille besar yang memiliki framing chrome, serta logo Mazda yang berbahan akrilik untuk menutupi radar adaptive cruise control. Ya, CX-60 ini telah dilengkapi dengan Mazda Radar Cruise Control (MRCC) yang dapat menjaga jarak dengan mobil didepan. Dibawahnya, ada kamera depan untuk sistem kamera 360 derajat yang satu paket dengan kamera samping di masing-masing spion dan kamera belakang.

Lanjut ke samping, CX-60 memiliki dua jenis velg berukuran 20 inci, satu bermotif two-tone polished untuk varian Elite, dan satu lagi berkelir full-black untuk varian Kuro, keduanya dilengkapi ban berukuran 235/50 R20. Pada bagian fender terdapat aksen side gills dengan plakat bertuliskan ‘INLINE 6’ yang menandakan jantung pacu dari CX-60 ini. Garis jendela samping juga diberi imbuhan chrome pada varian Elite agar terlihat lebih mewah, sedangkan untuk Kuro edition warnanya menjadi hitam agar menyesuaikan tema hitam dari varian Kuro.

Pada bagian belakang, nampak buritan yang terlihat sporty seakan-akan seperti hewan buas yang akan menerkam mangsanya, dengan lampu belakang tipis yang memiliki teknologi Full LED. Di kanan bawah terdapat emblem bertuliskan ‘e-Skyactiv-G’ yang mengindikasikan teknologi mild-hybrid pada CX-60 spek Indonesia ini. Pintu bagasi juga sudah elektrik, dengan kapasitas maksimal 1.726 liter bila jok belakang dilipat dengan konfigurasi 40:20:40.

Beranjak ke interior, material yang digunakan pada bagian dashboard, jok, dan door trim memiliki bahan kulit premium. Bahkan pada varian Elite, Mazda memberi imbuhan kain tenun ala Jepang yang bernama ‘Musubu’, satu-satunya di kelas ini. Jok depan memiliki pengaturan elektrik dengan lumbar support dan posisi berkendara juga sangat ergonomis berkat pengaturan setir yang elektrik juga.

Panel instrumen di CX-60 ini juga berbeda dengan Mazda lainnya karena sudah menggunakan TFT LCD dengan tampilan yang sangat jernih dan ketika mengubah mode berkendara, muncul tampilan yang menyesuaikan mode yang dipilih.

Layar infotainment juga sangat familiar bagi anda yang pernah berkendara dengan Mazda 3 atau CX-30, karena ia menggunakan sistem Mazda Connect yang sama dengan layar berukuran 12,3 inci. Terdapat commander wheel di konsol tengah karena sistem ini tidak mendukung fungsi layar sentuh demi keamanan saat berkendara, namun anda akan dimanjakan oleh sistem audio premium dari BOSE dengan koneksi terkini seperti Apple CarPlay dan Android Auto, dan automatic dual-zone climate control dengan pendingin jok depan juga sudah standar pada CX-60 ini.

Melihat keatas, anda akan disuguhkan dengan pemandangan kelas satu karena Mazda CX-60 ini merupakan Mazda pertama di Indonesia yang dilengkapi oleh panoramic sunroof, sedikit memberikan perasaan lega pada varian Kuro yang memiliki plafon hitam agar tidak terkesan sempit.

Pindah ke jok belakang, ruangan yang didapat memang tidak selega kompetitornya, postur tubuh kami yang setinggi 170cm masih memiliki ruang kaki sebanyak 3 jari, namun tidak bisa dibilang lega. Namun kita dimanjakan dengan arm rest tengah dan power outlet USB-C untuk mengisi daya smartphone.

Pada sektor mesin, Mazda memasukkan mesin baru, mesin 3.300cc 6-silinder turbo dengan sistem ‘e-Skyactiv-G’ mild hybrid dengan baterai 48 volt berkapasitas 0.33 kWh yang berpadu dengan mesin bensinnya sehingga menghasilkan tenaga 280hp pada 5.000 – 6.000rpm dengan torsi 450N.m pada 2.000 – 3.500rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke semua roda melalui transmisi otomatis 8 percepatan yang menggunakan multi-plate clutch, menggantikan peran torque converter untuk penyaluran tenaga yang lebih efisien dan lebih responsif.

CX-60 dibanderol dengan harga 1,188 milyar Rupiah on-the-road DKI Jakarta dengan dua pilihan trim, Elite dan Kuro. Jadi bagaimana menurut anda, apakah CX-60 ini layak dipilih daripada SUV Eropa yang sejenis?

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.