Toyota Indonesia Hapus Tipe TRD Sportivo, Digantikan GR Sport!

Pertama kali diperkenalkan pada Toyota Raize, tipe GR Sport kini menggantikan seluruh tipe TRD Sportivo yang ada di jajaran produk Toyota di Tanah Air yang mencakup Agya, Rush, Yaris, hingga Fortuner.

KENDARA.ID – TRD Sportivo menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari popularitas Toyota di Indonesia. Tipe tersebut menjadi andalan Toyota sebagai pilihan tipe yang lebih sporty dibanding tipe standarnya, bahkan biasanya lebih laris dibanding tipe dibawahnya.

Salah satu model TRD Sportivo pertama yang dipasarkan di Indonesia adalah Fortuner TRD Sportivo mulai 2009 lalu kemudian diikuti Yaris TRD Sportivo. Walaupun begitu, sebelum itu Toyota sudah sempat menawarkan kit TRD sebagai package opsional pada Yaris 2008. Kemudian, tipe TRD Sportivo mulai diperkenalkan pada Toyota Rush dan Agya pada 2013, Vios pada 2014 hingga 2018, All New Fortuner dan All New Rush mulai 2017, serta Kijang Innova pada Agustus-Oktober 2020 lalu sebagai tipe edisi terbatas.

Ketika Toyota Raize diluncurkan pada April 2021 lalu, alih-alih mengadopsi tipe TRD Sportivo, mobil tersebut menggunakan nama GR Sport sebagai tipe tertingginya. Hal tersebut menimbulkan dugaan, apakah Toyota akan mengadopsi tipe GR Sport untuk menggantikan lini TRD Sportivo? Ternyata jawabannya adalah iya. Mulai 9 Agustus ini, empat model Toyota yaitu Agya TRD Sportivo, Rush TRD Sportivo, Yaris TRD Sportivo, dan Fortuner TRD Sportivo resmi berganti nama menjadi Agya GR Sport, Rush GR Sport, Yaris GR Sport, dan Fortuner GR Sport. Tak hanya itu, Toyota juga memperkenalkan Veloz GR Limited yang kami bahas di artikel terpisah.

Dengan berganti nama, apakah ada perbedaan dibanding versi sebelumnya dengan nama TRD Sportivo? Mari kita bedah perbedaannya.

Agya GR Sport

Dibandingkan Agya TRD Sportivo, ubahannya cukup minim, yaitu sebatas stiker TRD S di bagian fender depan yang digantikan stiker GR, dan serta tambahan logo GR di panel bagasi belakang. Harganya tak berubah, yaitu Rp 154,54 juta hingga Rp 170,39 juta.

Rush GR Sport

Pada Rush, Toyota memberikan banyak ubahan. Pada eksterior, ubahan sebatas pada aksesoris seperti body kit depan, side body moulding berdesain baru dengan logo GR, rear bumper spoiler desain baru, serta emblem GR di belakang. Sisanya tidak berbeda dibanding Rush TRD Sportivo.

Toyota juga menambahkan fitur baru yaitu Automatic Idling Stop System (IDS) baik untuk tipe G dan GR Sport yang akan mematikan mesin otomatis saat mobil dalam keadaan diam, dan bisa dinonaktifkan dengan sentuhan tombol. Auto retractable mirror serta head unit baru (kini tanpa slot CD) juga sudah hadir pada Rush GR Sport.

Harga Rush GR Sport adalah Rp 256,6 juta dan Rp 266,2 juta masing-masing untuk transmisi manual dan otomatis, naik Rp 5,1-5,4 juta. Untuk tipe G, naik Rp 5-5,4 juta menjadi Rp 245,5-255,2 juta karena penambahan fitur IDS.

Yaris GR Sport

Seperti halnya Agya, Yaris yang baru mengalami facelift pada September 2020 lalu ini tidak mendapatkan perubahan banyak, hanya stiker TRD Sportivo di pintu samping yang digantikan stiker GR, serta logo GR di panel bagasi belakang. Harganya tidak naik, tetap berkisar Rp 268,8 juta hingga Rp 284 juta dengan diskon PPnBM.

Fortuner GR Sport

Selain pernak-pernik TRD Sportivo yang diubah jadi GR Sport, Fortuner GR Sport mendapatkan satu fitur tambahan yang tidak dimiliki Fortuner TRD Sportivo yakni AC dual zone. Harganya hanya naik Rp 1 juta menjadi Rp 544,2 juta untuk tipe 2.4 diesel dan Rp 605,2 juta untuk tipe 2.7 bensin.

Jadi, line-up GR di Indonesia saat ini terdiri dari Raize GR Sport, Veloz GR Limited, Rush GR Sport, Fortuner GR Sport, Yaris GR Sport, dan Agya GR Sport. Tak lupa ada juga mobil Gazoo Racing ‘asli’ yaitu GR Yaris yang dijual dengan jumlah terbatas, serta GR Supra.