Terdaftar Di Samsat, All New Kia Sorento dan Carnival Segera Masuk Indonesia

2021 akan diramaikan dengan All New Sorento dan All New Carnival, yang terlihat telah terdaftar di database Samsat DKI Jakarta.

KENDARA.ID – Pabrikan mobil Korea semakin menunjukkan keseriusannya di pasar Indonesia. Pada 2020, kita sudah menyaksikan beragam mobil Korea yang masuk di Indonesia, mulai dari Kia dengan Seltos dan Sonet, serta Hyundai dengan duo mobil listrik Ioniq dan Kona, serta Palisade. Semuanya cukup menghebohkan panggung otomotif di Tanah Air, dengan fitur yang lengkap, desain yang memukau, dan harga yang bersaing.

Setelah berpindah APM dari PT Kia Mobil Indonesia menjadi PT Kreta Indo Artha, anak perusahaan Indomobil, pergerakan Kia cukup agresif, apalagi dengan datangnya model-model buatan India yang harganya cukup terjangkau yaitu Seltos dan Sonet. Walaupun begitu, pada 2020 Kia hanya membukukan penjualan retail 658 unit.

Nah, berita datang dari Kia yang tahun ini diyakini akan mendatangkan All New Sorento dan All New Carnival. Keduanya telah terdaftar di database NJKB Samsat DKI Jakarta 2021. Berdasarkan website tersbeut, keduanya menggunakan mesin 2.2 L yang hampir dipastikan merupakan mesin diesel. Mesin diesel Hyundai-Kia dari seri R-Line ini sudah cukup familiar di Indonesia, karena telah disematkan pada Hyundai Santa Fe, Kia Sorento lawas, Kia Grand Sedona, dan Hyundai Palisade.

Tak hanya itu, database tersebut juga menunjukkan bahwa nama Grand Sedona untuk generasi keempat ini akan ditanggalkan, dan digantikan oleh nama Carnival seperti pada negara-negara lain, termasuk Korea Selatan. Alasannya? Nanti kami jelaskan di bagian pembahasan Carnival.

Mari kita berkenalan dengan SUV dan MPV cakep buatan Kia yang segera masuk Indonesia ini.

Kia Sorento

Kia Sorento dulu pernah mampir ke Indonesia untuk generasi pertama dan kedua. Generasi pertamanya menggunakan mesin 3.5 V6, menjadikannya sangat langka. Sementara generasi keduanya yang dirilis pada 2013 lebih mainstream dengan mesin 2.4 bensin dan 2.2 diesel. Namun, tak lama setelah itu Sorento tidak lagi dijual Tanah Air.

Untuk generasi keempat yang akan masuk Indonesia ini, Kia memperkenalkan desain yang baru dari luar ke dalam untuk saudara sebasis Hyundai Santa Fe ini. Bagian depannya cukup mencolok dengan detail lampu depan yang futuristis. Kemudian, bagian sampingnya dipercantik dengan bentuk kaca yang melandai dengan sudut yang tajam, memberikan kesan ramping bagi SUV 7-seater ini.

Bagian belakangnya makin cantik dengan bentuk lampu belakang vertikal yang memberikan kesan mewah yang terinspirasi dari kakaknya, Kia Telluride. Kia juga menyembunyikan wiper dibawah spoiler untuk kesan clean.

Interiornya sesuai dengan beberapa produk Hyundai-Kia terbaru, yaitu mewah dan futuristis dengan material yang dikatakan berkualitas. Sorento dilengkapi tuas transmisi berupa tombol putar, ambient lighting di sekujur interior termasuk dasbor, serta setir kulit dual tone. Desain kisi AC di tengah cukup unik karena ada empat buah dengan posisi dan angle yang berbeda. Serasa berada di dalam sebuah SUV luxury, bukan?

Di Indonesia, kami perkirakan harga Sorento 2.2 Diesel tidak jauh-jauh dari harga saudara kandungnya, Hyundai Santa Fe saat ini. Sebagai informasi, Santa Fe XG Diesel berada di angka Rp 594 juta, sementara Grand Santa Fe diesel seharga Rp 643 juta. Apabila benar harga Sorento diset mirip Santa Fe, tentu dapat mencuri sebagian pangsa pasar Mazda CX-5 yang notabene ukurannya lebih kecil dengan harga tipe teratas Rp 589 juta.

Kia Carnival

Dulunya dikenal juga dengan Sedona atau Grand Sedona, kini MPV besar ini resmi menginjak generasi keempat. Sejak generasi keempat ini, Kia akan menghilangkan nama Sedona dengan tujuan untuk menyeragamkan nama MPV ini menjadi hanya Carnival atau Grand Carnival. Pasar Indonesia, yang sejak sekitar 2004 lalu sudah menghilangkan nama Carnival menjadi Sedona, otomatis harus kembali menggunakan nama Carnival seperti negara-negara lain. Terbukti dari database NJKB yang menunjukkan nama Carnival, bukan Grand Sedona.

Desain Carnival semakin cantik dengan perpaduan garis lurus yang membuat mobil ini lebih mengotak dan terlihat mirip SUV. Lampu belakang yang melebar memberi kesan futuristik dan mewah. Panjangnya diatas 5,1 meter dan lebarnya 2 meter, sedikit lebih besar dari yang lama sehingga semakin lega. Tersedia dalam berbagai pilihan konfigurasi kursi, yakni 7, 8 dan 11 seater.

Fiturnya mencakup speedometer LCD 12,3 inci yang akan menampilkan citra kamera samping saat menyalakan sein, safety assist lengkap, tuas transmisi berupa rotary dial, kursi baris kedua yang bisa diputar (7/8-seater) dan ottoman seat (7-seater).

Kira-kira berapa harganya di Indonesia? Sebagai referensi, saat ini harga Grand Sedona bensin V6 adalah Rp 656,7 juta, sementara yang diesel berada di angka Rp 692,4 juta. Tak berlebihan jika kami prediksi harga All New Carnival diesel ini akan mencapai Rp 700 juta.