Toyota Fortuner Facelift Resmi Diluncurkan, Apa Bedanya Tipe Legender?

KENDARA.ID – Resmi sudah, akhirnya Fortuner facelift diluncurkan di Thailand. Ini merupakan kali pertama Fortuner mengalami perombakan besar sejak generasi keduanya diluncurkan pada akhir 2015 lalu.

Diluncurkan berbarengan dengan Hilux Revo facelift di Thailand, Fortuner semakin siap untuk menghadapi Pajero Sport facelift yang sudah hadir di Negeri Gajah Putih sejak pertengahan 2019 lalu.

Berbeda dengan Fortuner sebelumnya, kini SUV ini mendapatkan sub-model dengan nama Legender. Sub-model ini menggantikan tipe TRD Sportivo. Berbeda dengan tipe TRD Sportivo yang hanya mengandalkan body kit, Legender menawarkan wajah yang jauh berbeda dibanding Fortuner biasa.

Di bagian depan, Fortuner mengalami perombakan pada bumper dan gril. Legender sebagai kasta tertinggi Fortuner dilengkapi dengan lampu depan, bumper depan dan belakang yang berbeda dengan Fortuner standar dan lebih serasi dengan desain Keen Look ala Toyota global. Sementara Fortuner standar walaupun masih mirip Fortuner sebelum facelift, tetap diperbaharui dengan gril yang lebih besar, bumper depan baru dan lampu depan bi-LED baru.

Di bagian samping, perubahan yang paling jelas adalah pelek yang kini mengusung desain palang enam berukuran 18 inci untuk Fortuner standar, dan 20 inci palang lima untuk Fortuner Legender.

Sementara di bagian buritan, Toyota melakukan revisi terhadap lampu belakang. Lampu belakangnya kini berdesain baru dengan garis LED yang lebih tebal. Khusus Legender, desain bumper belakang juga diperbaharui dengan aksen mirip ventilasi.

Masuk ke dalam, perubahan secara desain cukup minim, hanya perubahan warna disana-sini. Semua tipe mendapatkan fitur telematic bernama TConnect yaitu kontrol fungsi mobil dari smartphone, seperti melacak lokasi dan membatasi jarak tempuh mobil. Di head unit, kamera 360 derajat dan Apple CarPlay telah menjadi standar, lalu di dekat konsol tengah akan ada wireless charger.

Kemudian, spion tengah dilengkapi dengan fitur auto dimming. Toyota juga memberi sentuhan ambient lighting di door trim depan dan kolong dashboard. Di bagian belakang, kini tersedia colokan USB baru. Urusan audio, ia dibekali dengan 9 speaker JBL.

Fortuner facelift ini tetap tanpa sunroof, tanpa electronic parking brake dan tanpa speedometer full TFT LCD.

Pada sektor dapur pacu, ini salah satu ubahan yang cukup besar kini mesinnya disetting lebih bertenaga. Mesin 2.800 cc diesel berkode 1GD-FTV (yang tidak dijual di Indonesia) diberikan sentuhan oleh engineer Toyota sehingga kini dapat menghasilkan tenaga 201 hp dan torsi sekitar 500 Nm. Versi sebelumnya hanya bertenaga 174 hp dengan torsi 450 Nm. Sayangnya, mesin 2.400 cc diesel berkode 2GD-FTV tetap seperti semula tanpa ubahan.

Untuk tipe tertentu, diperkenalkan dynamic radar cruise control dan sejumlah fitur keselamatan lain yang termasuk dalam Toyota Safety Sense seperti Lane Departure Alert, Pre Collision System dan lain-lain. 7 airbag akan menjadi standar buat semua tipe.

Tersedia warna baru, yaitu Emotional Red dan Dark Blue Metallic. Di Thailand, Fortuner baru ini terdiri dari varian 2.4 G, 2.4 V, 2.4 V AWD, 2.4 Legender, 2.4 Legender AWD, 2.8 Legender dan 2.8 Legender AWD. Seluruhnya dipatok dengan harga antara 1.319.000 baht hingga 1.859.000 baht (Rp 586,2-826,2 juta). Harga tersebut adalah harga berdasarkan struktur pajak Thailand yang cukup berat.

Kapan masuk Indonesia? Semester 2 2020, dan dikabarkan akan menghilangkan tipe 2.700 cc bensin yang peminatnya tidak banyak. Tipe Legender akan menjadi tipe VRZ, sementara Fortuner standar di Thailand akan menjadi Fortuner G di Indonesia, tentunya dengan sejumlah penyesuaian fitur.